PKK XI KD 3.7 MEDIA PROMOSI PEMASARAN

 

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN XI

SMK MUHAMMADIYAH 2 NGAWI

KD 3.7 MEDIA PROMOSI PEMASARAN

KELAS : XI BDP

GURU :  HABIBAH, SE

 

3.7  Menerapkan media promosi pemasaran

4.7  Membuat media promosi untuk pemasanan

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Peserta didik dapat memahami media promosi pemasaran

2.  Peserta didik dapat mengimplementasikan media promosi pemasaran

 

MATERI AJAR

A.  PROMOSI

1.  Definisi Promosi

Promosi merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau individu untuk mengomunikasikan produknya kepada konsumen.

     2.  Ciri-ciri Promosi Penjualan

          Ciri-ciri promosi promosi penjualan sebagai berikut :

          a.  Biaya relatif tinggi

          b.  Mempunyai kemampuan persuasive yang kuat

          c.  Identitasnya sponsornya jelas

          d.  Strategi promosi penjualan yang tidak sesuai dengan harapan dan tuntutan masyarakat justru dapt menimbulkan kesan negative terhadap barang atau jasa yang ditawarkan.

          e.  Sasarannya dapat terbatas dan dapat diperluas

     3.  Tujuan Promosi

            Tujuan promosi antara aian :

            a.  Menginformasikan (informing)

            b.  Membujuk pelanggan sasaran (persuading)

            c.  Mengingatkan (reminding)

     4.    Keuntungan dan Sasaran Promosi

            a.  Keuntungan Promosi, antara lain :

                 1) Dapat meningkatkan omzet penjualan

                 2)  Mengingatkan pembeli tentang barang yang dijual

                 3)  Dapat meningkatkan keuntungan perusahaan

                 4)  Dapat meningkatkan produksi perusahaan

                 5)  Perputaran modal kerja perusahaan lebih cepat

            b. Sasaran Promosi

                 Promosi ditujukan kepada berbagai pihak sebagai berikut :

                 1)  Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk

                 2)  Mereka yang berpotensi untuk menjadi pembeli produk

                 3)  para distributor dan agen

                 4)  Para pedagang besar dan kecil

                 5)  Pemerintah yang memerlukan produk dari perusahaan yang bersangkutan

     5.    Bauran Promosi (Promotional Mix)

            Bauran Promosi (Promotional Mix) adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi lainnya yang direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.

            Menurut Kotler dan Armstrong terdapat lima unsur yang ada dalam bauran promosi, antara lain :

            a.  Periklanan (advertising)

            b.  Pernjualan perorangan (personal selling)

            c.  Promosi penjualan (sales promotion)

            d.  Hubungan masyarakat ( public relation)

            e.  Pemasaran langsung ( direct marketing)

Secara lebih jelas, kelima komponen promosi di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :

       a.  Personal selling (Penjualan perorangan)

            Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.

            Adapun ciri-ciri Personal selling, antara lain :

            1)  Identitas sponsor jelas

            2)  Sasaran sudah ditentukan

            3)  Biaya yang digunakan tinggi

            4)  Penampilan lebih leluasa

            5)  Terdapat kesempatan untuk secara keatif mengembangkan hubungan yang harmonis dengan konsumen

            6) Konsumen akan memberikan respon (tangapan) seketika kepada penjual, sehingga penjual dapat melakukan pendekatan lebih baik.

       b.  Mass Selling

            Mass selling merupakan pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu.

            Ada dua bentuk mass selling, yaitu periklanan dan publisitas :

            1)  Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.

            2)  Publisitas adalah bentuk penyajian dan penyebaran ide, barang dan jasa secara nonpersonal, yang mana orang atau organisasi yang diuntungkan tidak membayar untuk itu.

     c.  Promosi Penjualan (sales promotion)

            Promosi penjualan adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang akan dibeli.

     d.    Hubungan masyarakat ( public relation)

            Public relation merupakan upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan, dan sikap berbagai kelompok terhadap perusahaan tersebut.

     e.    Pemasaran langsung ( direct marketing)

            Direct marketing adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi si sembarang lokasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENATAAN PRODUK XII KD3.15 STOCK FLOOR atau PERSEDIAAN BARANG

PENATAAN PRODUK XII KD 3.16 KEAMANAN TOKO

PENATAAN PRODUK XII KD.17 EVALUASI TAMPILAN PENATAAN PRODUK