PERENCANAAN BISNIS X KD 3.5 STUDI KELAYAKAN BISNIS
PERENCANAAN
BISNIS X
KD 3.7 STUDI
KELAYAKAN BISNIS
SMK MUHAMMADIYAH
2 NGAWI
Guru Mapel :
Habibah, SE
3.7 Menganalisis Kelayakan
Bisnis |
4.7 Menyusun
Studi Kelayakan Bisnis |
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat menjelaskan studi kelayakan bisnis
2. Peserta didik dapat
mengidentifikasi aspek studi kelayakan bisnis
3.
Peserta didik dapat menjelaskan manfaat kelayakan bisnis
4.
Peserta didik menyusun studi kalayakan bisnis
MATERI
AJAR
A.
PENGERTIAN STUDI
KELAYAKAN BISNIS
Menurut
Ahmad Subagyo Studi kelayakan bisnis merupakan ebuah penelitian yang mendalam
terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan.
Sedangkan menurut Suad Husnan dan Suwarsono (2002:4) studi kelayakan proyek
adalah penelitian mengenai dapat atau tidaknya suatu proyek investasi
dilaksanakan dengan berhasil.
Dalam
dunia usaha, studi kelayakan bisnis memegang peranan penting. Beberapa proyek
gagal di tengah jalan, bisnis yang berhenti beroperasi dan kredit macet di
dunia perbankan, serta kegagalan investasi lainnya merupakan akibat dari tidak
diterpkannya studi kelayakan secara konsisten. Studi kelayakan yang diterapkan
secara benar dan konsisten akan menghasilkan laporan yang komprehensif tentang
kelayakan suatu proyek atau bisnis yang akan didirikan, dikembangkan, didanai,
dan kemungkinan resiko yang akan terjadi.
Ada
beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan studi kelayakan
bisnis. Pertimbangan tersebut, bertujuan untuk meminimalkan kesalahan dan
kegagalan dalam proses dan hasil studi keyakan bisnis. Ada 4 hal dasar yang
harus dipertimbangkan sebelum seseorang atau perusahaan melakukan studi
kelayakan bisnis, yaitu :
1) kelengkapan dan keakuratan data serta
informasi yang diperoleh
2)
tenaga ahli yang dimiliki dalam tim studi kelayakan bisnis
3) penentuan metode dan alat ukur yang tepat
4)
Loyalitas tim studi kelayakan bisnis.
B. TUJUAN STUDI KELAYAKAN BISNIS
Menurut Kasmir dan Jakfar, ada lima
tujuan studi kelayakan bisnis perlu dilakukan, yaitu :
1) Menghindari resiko kerugian
2) Memudahkan perencanaan
3) Memudahkan pelaksanaan pekerjaan
4) Memudahkan pengawasan
5) Memudahkan pengendalian
PERTEMUAN 17
Anak-anak, pertemuan
kali ini kita bahas materi KD 7 yaitu STUDI KEYAKAN BISNIS. Kalian sebagai
calon pebisnis yang sukses, tolong dibaca dab dipahami materi pengertian Studi
Kelayakan Bisnis (SKB) dan tujuannya. Setelah membaca, kalian tulis di kolom
komentar tentang pendapat Anda mengenai studi kelayakan bisnis itu apa? Okeyy.
Selamat belajar ria, sukses untuk kalian semua.
C. ASPEK STUDI KELAYAKAN BISNIS
Studi kelayakan
bisnis (SKB) dibuat di awal sebelum
membuka usaha. Dalam membuat SKB dibutuhkan informasi dan data yang akurat agar hasilnya valid. Untuk mendapatkan itu,
maka dapat melakukan wawancara, kuesioner, dokumen dan lainnya. Tujuan
dilakukannya SKB adalah untuk mengetahui apakah usaha kita layak atau tidak
untuk dilaksanakan. s
Dalam
studi kelayakan bisnis ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan :
a.
Aspek hukum, meliputi :
1)
Izin lokasi
2)
Akta pendirian perusahaan dari notaris
3)
Nomor pokok wajib pajak (NPWP)
4)
Surat tanda daftar perusahaan
5)
Surat ijin tempat usaha dari pemerintah daerah setempat
6)
Surat ijin usaha perdagangan
(SIUP)
b. Aspek
sosial, ekonomi dan budaya
Aspek
ini perlu diperhatikan berkaitan dampak yang akan berpengaruh terhadap
masyarakat sekitar dengan adanya kegiatan usaha atau bisnis, yaitu :
1)
Dari sisi budaya, menjelaskan apa dampak keberadaan bisnis kita terhadap
kehidupan masyarakat, kebiasaan adat setempat, dan lainnnya. Misalnya usaha
konveksi, dampaknya terhadap masyarakat
2)
Dari sudut ekonomi, nejelaskan seberapa besar tingkat pendapatan penduduk,
apakah usaha kita dapat mengubah atau justru mengurangi income per kapita
penduduk setempat, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja
setempat atau UMR (upah minimum regional).
3) Dari segi sosial, menjelaskan apakah dengan
adanya bisnis kita lingkungan menjadi semakin ramai, lalu lintas semakin
lancar, adanya jalur komunikasi, penerangan listrik, pendidikan masyarakat
setempat.
` c. Aspek Pasar dan Pemasaran
Dalam
SKB, aspek pasar dan pemasaran menyangkut analisis tentang peluang pasar
terhadap produk usaha kita. Adapun aspek tersebut dapat dianalisis melalui
hal-hal berikut ini :
1) Potensi pasar, dilihat dari bentuk pasar atau
konsumen yang dipilih
2) Jumlah konsumen potensial
3) Daya beli masyarakat yaitu kemampuan
masyarakat dalam membeli produk
4) Segmentasi, target dan posisi produk di pasar
5) Situasi persaingan di lingkungan industri
6) Sikap, perilaku, dan kepuasan konsumen terhadap
produk sejenis saat ini.
7) Manajemen pemasaran, terdiri dari analisis :
§ Persaingan
§ Bauran pemasaran
d. Aspek
teknis dan teknologi
Aspek ini menyangkaut hal-hal
sebagai berikut :
1)
Rencana produk
2)
Rencana kualitas produk
3)
Pemilihan teknologi (peralatan produksi)
4)
Perencanaan jumlah produksi
5)
Perencanaan lokasi pabrik
6)
Perencanaan tata letak (lay out) pabrik
e. Aspek
Manajemen
Dalam
SKB aspek manajemen menyangkut pada pembangunan dan pengembangan operasional
perusahaan. Aspek menajamen mencakup menajamen sumber daya manusia, manajemen
keuangan, manajemen produksi dan manajemen pemasaran.
f. Aspek
keuangan
Dalam
SKB aspek keuangan mencakup besarnya modal dan sumber modal serta kapan dan
bagaimana modal tersebut dapat dikembalikan.
Pertemuan 2
Anak-anak, penyusunan SKB
sangat penting dalam suatu usaha untuk mengetahui apakah usaha kita layak
dilaksanakan atau tidak. Oleh karena itu, kalian sebagai calon wirausaha muda harus
belajar dan latihan untuk membuat SKB. Penyusunan SKB terdiri dari beberapa
aspek, tolong materi di atas di pelajari ya… Setelah itu kalian belajar membuat
SKB di buku tulis sebisa dan sesuai kemampuan kalian. Langkah awal yang perlu kalian lakukan
adalah menenntukan ide bisnis atau bisnis apa yang mau kalian pilih. Setelah
itu baru kalian menyusun SKB sesuai dengan contoh SKB yang ibu berikan. JIka
ada kesulitan hubungi ibu. okeeyyy
D. TAHAPAN PENYUSUNAN STUDI KELAYAKAN BISNIS
(SKB)
Ada beberapa tahapan
dalam penyusunan SKB, yaitu :
1) Tahap penemuan ide usaha
Sebelum
menyusun SKB. maka harus menentukan produk apa yang dipilih untuk menjadi sebuah bisnis yang
ingin kita kembangkan. Produk yang diplih
haruslah berpotensi laku terjual dan menguntungkan.
2)
Tahap mempertimbangkan alternatif usaha
Menentukan
ide usaha tidak hanya satu produk, tetapi harus mempersiapkan produk lain yang
ingin dikembangkan sebagai alternatif usaha.
3) Tahap penelitian
Setelah
ide proyek terpilih, maka dilakukan penelitian dengan metode ilmiah, yatu
dengan langkah sebagai berikut :
a. Mengumpulkan data
b. Mengolah data
c. Menganalisis dan mengenterpretasikan hasil
pengolahan data
d. Menyinpulkan hasil
e. Membuat laporan hasi
4) Tahap analisis data
a. Analisis pasar
b. Analisis teknis
c. Analisis manajemen
d. Analisis lingkungan
e. Analisis finansial
5) Tahap evaluasi
6) Tahap pengurutan usulan yang layak
7) Tahap rencana pelaksanaan
8) Tahap pelaksanaans
E. Manfaat
Studi Kelayakan Bisnis
Manfaat
studi kelayakan bisnis bagi berbagai pihak, yaitu :
1)
Pihak investor
2)
Pihak kreditor
3)
Pihak manajemen perusahaan
4)
Pihak pemerintah
5)
Pihak masyarakat
6)
Bagi tujuan pembangunan ekonomi
Nama:yunia Ambarwati
BalasHapusKelas: Xbdp 1
Studi kelayakan bisnis merupakan ebuah penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan. Sedangkan menurut
Nama:Rista andriani
BalasHapusKelas:X bdp 1
-Studi kekayakan bisnis adalah proses yang terkontrol untuk mengidentifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan, menggambarkan situasi, menentukan hasil yang sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah.
Nama : Febriana Eka Saputri
BalasHapusKelas : X BDP 1
Studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang dijalankan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang bisnis atau usaha yang akan dijalankan dari berbagai aspek dalam rangka menentukan suatu bisnis potensial atau tidak untuk dijalankan kedepannya.
Nama:Noviana indah puspita
BalasHapusKelas:X BDP 1
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang terkontrol untuk mengidentifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan, menggambarkan situasi, menentukan hasil yang sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah.
Nama:Nopa elisah
BalasHapusKls:X bdp 1
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang trekontrol untuk mengidentifikasi masalah,peluang,menentukan tujuan,menggambarkan situasi,menentukan hasil yg sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah.
Nama:Anggun Wahyu Indhiarti
BalasHapusKelas:XBdp1
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang trekontrol untuk mengidentifikasi masalah,peluang,menentukan tujuan,menggambarkan situasi,menentukan hasil yg sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah
Nama:Della ayu puspitasari
BalasHapusKelas:X BDP 1
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang trekontrol untuk mengidentifikasi masalah,peluang,menentukan tujuan,menggambarkan situasi,menentukan hasil yg sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah
Nama:pipit diah ayu r.n
BalasHapusKelas:10 bdp 2
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang trekontrol untuk mengidentifikasi masalah,peluang,menentukan tujuan,menggambarkan situasi,menentukan hasil yg sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah
Nama: Tri Handayani
BalasHapusKelas: X BDP 2
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang terkontrol untuk mengidentifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan, menggambarkan situasi, menentukan hasil yang sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah.
Nama:Fitri Novitasari
BalasHapusKelas:X BDP 2
Studi kelayakan bisnis merupakan sebuah penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan.
Nama:cindi Fatimah lestari
BalasHapusKelas: x BDP 2
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang trekontrol untuk mengidentifikasi masalah,peluang,menentukan tujuan,menggambarkan situasi,menentukan hasil yg sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah.
Nama: adik ninis putri karina
BalasHapusKelas: 10 BDP 2
Studi kelayakan bisnis adalah proses yang trekontrol untuk mengidentifikasi masalah,peluang,menentukan tujuan,menggambarkan situasi,menentukan hasil yg sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah.
Nama:Siti Maharani
BalasHapusKelas :XBDP 2
Studi kelayakan bisnis adalah proses yg terkontrol untuk mengidentifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah
Nama=Fitri ambarwati
BalasHapusKelas=X BDP 2
Studi kelayakan bisnis merupakan ebuah penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan.dan mengidentifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah
BalasHapusNama : FADHILAH RAHMA PUTRI
Kelas : X BDP 1
Studi kelayakan bisnis adalah penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan.
BalasHapusNama : FADHILAH RAHMA PUTRI
Kelas : X BDP 1
Studi kelayakan bisnis adalah penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan.
BalasHapusNama : FADHILAH RAHMA PUTRI
Kelas : X BDP 1
Studi kelayakan bisnis adalah penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan.
Nama: ZINDI FATIKASARI
BalasHapusKls: X BDP 2
Studi kelayakan bisnis adalah penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan.
studi kelayakan bisnis adalah sebuah contoh study kelayakan bisnis yang tidak pernah mati, selalu berubah dan memiliki trend-nya sendiri. Dari zaman dulu hingga sekarang, orang tidak pernah bosan mengikuti perkembangan.
BalasHapusNama: juwita ayu wulandari
BalasHapusKelas:X BDP 2
studi kelayakan bisnis adalah sebuah contoh study kelayakan bisnis yang tidak pernah mati, selalu berubah dan memiliki trend-nya sendiri. Dari zaman dulu hingga sekarang, orang tidak pernah bosan mengikuti perkembangan.
Nama:Della ayu puspitasari
BalasHapusKelas:x BDP 2
studi kelayakan bisnis adalah sebuah contoh study kelayakan bisnis yang tidak pernah mati, selalu berubah dan memiliki trend-nya sendiri. Dari zaman dulu hingga sekarang, orang tidak pernah bosan mengikuti perkembangan.
Nama:Ica Amelia
BalasHapusKelas: X Bdp2
studi kelayakan bisnis adalah sebuah contoh study kelayakan bisnis yang tidak pernah mati, selalu berubah dan memiliki trend-nya sendiri. Dari zaman dulu hingga sekarang, orang tidak pernah bosan mengikuti perkembangan.
Nama : Elvira Divayanti
BalasHapusKelas : X BDP 2
Studi Kelayakan (Feasibility Study) adalah kajian yang dilihat dari berbagai segi aspek baik aspek legalitas, aspek teknis, pemasaran, sosial ekonomi maupun manajemen dan keuangan, yang hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan suatu proyek dijalankan, ditunda, atau tidak dijalankan