PERENCANAAN BISNIS X BDP 2

MODUL

PERENCANAAN BISNIS

BISNIS DARING DAN PEMASARAN

SMK/MAK KELAS X

 

 


SNACK TRADISIONAL SEMPRONG UBI MADU

 

GURU MAPEL :

HABIBAH, SE

 

 

 

 

 

SMK MUHAMMADIYAH 2 NGAWI

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 


                         

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1  Menganalisis lingkungan 

  bisnis

 

4.1  Melakukan analisis lingkungan bisnis

3.2  Menganalisis peluang bisnis dengan analisi SWOT

 

4.2  Merencanakan strategi bisnis 

3.3  Menerapkan strategi bisnis 

4.3  Menentukan strategi bisnis

3.4  Menerapkan perencanaan bauran pemasaran

 

4.4  Menyusun rencana bauran pemasaran

3.5  Menerapkan pengurusan surat ijin usaha

 

4.5  Melaksanakan pengurusan surat ijin usaha

3.6  Menerapkan modal usaha 

 

4.6  Menentukan perolehan modal usaha

 

                                                                                                           

 

                                                           

 

 

                                                                                                           

PERTEMUAN 1

3.1  Menganalisis lingkungan 

  bisnis

 

4.1  Melakukan analisis lingkungan bisnis

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Peserta didik  dapat menjelaskan pengertian bisnis, lingkungan  bisnis dengan benar

2.      Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam lingkungan bisnis dengan benar.

3.      Peserta didik dapat menganalisis lingkungan bisnis dengan tepat

4.      Peserta didik menyusun langkah – langkah pengamatan lingkungan bisnis disekitar lingkungan

5.      Peserta didik dapat menentukan peluang bisnis

 

 

MATERI AJAR

MODUL 1

 

A.  PENGERTIAN LINGKUNGAN BISNIS

*        Bisnis

Kata bisnis lahir dari kosa kata bahasa inggris yaitu business yang kata dasarnya adalah busyyang berarti “sibuk”. Secara etimologi, bisnis diartikan sebagai keadaan seseorang atau kelompok orang yang sedang sibuk melakukan aktivitas atau pekerjaan yang mendatangkan profit atau keuntungan.

 

Beberapa pendapat tentang bisnis :

1.  Griffin dan Ebert

     Mendefinisikan bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan sebagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit).

 

 

 

2.  Dalam kamus Merriam Webster, Bisnis diterjemahkan sebagai suatu aktivitas pembuatan, pembelian dan penjualan barang dan jasa kemudian dipertukarkan dengan uang, kerja atau aktivitas yang merupakan bagian dari pekerjaan; Jumlah pekerjaan yang telah diselesaikan oleh sebuah toko, perusahaan,pabrik dan lain – lain.

3.  Menurut Urwick dan Hunt

     Bisnis adalah segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan, ataupun menyediakan segala barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta serta bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.

     Dari pendapat para ahli diatas, dapat diambil kesimpulan bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui trasaksi.

 

     Gambar 1

7 Tips Memulai Usaha Bakso Dan Mie Ayam - Tabloid Peluang Usaha 


    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                        Gambar 2

Mengenal Bisnis Konveksi Sebagai Bisnis Yang Menjanjikan  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERTEMUAN 2


            Perencanaan

            Perencanaan dapat diartikan bagian dari proses kegiatan yang dilakukan diawal pelaksanaan sebelum kegiatan berlangsung.

 

            Perencanaan bisnis

            Menurut Berry, 2000 perencanaan bisnis adalah bagaimana sebuah rencana kerja perusahaan di masa depan akan berguna untuk dapat memenuhi dan mencapai tujuan akhir yang dimiliki oleh perusahaan sendiri.

            Jadi perencanan bisnis adalah dokumen tertulis yang menggambar tentang usaha yang akan dilaksanakan oleh entrepreneur yang menjelaskan semua elemen baik internal maupun eksternal usaha yang lelevan.

           

            Lingkungan bisnis

            Lingkungan bisnis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan.

 

 

 

B.  MACAM – MACAM LINGKUNGAN BISNIS

1.  LINGKUNGAN INTERNAL

                        Lingkungan internal adalah segala sesuatu yang ada di dalam perusahaan atau organisasi yang akan mempengaruhi perusahaan atau organisasi.

                 Lingkungan internal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

                 a.  SDM ( sumber daya manusia)

                     SDM berperan sebagai partisipan utama dalam kegiatan bisnis karena SDM sebagai pengelola kegiatan bisnis. Oleh karenanya, untuk menjadi seorang pebisnis diperlukan SDM yang unggul dan berkualitas  serta kompetitif.

                 b.  Modal (money)

                     Modal merupakan sejumlah uang yang digunkan untuk menjalankan kegiatan bisnis.

                 c.  Bahan baku (material)

                     Bahan baku merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktivitas bisnis untuk diolah yang akan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

                 d.  Peralatan (machine)

                     Peralatan adalan alat yang digunakan dalam kegiatan bisnis yang berfungsi untuk memudahkan proses produksi.

                 e. Keterampilan manajemen (management skill)

                       

            2.  LINGKUNGAN EKSTERNAL

        Lingkungan eksternal adalah segala sesuatu yang berada di sekitar perusahaan dan berpengaruh              terhadap perusahaan. 

          a.  Lingkungan Mikro

                     Lingkungan mikro perusahaan adalah lingkungan perusahaan itu sendiri yang nantinya akan menjadi kekuatan atau mungkin kelemahan perusahaan itu sendiri.

                     Lingkungan mikro terdiri dari :

                                    1.  Perusahaan

                                    2.  Pemasok

                                    3.  Perantara pemasaran

                                    4.  Pelanggan

                                    5.  Pesaing

                                    6.  Masyarakat umum

                        b.  Lingkungan Makro

                               Lingkungan makro perusahaan adalah lingkungan diluar yang berkaitan dan berpengaruh erat dengan kegiatan perusahaan. Faktor lingkungan makro terdiri dari :

                               1.  Demografis

                               2.  Lingkungan ekonomi

                               3.  Lingkungan alam

                               4.  Lingkungan teknologi

                               5.  Lingkungan sosial budaya

                               6.  Pemerintah

Materi Diskusi :

1.  Amatilah gambar 1 dan gambar 2

2.  Menurut anda, apakah kedua bisnis tersebut memerlukan perencanaan?

3.  Perencanaan tentang apa saja yang perlu dipersiapkan dari kedua bisnis tersebut?

4.  Mengidentifikasi  lingkungan internal dari:

       a.  Bisnis bakso

       b.  Bisnis konveksi

5.  Mengidentifikasi lingkungan eksternal yaitu lingkungan mikro dan makro dari :

       a. Bisnis bakso

       b.  Bisnis konveksi

 

TUGAS 1 :

.      Melakukan analysis lingkungan di daerah tempat tinggal kalina tentang :

       a.  Apa saja Bahan baku yang melimpah?

       b.. Apa saja Peluang bisnis dari bahan baku tersebut ?

 

C.  ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

D.  PELUANG BISNIS

 

.


Komentar

  1. Assalamualaikum. Bisa di pahami Ndak?? Ada pertanyaan?

    BalasHapus
  2. Bu maksutnya lingkungan mikro sama makro itu gmna bu aku kurang paham hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mikro didalam lingkungan perusahaan ....
      Kalau makro diluar lingkungan perusahaan
      Kayak e

      Hapus
  3. okey, untuk lingkungan mikro itu lingkungan perusahaan itu sendiri yang berhubungan secara langsung dengan perusahaan. Seperti pemasok atau suplier, ini merupakan orang yang memasukkan barang kepada perusahan, misalnya bahan baku kain untuk perusahaan konveksi, terus pesaing, perusahaan kan pasti menghadapi para pesaing dalam memasarkan produknya, dst. Sedangkan lingkungan makro itu lingkungan diluar perusahaan, misalnya teknologi itu berada di luar perusahaan tapi berpengaruh terhadap perusahaan, terus pemerintah itu berada di luar perusahaan tapi kebijakan pemerintah akan berpengaruh terhadap perusahaan. Misalnya kebijakan kenaikan BBM itu akan berpengaruh terhadap pelaku bisnis.

    BalasHapus
  4. Buu saya kurang paham tentang macam-macam lingkungan bisnis Buu...

    BalasHapus
  5. Buk saya krg paham di perencanaan buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik, perencanaan itu kegiatan yang dilakukan oleh pebisnis sebelum membuka usaha. Kalo misalnya mau buka usaha bakso, pastinya kan harus memikirkan tempat jualannya dimana, modalnya berapa, yang mau membuat baksonya siapa? mau dijual dimana? dan masih banyak lagi yang perlu direncanakan. untuk mempermudah, coba dibayangkan seolah-olah kamu yang akan membuka usaha bakso.

      Hapus
  6. Buk demografis itu maksutnya gimana buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demografis itu maksudnya tentang kependudukan, seperti jumlah penduduk, jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan penduduk yang nanti akan menjadi konsumen yang akan membeli produk kita sebagai pelaku bisnis.

      Hapus
  7. Nama:Fitri Novitasari
    Kelas:X BDP 2

    1.udah
    2.Iya
    3.modalnya,tempat penjualan,SDM,bahan baku,pelanggan.
    4.a.pemasok bahan baku dipasar,pemilik tempat usaha, mempertahankan pelanggan,laba rugi,modal
    b.modal usaha,kapas,benang,kain,SDM,alat mesin,laba rugi.
    5.a.pelanggan,pesaing,pembantu.
    b.seles,penyalur


    Tugas 1!
    A.telur,beras,daging,tepung terigu.
    B.Roti,cilok,bakso,Sempol,mie ayam,lontong,molen.

    BalasHapus
  8. Nama:siti maharani
    Kelas:XBDP 2

    1.tepung terigu dan daging
    2.tepung terigu biasanya dapat di gunakan untuk membuat mie ,mie yg dibuat dari tepung terigu biasanya digunakan untuk menjual mie ayam dari bahan baku tepung terigu dapat membuat bisnis mie ayam, sedangkan daging dapat di buat menjadi bakso /salome dari bahan baku daging dapat membuat bisnis bakso

    BalasHapus
  9. 1.tepung terigu dan daging
    2.tepung terigu dapat digunankan untuk membuat mie yang biasanya dapat dijual sebagai mie ayam.
    Sedangakan daging dapat dibuat menjadi bakso dari bahan baku daging dapat berbisnis berjualan bakso
    Nama :Agustin kristianingrum
    Kelas :X BDP 2

    BalasHapus
  10. Nama:pipit diah ayu rahmawati nurjanah
    Kelas:X BDP 2

    1.udah
    2.Iya,kedua bisnis itu memerlukan perencanaan
    3.modalnya,tempat penjualan,SDM,bahan baku,pelanggan.
    4.a.pemasok bahan baku dipasar,pemilik tempat usaha, mempertahankan pelanggan,laba rugi,modal
    b.modal usaha,kapas,benang,kain,SDM,alat mesin,laba rugi.
    5.a.pelanggan,pesaing,pembantu.
    b.seles,penyalur

    Tugas1

    1.Telur, tepung terigu, tahu dan kanji
    2. Bahan² trsbut dapat di gunakan untuk membuat cilok tahu dari bahan trsbt dapat membuat bisnis cilok tahu

    BalasHapus
  11. Nama: Muna Evi W.
    Kelas:X BDP 2

    1.udah
    2.Iya,kedua bisnis itu memerlukan perencanaan
    3.modalnya,tempat penjualan,SDM,bahan baku,pelanggan.
    4.a.pemasok bahan baku dipasar,pemilik tempat usaha, mempertahankan pelanggan,laba rugi,modal
    b.modal usaha,kapas,benang,kain,SDM,alat mesin,laba rugi.
    5.a.pelanggan,pesaing,pembantu.
    b.seles,penyalur

    Tugas1

    1.Telur, tepung terigu, tahu dan kanji
    2. Bahan² trsbut dapat di gunakan untuk membuat cilok tahu dari bahan trsbt dapat membuat bisnis cilok tahu

    BalasHapus
  12. Nama : melidya dinda kholifah
    Jurusan : X BDP 2

    1.udah
    2.Iya,kedua bisnis itu memerlukan perencanaan
    3.modalnya,tempat penjualan,SDM,bahan baku,pelanggan.
    4.a.pemasok bahan baku dipasar,pemilik tempat usaha, mempertahankan pelanggan,laba rugi,modal
    b.modal usaha,kapas,benang,kain,SDM,alat mesin,laba rugi.
    5.a.pelanggan,pesaing,pembantu.
    b.seles,penyalur

    Tugas1

    1.Telur, tepung terigu, tahu dan kanji
    2. Bahan² trsbut dapat di gunakan untuk membuat cilok tahu dari bahan trsbt dapat membuat bisnis cilok tahu

    BalasHapus
  13. Nama:cindi Fatimah lestari
    Kelas: x BDP 2

    1.udah
    2.Iya,kedua bisnis itu memerlukan perencanaan 
    3.modalnya,tempat penjualan,SDM,bahan baku,pelanggan.
    4.a.pemasok bahan baku dipasar,pemilik tempat usaha, mempertahankan pelanggan,laba rugi,modal
    b.modal usaha,kapas,benang,kain,SDM,alat mesin,laba rugi.
    5.a.pelanggan,pesaing,pembantu.
    b.seles,penyalur

    Tugas1

    1.Telur, tepung terigu, tahu dan kanji 
    2. Bahan² trsbut dapat di gunakan untuk membuat cilok tahu dari bahan trsbt dapat membuat bisnis cilok tahu

    BalasHapus
  14. Nama: yusrina zulfa salsabila
    Jurusan:BDP 2


    1.kanji,telur,daging,dan tahu
    2.bahan-bahan tersebut di gunakan untuk membuat bakso bakar dan tahu di buat menjadi cilok tahu dari bahan-bahan tersebut dapat di jadikan bisnis jualan bakso bakar

    BalasHapus
  15. Nama: Ica Amelia
    Kelas : X BDP 2

    1.sudah
    2. Iya
    3.kualitas,modal,pelayanan,
    harga,bahan
    4.a.persaingan yang
    ketat,kerugian,kondisi
    pasar yang tidak stabil
    b.kerugian,bekerja keras
    membangun bisnis
    5.a.pesaing,konsumen ,publik
    b.penyalur ,pemasok

    Tugas1
    1. Singkong, jagung
    2.keripik,tapai,warneng,
    popcorn

    BalasHapus
  16. Nama : Elvira Divayanti
    Kelas : X BDP 2

    1. Udah
    2. Iya
    3. Modalnya, tempat jualan, pengelola dan karyawan, bahan baku, pelanggan
    4.a. Pemasok bahan baku dipasar, pemilik tempat usaha, mempertahankan pelanggan, laba rugi, modal
    b. Modal
    Usaha, kapas, benang, kain, pengelola, alat mesin, laba rugi
    5.a. Pelanggan, pesaing pembantu
    b. Seles, penyalur

    Tugas 1

    1. Plastik snack, lem atau benang
    2. Bahan tersebut dapat dibuat tas, gantungan kunci dan lain lain

    BalasHapus
  17. tepung terigu dan daging
    2.tepung terigu dapat digunankan untuk membuat mie yang biasanya dapat dijual sebagai mie ayam.
    Sedangakan daging dapat dibuat menjadi bakso dari bahan baku daging dapat berbisnis berjualan bakso
    Nama:Desy Rismawati
    Kls :X BDP 2

    BalasHapus
  18. udah
    2.Iya,kedua bisnis itu memerlukan perencanaan
    3.modalnya,tempat penjualan,SDM,bahan baku,pelanggan.
    4.a.pemasok bahan baku dipasar,pemilik tempat usaha, mempertahankan pelanggan,laba rugi,modal
    b.modal usaha,kapas,benang,kain,SDM,alat mesin,laba rugi.
    5.a.pelanggan,pesaing,pembantu.
    b.seles,penyalur
    Nama: Desy Rismawati
    Kls: X BDP 2

    BalasHapus
  19. Nama:muhamad sharil
    Kelas:X BDP 2

    1.udah
    2.Iya
    3.modalnya,tempat penjualan,SDM,bahan baku,pelanggan.
    4.a.pemasok bahan baku dipasar,pemilik tempat usaha, mempertahankan pelanggan,laba rugi,modal
    b.modal usaha,kapas,benang,kain,SDM,alat mesin,laba rugi.
    5.a.pelanggan,pesaing,pembantu.
    b.seles,penyalur

    Tugas 1
    1.Jagung,singkong dan pisang
    2.bahanter sebut.dapatdi olah menjadi cemilan.seperti kripik.nasijagung.dan mitiwul.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENATAAN PRODUK XII KD3.15 STOCK FLOOR atau PERSEDIAAN BARANG

PENATAAN PRODUK XII KD 3.16 KEAMANAN TOKO

PENATAAN PRODUK XII KD.17 EVALUASI TAMPILAN PENATAAN PRODUK