PENATAAN PRODUK XII KD.17 EVALUASI TAMPILAN PENATAAN PRODUK
PENATAAN
PRODUK XII
KD 3.17 EVALUASI TAMPILAN PENATAAN PRODUK
3.17 Mengevaluasi tampilan penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan
sport sesuai SOP |
4.17 Melakukan perbaikan tampilan penataan produk food, fresh dan kosmetik di |
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat melakukan pengawasan
penataan produk
2.
Peserta didik dapat memonitor penataan produk
MATERI AJAR
A.
PENGAWASAN PENATAAN PRODUK
Dalam penataan
produk (display) diperlukan adanya
pengawasan untuk menghindari terjadinya penyimpangan dari perencanaan display
yang telah dibuat sebelumnya, sehingga display tampak rapi, menarik dan sesuai
dengan SOP penataan barang dagangan.
Display
memerlukan adanya pengawasan secara kontinu. Hal ini dimaksud supaya tetap
terjaga keamanan produk, kerapian,kebersihan dan menarik perhatian pengunjung
sehingga dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan.
Fungsi
pengawasan dalam display adalah upaya sistematis dalam menetapkan standar
kinerja dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan.
Berikut
beberapa penjelasan tentang pengawasan penataan produk
1.
Pentingnya pengawasan display
Pengawasan sangat penting bagi perusahaan,
karena dengan adanya pengawasan bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak
diinginkan, seperti :
a. Produk tidak layak pakai/tidak layak jual
(rusak)
Pengawasan
dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk memnghindari respon negative dari
pelanggan terhadap barang tersebut karena tidak layak jual atau rusak.
b.
Expired barang
Masa umur produk juga harus diperhatikan dalam
pengawasan agar tidak menimbulkan resiko yang berbahaya terhadap pelanggan dan
dapat merusak citra perusahaan.
c.
Kekosongan barang
Dalam hal ini pengawasan juga dibutuhkan dalam
mengawasi kekosongan barang di rak display, karena berpengaruh terhadap
kecantikan display dan juga dapat
mengetahui produk yang fast moving
dan slow moving.
2.
Tindak lanjut hasil pengawasan display
Tindak lanjut hasil pengawasan display, diantaranya :
a.
Memasang CCTV
b.
Adanya satpam
c.
Pengecekan langsung yang dilakukan oleh pihak
perusahaan atau toko
3.
Mekanisme pengawasan penataan produk
a.
Pengawasan berkala
b.
Pelaksanaan pelayanan purna jual
c.
Pelaksanaan pengawasan khusus
PERTEMUAN 28
Anak-anak, Alhamdulillah pertemuan ini kita msuk ke KD 17 tentang
Evaluasi Tampilan Penataan Produk. Di materi awal penataan produk kelas XI
dibahas tentang perencanaan penataan produk. Dalam hal ini sudah jelas, bahwa
dalam melakukan penataan produk harus melakukan perencanaan terlebih dahulu,
mulai dari lay out display, SOP dan lainnya. Setelah perencanaan display
dilakukan, tahap terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap tampilan display.
Jadi setelah kita melakukan penataan produk (display) bukan berarti tugas
seorang karyawan toko sudah selesai, tetapi hars dievaluasi penataan produk
yang telah kita lakukan. Apakah sudah menarik? Apakah sudah sesuai perencanaan
? Apakah sudah sesuai dengan SOP penetaan produk? Setelah dievaluasi, jika ada
yang perlu diperbaiki maka segera diperbaiki untuk mendapatkan hasil yang sesuai
dengan yang diharapkan dan dapat memberikan tampilan yang menarik untuk
pelanggan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan dan tujuan
perusahaan atau toko bisa tercapai.
Semangat belajar
anak-anak, kalian masih muda, masih sehat, waktu kalian masih longgar tlong
dimanfaatkan sebaik mungkin untuk sesuatu yang bermanfaat bagi masa depan
kalian. Tolong beri komentar di kolom komentar tentang pengalaman display yang
kurang menarik yang pernah kalian temukan pada saat berbelanja di sebuah toko.
Okeyyy. Sukses untuk kalian semua, aamiin.
Nama : Rizka Ramadhani
BalasHapusKelas : XII BDP 1
No : 13
•) Pengalaman display yang kurang menarik pada saat berbelanja di sebuah toko :
- Pada saat berbelanja di sebuah toko swalayan saya melihat penataan produk food dan produk non food ditempatkan dengan posisi rak saling berdekatan yang berarti penataan nya tidak diberi produk pembatas seperti tisu dan kapas. Padahal penataan produk food dan produk non food seharusnya diberi produk pembatas agar produk makanan bisa terpisah dengan produk seperti shampoo,sabun,dan lainnya.
Nama:Mahfutri Apriliya
BalasHapusNo:09
Kelas:12 BDP 1
.) Pengalaman display barang yang kurang menarik pada saat berbelanja disebuah toko :
- pada saat berbelanja ditoko atau slawayan saya menjumpai dimana toko tersebut melakukan promosi, namun penataannya kurang strategis dan ketika konsumen masuk berbelanja dari luar toko konsumen tidak bisa melihat langsung promo barang tersebut.Jadi tidak terlihat jelas letak rak barang promo tersebut.
Nama: Purwanti
BalasHapusNo: 12
.) Pengalaman display barang yang kurang menarik pada saat berbelanja di dalam toko.
Disaat sedang berbelanja didalam toko , saya melihat barang yang pendisplayannya kurang menarik dan kurang rapi , terkadang barang yang di display sedikit masih ada debunya dan juga terkadang label harganya tidak isesuai dengan barangnya.