Penataan Produk XII BDP

PENATAAN PRODUK

(Visual Merchandising atau VM)

XII BISNIS DARING DAN PEMASARAN

Guru Mapel        :  Habibah, SE

 Kosmetik Online Pekalongan: MENATA PRODUK

 


SMK MUHAMMADIYAH 2 NGAWI

Jl. Mantingan – Sine km 0

Mantingan - Ngawi

 

KOMPETENSI DASAR

3.11  Menganalisis ide2 inovatif

dalam penataan produk

drink, food, fresh dan

kosmetik di supermarket,

fashion dan sport

 

4.11  Membuat rancangan ide2 inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport

 

TUJUAN PEMBELAJARAN                               

1.      Peserta didik dapat menjelaskan tata ruang toko

2.      Peserta didik dapat membuat perencanaan tempat

3.      Peserta didik dapat menjelaskan teknik presentasi produk

4.      Peserta didik dapat menyusun langkah – langkah teknik display

5.      Peserta didik dapat menerapkan teknik display inovatif

 

A.  IDE-IDE INOVATIF DISPLAY PRODUK

       Pada dasarnya, para konsumen memiliki banyak sekali kemungkinan untuk memilih berbelanja di toko manapun, karena ada banyak alasan yang mendorong konsumen pergi mengunjungi toko, salah satunya yaitu penataan produk yang menarik. Dengan demikian, para peritail harus selalu update dalam menciptkan suatu rancangan toko dengan teknik display yang inovatif duna membuat konsumen tertarik untuk berbelanja di toko.

       Dalam merancang sebuah penataan produk, para pelaku retail harus mempertimbangkan :

       1.  Tata Ruang Toko

                        Tata ruang toko seharusnya mampu menarik perhatian para pelanggan untuk melihat-lihat di sekitar toko hingga akgirnya timbul impulse buying untuk action dan membeli dalam jumlah yang banyak. Salah satu metode yang digunakan yaitu dengan tata ruang toko yang memfasilitasi pola lalu lintas yang spesifik. Metode lain untuk mempermudah para pelanggan bergerak melalui toko, yakni dengan menyediakan dan menampilkan bebbagai variasi display inovatif. Di sekitar toko sebaiknya disediakan tempat kesenangan untuk para pelanggan agar berkeliling-keliling di area toko dan sekitarnya.

                                    Sebuah toko yang terdiri atas banyak orang diharapkan dapat menciptakan rasa keceriaan untuk para pengunjung untuk meningkatkan presentase pembelian.Akan tetapi, jika suatu toko terlalu banyak rak dan display maka dapat menyebabkan para pengunjung bingung dan bahkan tersesat. Oleh sebab itu, para peritail harus membuaat tata ruang toko secara fleksibel untuk memberikan kemudahan kepada para pengunjung.

           

 

UNIVERSITAS INDONESIA PERANCANGAN DAN PELETAKAN PAPAN PETUNJUK ...       

 

 

 

 

 

                              Contoh gambar tata ruang toko

       2.  Perencanaan tempat

Perencanaan tempat terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

a.  Tempat lokasi toko

b. Tempat department produk.

Sebelum peretail melakukan display, maka harus membuat lay out ruangan toko terlebih dahulu, misalnya menentukan ruangan untuk department food dan non food.

c.  Tempat display jenis produk.

Setelah ruangan food dan non food ditentukan, maka selanjutnya menentukan tempat display jenis produk, misalnya untuk jenis produk minuman berdekatan dengan kopi, teh dan snack.

B. DISPLAY INOVASI  PENATAAN PRODUK

            Hal-hal yang perlu diperhatikan :

            1.  Teknik Display

                        Salah satu yang menjadi daya tarik pada toko yaitu penataan barang dagang. Dengan memperhatikan pengelompokan produk, kerapian dan keindahan display akan mengarahkan sorot mata pembeli untuk melihat dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli.

                   Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pemajangan produk (display), antara lain :

                   a.  Pengelompokan barang (grouping)

                        Barang yang di display harus di kelompokkan sesuai dengan SOP.

                   b. Pengaturan jumlah barang dalam rak disesuaikan dengan daya jual barang tersebut.

                   c.  Memperhatikan bentuk, jenis, dan komposisi warna kemasan.

                   d.  Memperhatikan sistem FIFO (first in first out), yaitu barang yang datang terlebih dahulu maka harus di display terlebih dahulu.

                   e.  Menggunakan price card, yang berisi data fisik barang misalnya nama barang, kode barang, kode pemasok, harga jual, nomor rak, jumlah minimum stok dan lainnya.

            2.  Jenis Teknik Display

                        Seiring perkembangan zaman, teknologi display semakin berkembang yang di dukung dengan berbagai macam model rak. Hal tersebut membuat penataan barang menjadi semakin bervariasi dan tampilan produk terlihat lebih menarik.

                   Berdasarkan penempatan barang, terdapat beberapa jenis display, antara lain :

                   a.  Impulse Buying Product Display

                                    Jenis display ini, penempatan produk pada posisi yang strategis dan mudah dijangkau serta banyak dilalui pengunjung dengan harapan calon konsumen yang lewat tergerak untuk membeli. Display ini biasanya di letakkan di dekat kasir. Biasanya produsen ataupun pemasok, jika ingin produknya di display pada tempat tersebut harus menyewa dengan biaya yang mahal.

                   b.  Wall display

                        Jenis display ini, biasanya produk dagangan ditata atau ditempel di dinding toko. Display ini biasanya untuk barang-barang fashion seperti pakaian. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam display ini, yaitu barang yang didisplay atau di temple pada didnding harus tersedia juga di rak. Misalnya display tiga ukuran baju S, M dan L di pajang di dinding, maka di rak display harus ada juga ukuran tersebut.

                       

 

                   c.  Merchandise Mix Display

                        Jenis display ini, pemajangan produk di fungsikan untuk menawarkan produk lain yang berhubungan dengan produk tersebut. Misalnya produk roti tawar di dekatkan dengan sale, mentega dan mesis agar konsumen yang membeli roti tawar tertarik untuk membeli mentega, Sali ataupu mesis.

                   d.  Cut Cases Diplay

                        Jenis display ini, model display tanpa menggunakan gondola, namun hanya menggunakan kotak atau kardus kemasana besar yang di potong setengahnya sedemikian rupa sehingga produknya tampak. Display ini cocok untuk produk minuman dan makanan kaleng.

                       All About Interior Desain : 2013

 

 

 

 

                   e.  Jumble Display

                        Display ini disebut juga dengan display campur aduk karena produk diletakkan dalam sebuah tempat terbuka dan pembeli bebas untuk mengaduk-aduk barang untuk memilih.

                       A BIG Alalay jumble sale | Friends of Alalay (Santa Cruz)

                  

            3.  Pendukung display yang baik

                 a.  POP (point of purchase) yaitu keterangan mengenai nama  produk, harga ataupun sarana bantu promosi penjualan.

                      

                 b. Peralatan Display

                   1.  Gondola  yaitu peralatan display yang terdiri atas rak (shelving) dan self bracket

                   2.  Showcase, yaitu alat pajang berupa setalase untuk daging segar

                   3.  Showcase chiller, yaitu tempat pemajangan buah, daging, sayur, dairy dan lainnya

                   4.  Frozen island, yaotu sarana pajang untuk produk beku seperti ice cream, chicken nugget dan sayuran.

                   5.  Wagon, yaitu boks besar untuk tempat produk yang sedang promo.

                   6.  Single hook berupa gantungan, biasanya digunakan untuk pemajangan produk seperti sikat gigi, aksesoris dan snack.  

                   7.  Hambalan, yaitu kayu yang letaknya di bawah sebagai dasar untuk peralatan display

                   8.  End gondola, yaitu gondola akhir yang paling ujung dan untuk disewakan.

              4.  Istilah Display Barang Supermarket

                   a.  SKU merupakan keterangan yang menunjukkan nama produk, harga, nomor dan PLU produk.

                   b.  Bay, yaitu susunan pemajangan produk di rak baris ke bawah

                   c.  Tier, yaitu barisan pemajangan produk ke belakang

                   d.  Face, yaitu pemajangan produk tampak muka harus menghadap ke depan.

                   e.  POP, yaitu keterangan mengenai nama produk, harga ataupun sarana bantu promosi penjualan.

                   f.  Floor display, yaitu pemajangan pada lantai.

                   g.  COC (check on counter) yaitu pemajangan produk yang menemple di depan kasa.

                   h.  PLU (price look up) yaitu nomor identitas barang yang berfungsi untuk pencatatan komputerisasi.

                   i.  Piramid, hambalan yang terdiri atas dua tingkat untuk pemajangan floor display.

 

 

 

PERTEMUAN 7

TES KOMPETENSI PENGETAHUAN KD. 11

Berikan Komentar Anda Terhadap Pernyataan di Bawah ini :

1.  Pengaturan jumlah barang dalam rak disesuaikan dengan daya jual barang tersebut.

UNIVERSITAS INDONESIA PERANCANGAN DAN PELETAKAN PAPAN PETUNJUK ... 2. 

           

 

 





 

 

            Berikan pendapat anda tentang gambar di atas!

  1. Peserta didik dapat menjelaskan teknik presentasi produk

2.      Peserta didik dapat menyusun langkah – langkah teknik display

3.      Peserta didik dapat menerapkan teknik display inovatif

 

C.      TEKNIK PRESENTASI PRODUK

Dalam menjual sebuah produk, seorang pramuniaga atau pun marketer harus menjelaskan tentang fitur dan keunggulan yang terdapat di dalam produk sehingga calon pembeli tertarik untuk membelinya. Kegiatan menjelaskan produk ini produk ini disebut dengan presentasi produk. Oleh karena itu, para pramuniaga ataupun marketer harus mampu menguasai teknik presentasi produk untuk dapat melakukan penjualan produk dengan sukses.

 

Teknik presentasi adalah salah satu metode dibidang komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan seuah informasi tentang sesuatu. Tujua utama teknik presentasi produk adalah untuk meyakinkan calon pembeli terhadap produk tertentu agar melakukan action (membeli produk).

 

Ada beberapa teknik presentasi produk yang sukses sebagai berikut :

1.       Memposisikan diri sebagai calon konsumen.

Teknik presentasi produk selalu focus pada bagaimana menjelaskan produk anda kepada calon pembeli. Untuk mempermudah dalam menjelaskan produk terhadap konsumen, maka anda harus memposisikan diri sebagai konsumen. Jika anda sebagai konsumen, kira-kira informasi apa yang dibutuhkan oleh konsumen tentang produk tersebut dan bagaiman sikap yang penjual yang diinginkan oleh konsumen.  Nah, jawaban itu anda catat dan anda kembangkan menjadi bahan atau materi yang perlu disampaikan kepada konsumen.

2.      Perbanyak mendengarkan dari pada bicara

Berbicara dan menjelaskan keunggulan produk adalah inti dari presentasi produk. Namun terlalu percaya diri dengan banyak bicara adalah kesalahan fatal dalam presentasi. Calon pembeli bisa menjadi jenuh karena anda banyak bicara. Dalam presentasi produk, calon pembeli menginginkan komunikasi dua araha antara pembeli dan penjual. Oleh karena itu, berilah kesempatan calon pembeli untuk bertanya dan membandingkan produk anda dengan produk lain. Dengan demikian, anda pun akan mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan pembeli serta mengetahui bagaimana pitching point (titik lemparan) terhadap calon pembeli.

3.      Mengetahui dan memahami product knowledge

Ketika melakukan presentasi produk, tentunya anda harus memahami produk apa yang sedang anda jual. Dalam presentasi produk, anda harus mengatakan dengan jujur kelebihan produk tersebut tanpa harus ditambah-tambahi, karena akan berdampak negatif jika konsumen mengatahui kebohongan penjual.

4.      Membuat perhatian

Presentasi tidak hanya dijelaskan secara verbal, tetapi dapat dilakukan dengan kombinasi non verbal juga. Misalnya disertai dengan demonstrasi prosuduk,testimoni dari penggunaan produk, tampilan display inovatif yang unik dan menarik ataupun tampilan desain produk yang menarik.

5.      Closing statment (penutupan presentasi)

Tutuplah presentasi anda dengan kalimat ajakan. Closing ini menjadi suatu kunci yang akan selalu diingat di benak calon konsumen, terkadang closing ini yang akan menjadi penentu apakah mereka jadi membeli atau menggunakan produkatau jasa yang anda tawarkan.

           

            PERTEMUAN 11

            TUGAS SECARA KELOMPOK

            Bersama kelompok Anda, dsikusikan mengenai ide-ide display inovatif dalam menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk. Buatlah laporan hasil diskusinya kemudian di foto kirim lewat wa,  dan  presentasikan menggunakan voice note dikirim ke wa bu Habibah. (Palimg lambat tanggal 26 Agustus jam 20.00 wib). Selamat belajar , tetap semangat. Ingat kelas 3 bukan saatnya bersantai ria tapi sudah waktunya berjuang untuk mencapai impian. Kalian pasti BISA!!!

PERTEMUAN 12

 

C.      LANGKAH-LANGKAH TEKNIK DISPLAY

TUGAS PERTEMUAN 12

MERUPAKAN SATU KESATUAN DENGAN TUGAS PERTEMUAN 11,

JADI ANAK-ANAK DALAM MEMBUAT LAPORAN HASIL DISKUSI DI DALAMNYA DILENGKAPI  DENGAN LANGKAH-LANGKAH TEKNIK DISPLAY INOVATIF YANG KALIAN RENCANAKAN.

 

D.      MENERAPKAN TEKNIK DISPLAY INOVATIF

UNTUK PART E INI, ANAK-ANAK DIMINTA UNTUK MENERAPKAN ATAU PRAKTIK TEKNIK DISPLAY INOVATIF YANG SUDAH KALIAN BUAT, TAPI SEBAGAI GANTINYA KALIAN CUKUP MENJELASKAN SECARA DETAIL TENTANG IDE DISPLAY INOVATIF KELOMPOK KALIAN DI LAPORAN HASIL DISKUSI DAN DAN VOICE NOTE. OKE…

 

3.12  Menerapkan prosedur perawatan secara berkala produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport

 

4.12  Melakukan perawatan produk secara berkala produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport

 

TUJUAN PEMBELAJARAN                               

1.      Peserta didik dapat menjelaskan konsep perawatan produk

2.      Peserta didik dapat menyusun tahapan perawatan produk

3.      Peserta didik dapat mempresentasikan tahapan perawatan produk

4.      Peserta didik dapat menerapkan tahapan perawatan produk

 

A.      KONSEP PERAWATAN PRODUK

1.         Pengertian Perawatan Produk

Dalam istilah perawatan terdapat dua istilah pekerjaan, yaitu :

a.    Perawatan, yang merupakan aktivitas untu mencegah kerusakan. Perawatan (maintenance) adalah bentuk pemeliharaan yang dilakukan pada selang waktu yang telah di tentukan sebelumnya. Menurut Assauri, perawatan diartikan sebagai suatu kegiatan pemeliharaan fasilitas pabrik atau usaha serta mengadakan perbaikan, penyesuaian atau penggantian yang diperlukan agar terdapat suatu keadaan operasi produksi yang sesuai dengan yang direncanakan.

b.    Perbaikan, yang merupakan tindakan untuk memperbaiki kerusakan.

2.         Macam-macam Perawatan

3.         Tujuan Perawatan

B.       TAHAPAN PERAWATAN PRODUK

1.         Hal-hal yang Perlu di Perhatikan dalam Perawatan Produk

2.         Menjaga Kebersihan Tempat Kerja

3.         Perawatan Gerai Panjang

4.         Merawat Produk

PERTEMUAN 13

Catatan :

1.      Alhamdulillah kita masuk ke KD 13. Tolong materi part A.1  yaitu pengertian perawatan produk betul-betul dipahami ya…..  

2.      Anak-anak mengerjakan tugas kelompok yang kemarin, yang belum selesai silahkan dikerjakan. Oke…. Ingat terakhir pengumpulan tgl 4 September jam 20.00 wib. Selamat belajar ria, semoga ilmu kita bermanfaat dan dicatat sebagai amal ibadah kita. Aamiin


2.         Macam-macam Perawatan

a. Perawatan Preventif ( Preventive Maintenance)

Perawatan preventif (pencegahan) adalah rencana perawatan yang bertujuan untuk pencegahan, misalnya pelumasan dan penyetelan mesin, perbaikan kecil, dan inspeksi.

Jenis perawatan preventif :

*      Perawatan Rutin

Jenis perawatan dan pemeliharaan ini rutin dilakukan setiap hari, misalnya pembersihan peralatan, pengecekan isi bahan bakar, pelumasan oli dan lainnya.

*      Perawatan Periodik

Jenis perawatan dan pemiliharaan ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu atau secara periodik. Misalnya perawatan setiap 200 kerja mesin atau setiap satu minggu sekali dan lainnya.

b.   Perawatan Korektif

Perawatan korektif adalah perawatan yang dilakukan guna memperbaiki dan meingkatkan kondisi peralatan sehingga dapat mencapai standar yang diinginkan.

c.    Perawatan Berjalan

Perawatan berjalan adalah perawatan yang dilakukan ketika fasilitas atau peralatan dalam keadaan bekerja. Perawatan ini digunakan untuk peralatan yang beroperasi terus-menerus dalam melakukan proses produksi.

d.   Perawatan Prediktif

Perawatan predikstif adalah perawatan yang dilakukan dengan tujuan mengetahui terjadinya perubahan atau kelainan dari system peralatan, baik secara fisik maupun fungsi.

e.    Perawatan Setelah terjadi Kerusakan (Breakdown Maintenance)

Perawatan ini dilakukan setelah terjadi kerusakan pada peralatan. Untuk memperbaikinya, maka terlebih dahulu hars disiapkan suku cadang, material, alat-alat, dan tenaga kerhanya.

f.     Perawatan Darurat (Emergency Maintenance)

Perawatan darurat adalah perawatan yang dilakukan setelah terjadi kemacetan atau kerusakan yang tidak terduga sehingga perbaikan harus segara dilakukan.

 

3.         Tujuan Perawatan

Menurut A.S Corder tujuan perawatan sebagai berikut :

a.    Melalui penyesuaian, pelayanan, dan pengoperasian peralatan secara tepat memungkinkan tercapainya mutu produksi dan kepuasan pelanggan.

b.    Memaksimalkan umur kegunaan dari system

c.    Menjaga agar system aman dan mencegah berkembangnya gangguan keamanan.

d.   Biaya produksi total yang secara langsung dapat berpengaruh terhadap sevis dan perbaikan dapat diminimalkan.

e.    Memaksimalkan produksi dari sumber system yang ada

f.     Frekuansi dan kuatnya gangguan terhadap proses operasi

g.    Menyiapkan personil, fasilitas dan metodenya.

h.    Mampu mengerjakan tugas-tugas perawatan

4.      TAHAPAN PERAWATAN PRODUK

1.         Hal-hal yang Perlu di Perhatikan dalam Perawatan Produk

Pada display produk, harus disesuaikan antara perawatan dan penyimpanan barang dagangan sehingga memudahkan pegawai dalam melakukan hal-hal berikut ini :

a.    Cek keadaan barang dan jumlah persediaan barang

b.    Pemilihan dan pencarian barang yang diperlukan

c.    Pengambilan barang persediaan

d.   Penambahan penataan barang persediaan di display

e.    Memelihara barang secara baik

2.         Menjaga Kebersihan Tempat Kerja

*        Keuntungan Menjaga Kebersihan Tempat Kerja

a.       Berkurangnya risiko kecelakaan dan cedera

b.      Mencegah terjadinya penyebaran penyekakit menular.

c.       Mengurangi tingkatan stress karyawan dalam bekerja

d.      Tempat kerja terasa nyaman dan aman

e.       Peralatan kerja mudah ditemukan

*        Akibat dari Pengaturan Tempat Kerja yang Tidak Rapi

a.         Tempat kerja terasa sempit

b.        Kesulitan mencari peralatan kerja Dapat menimbulkan stress

c.         Mudah terjadi kecelakaan kerja

3.         Perawatan Kebersihan Toko

a. Pakaian seragam pramuniaga harus bersih

b.  Setiap hari ruangan di pel

c. Menggunakan penyegar ruangan

d.  Ventilasi udara yang cukup

e.  Beri tulisan, “Buanglah Sampah Pada Tempatnya” di dinding toko yang strategis

f.  Buang sampah sebelum bak sampah penuh

g.  Menyediakan alat kebersiahan seperti sapu, kain pel, pengisap debu dan lainnya.

h.  Menyediakan kamar kecil atau toilet

I.  Menugaskan karyawan khusus di bagian kebersihan

4.         Perawatan Gerai ( counter display)

a.  Secara rutin, sebelum membuka toko karyawan harus membersihkan rak tempat memajang atau rak display

b.  Penyemprotan dengan deterjen wangi agar aroma ruangan segar dan wangi

c.  Mempunyai saluran pembuangan yang cukup

d.  Pembersihan pad arak display dan label setiap hari

e.  Menyediakan tempat sampah

f.  Membuat jadwal kebersihan

5.         Merawat Produk

a.      Merawat Produk Dairy

*      Produk matang harus selalu ditutup dengan plastic pembungkus

*      Setiap produk diberi petunjuk harga

*      Periksa tanggal kadaluarsa

*      Perhatikan tampilan produk, warna, aroma dan tidak berjamur

*      Tertera izin Depkes pada label produk

b.      Perawaan  Daging

*   Display dalam berbagai variasi

*   Daging sapi dijual dalam bentuk potongan-potongan.

*   Daging sesuai dengan standar swalayan

*   Berasal dari rumah potong hewan berizin dan bersetifikat halal

*   Harus memenuhi standar kesehatan

*   Jika mau di kemas dan dimasukkan frozen island, daging sapi tidak boleh dicuci

*   Daging ayam dijual dalam bentuk potongan ataupun utuh

*   Jika mau di kemas dan dimasukkan frozen island, daging daging ayam dan ikina boleh dicuci dengan air dingin

*   Perhatikan suhu frozen island siantara 16-24 derajat Celcius

c.       Perawatan Sayuran

*   Pisahkan asuran yang segar dengan yang tidak segar

*   Perhatikan kebersihan showcase

*   Hindari showcase dari bau tidak sedap

*   Jaga suhu showcase2-4 derajat Celcius

*   Jaga kebersihan, talenan, nampan dan pisau di tempatnya.

*   Lakukan pembersihan umum seminggu sekali terhadap display

*   Membuat produk olahan dari sayuran yang tidak terjual

*   Mencatat perubahan bentuk setiap hari

d.      Perawatan Buah-Buahan

*   Pisahkan buah segar dengan yang tidak segar atau busuk

*   Jaga kebersihan dan aroma display

*   Perlengkapan yang digunakan dibersihkan kembali

*   Perhatikan arus perputaran barang

*   Membuat harga special terhadap buah yang tidak layak pajang tapi masih layak dikonsumsi.

*   Mencatat pemusnahan dan perubahan barang setiap hari

e.       Perawatan Persediaan Barang

1.      Tempat penyimpanan memenuhi syarat

2.      Pengaturan sirkulasi udara yang baik

3.      Pengaturan suhu

4.      Penerangan yang cukup

5.      Adanya petugas khusus

6.      Penyimpanan sesuai kelompok dan jenis barang

7.      Perhatikan masa kadaluarsa barang

8.      Perhatikan merk barang

9.      Perhatikan alur FIFO

10.  Tersedia perlengkapan untuk keadaan darurat

 

PERTEMUAN 14

Anak-anak, tolong materi KD 13 tentang Perawatan Produk. Perlu kalian ingat, materi Penataan Produk tidak hanya meliputi pengetahuan tentang produk dan display produk tetapi juga perawatan produk. Kalian sebagai calon tenaga kerja atau pun seorang pebisnis harus memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Perkuat pengetahuan kalian dan perkuat pengalaman kalian, hal itu akan menjadi modal kalian untuk memasuki dunia kerja atau dunia memperoleh pendapatan. Hehehehe. Kalau kalian sekarang malas, ingat masa depan kalian ada di tangan kalian. Mau masa depan cerah atau suram semua keputusan ada di tangan kalian. Semoga kita semua di Ridhoi oleh Allah menjadi pribadi yang penuh semangat dan berikhtiar mengharap nikmat (rezeki) dari Allah melalui ilmu dan ladang rezeki yang halal. Aamiin.

Y    Yang belum negumpulkan tugas VN mohon kesadarannya, terimakasiih.


PERTEMUAN 15

Ulangan Harian 1

Bismillah,

Jawablah Pertanyaan di Bawah Ini dengan Tepat, Cepat dan Hasil Pemikiran Sendiri.  Tidak boleh mencontoh jawaban teman apalagi sama persis (dilarang keras), kalo ada yang sama persis ibu anggap tidak ikut ujian okeee.

 

1.        Jika Anda seorang pramuniaga di sebuah toko atau swalayan, jelaskan langkah apa saja yang Anda lakukan terhadap produk yang baru datang dari Suplayer sampai produk tersebut siap dijual ke konsumen.

2.        Jika Anda seorang manajer toko atau swalayan, bagaimana menangani permasalahan toko yang kotor.

 

Ingat, sebelum menjawab tolong pelajari materi KD 10, 11, dan 12, karena soal di atas berkaitan dengan KD tersebut. Jawabannya ditulis di kolom komentar ya..

Selamat mengerjakan, ibu percaya kalian bias. Ingat terakhir mengumpulkan hari ini jam 21.00 wib ya…. Semangat !!!




Komentar

  1. a. Pengelompokan barang (grouping)

    Barang yang di display harus di kelompokkan sesuai dengan SOP.

    b. Pengaturan jumlah barang dalam rak disesuaikan dengan daya jual barang tersebut.

    c. Memperhatikan bentuk, jenis, dan komposisi warna kemasan.

    d. Memperhatikan sistem FIFO (first in first out), yaitu barang yang datang terlebih dahulu maka harus di display terlebih dahulu.

    e. Menggunakan price card, yang berisi data fisik barang misalnya nama barang, kode barang, kode pemasok, harga jual, nomor rak, jumlah minimum stok dan lainnya.

    BalasHapus
  2. a. Pengelompokan barang (grouping)

    Barang yang di display harus di kelompokkan sesuai dengan SOP.

    b. Pengaturan jumlah barang dalam rak disesuaikan dengan daya jual barang tersebut.

    c. Memperhatikan bentuk, jenis, dan komposisi warna kemasan.

    d. Memperhatikan sistem FIFO (first in first out), yaitu barang yang datang terlebih dahulu maka harus di display terlebih dahulu.

    e. Menggunakan price card, yang berisi data fisik barang misalnya nama barang, kode barang, kode pemasok, harga jual, nomor rak, jumlah minimum stok dan lainnya.

    BalasHapus
  3. Dari gambar pernyataan di atas.. Terlihat banyak promo yang di berikan oleh pihak toko & barang-barang promo tersebut di displai sesuai dengan SOP, & jumlah barang yang di promokan itu lebih banyak di pajang dengan tujuan memberikan peluang banyak kepada konsumen saat tertarik untuk membeli barang tersebut.

    BalasHapus
  4. Dari gambar tersebut di atas terlihat Tata Ruang Toko. Tata ruang toko seharusnya mampu menarik perhatian para pelanggan untuk melihat-lihat di sekitar toko hingga akgirnya timbul impulse buying untuk action dan membeli dalam jumlah yang banyak. Salah satu metode yang digunakan yaitu dengan tata ruang toko yang memfasilitasi pola lalu lintas yang spesifik. Metode lain untuk mempermudah para pelanggan bergerak melalui toko, yakni dengan menyediakan dan menampilkan bebbagai variasi display inovatif. Di sekitar toko sebaiknya disediakan tempat kesenangan untuk para pelanggan agar berkeliling-keliling di area toko dan sekitarnya.
    Sebuah toko yang terdiri atas banyak orang diharapkan dapat menciptakan rasa keceriaan untuk para pengunjung untuk meningkatkan presentase pembelian.Akan tetapi, jika suatu toko terlalu banyak rak dan display maka dapat menyebabkan para pengunjung bingung dan bahkan tersesat. Oleh sebab itu, para peritail harus membuaat tata ruang toko secara fleksibel untuk memberikan kemudahan kepada para pengunjung.

    BalasHapus
  5. Dari gambar tersebut di atas dapat di lihat Tata Ruang Toko. Tata ruang toko seharusnya mampu menarik perhatian para pelanggan untuk melihat-lihat di sekitar toko hingga akgirnya timbul impulse buying untuk action dan membeli dalam jumlah yang banyak. Salah satu metode yang digunakan yaitu dengan tata ruang toko yang memfasilitasi pola lalu lintas yang spesifik. Metode lain untuk mempermudah para pelanggan bergerak melalui toko, yakni dengan menyediakan dan menampilkan bebbagai variasi display inovatif. Di sekitar toko sebaiknya disediakan tempat kesenangan untuk para pelanggan agar berkeliling-keliling di area toko dan sekitarnya. Sebuah toko yang terdiri atas banyak orang diharapkan dapat menciptakan rasa keceriaan untuk para pengunjung untuk meningkatkan presentase pembelian.Akan tetapi, jika suatu toko terlalu banyak rak dan display maka dapat menyebabkan para pengunjung bingung dan bahkan tersesat. Oleh sebab itu, para peritail harus membuaat tata ruang toko secara fleksibel untuk memberikan kemudahan kepada para pengunjung.

    BalasHapus
  6. Nama : arivin anwar
    Kelas : XII BDP 2
    ULANGAN HARIAN 1

    1. Langkah pertama yang bisa di lakukan oleh seorang pramuniaga yaitu dengan melakukan pengecekan barang mulai dari kondisi barang,tgl exp,& melakukan pengecekan sesuai dengan surat pemesanan,kemudian melakukan kegiatan input brang,dilanjut dengan pendisplay an..jika ada produk baru,maka seorang pramuniaga dapat melakukan promosi supaya produk tersebut bisa dikenal oleh calon konsumen.

    2. Jika kondisi toko kotor , seorang manager bisa memberikan penegasan kepada karyawan agar lebih memperhatikan kebersihan,.karena kebersihan tersebut bisa menimbulkan rasa nyaman saat berbelanja & cara untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen bahwa toko tersebut sangat rapi & mengutamakan kenyamanan saat berbelanja

    BalasHapus
  7. Nama:Intan Ananda M
    Kls:XII BDP1
    NO.ABS:07
    1.ketika baru ada barang yg datang dari suplayer hal pertama yg harus di lakukan sbg seorang pramuniaga adalah melakukan pengecekan terhadap barang tersebut apakah sudah sesuai dengan permintaan dari surat pesanan atau tidaknya,untuk masalah penginputan barang itu biasanya di lakukan oleh bagian adminustrasi ,setelah selesai melakukan pengecekan barang selanjutnya adalah melakukan display produk ke rak/gondola jika ada produk yg mengharuskan menggunakan Barcode label harga tersendiri maka seharusnya kita sbg pramuniaga membuat label atau harga produk itu sendiri dan di lanjutkan dengan proses labeling terhadap produk yg mengharuskan adanya penggunaan labeling itu sendiri.
    2.Segera memberi tahu dan menegaskan kepada karyawan nya akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan toko/swalayan,karna kebersihan masih selalu menjadi pilihan utama pengunjung untuk berbelanja di suatu toko agar merasa nyaman dan tidak risih saat berbelanja.

    BalasHapus
  8. Nama:ipung kusumawati
    Kelas :xii bdp 1
    No.absen:8
    1.sbg pramuniaga mempunyai tugas seperti saat barang datang pramuniaga mencocok faktur dan po(purchase order)seperti mencocokan nama toko yang tertera difaktur
    Jumlah barang apabila ada barang yang datang kurang maka langsung diberi catatan difaktur dan juga jika barang lebih ditolak dan setelah itu menyimpan barang digudang sesuai klasifikasinya mengecek kembali atau menghitung kembali jumlah barang

    2.saya sebagai maneger apabila melihat toko kotor akan memberitahu karyawan dan menegur karyawan agar memperhatikan kenyamanan dan kebersihan toko

    BalasHapus
  9. Nama: FAIZAL AHMAD R.
    Kls:XII BDP2
    NO.ABS:09
    1.ketika baru ada barang yg datang dari suplayer hal pertama yg harus di lakukan sbg seorang pramuniaga adalah melakukan pengecekan terhadap barang tersebut apakah sudah sesuai dengan permintaan dari surat pesanan atau tidaknya,untuk masalah penginputan barang itu biasanya di lakukan oleh bagian adminustrasi ,setelah selesai melakukan pengecekan barang selanjutnya adalah melakukan display produk ke rak/gondola jika ada produk yg mengharuskan menggunakan Barcode label harga tersendiri maka seharusnya kita sbg pramuniaga membuat label atau harga produk itu sendiri dan di lanjutkan dengan proses labeling terhadap produk yg mengharuskan adanya penggunaan labeling itu sendiri.

    2.saya sebagai maneger apabila melihat toko kotor akan memberitahu karyawan dan menegur karyawan agar memperhatikan kenyamanan dan kebersihan toko

    BalasHapus
  10. Nama:Aan Nurcahyo
    Kelas:XII BDP 1
    No. :01

    1.ketika ada barang baru yg datang dari suplayer ,hal pertama yg harus di lakukan oleh seorang pramuniaga adalah mengecek kembali barang tersebut ,apakah sudah sesuai dengan pesanannya atau tidak,setelah pengecekan selesai selanjutnya barang tersebut di dispaly di rak jika ada produk yg harus menggunakan barcode label harga tersendiri,sebaiknya pramuniaga membuat harga produk tersebut dan di lanjutkan dngan proses labeling terhdap produk yg shrusnya adanya penggunaan labeling..

    2.jika saya menjadi manager toko,pabila toko saya kotor ,saya akan memberi tahu karyawan dan meneger karyawan untuk melihat kondisi yg bersngkutan dngn kenyamanan dan kebersihan toko,sehingga konsumen lebih betah untuk memilih barang" yg ingin di beli dan berhak melihat lihat barang lainnya.

    BalasHapus
  11. Nama : Citra Puspitasari
    Kelas : XII BDP 1
    No abs : 04

    1. Jika saya menjadi pramuniaga langkah pertama yang saya lakukan saat barang datang adalah mengecek barang yang dipesan oleh toko sesuai atau tidaknya barang yang dipesan, jika menemukan barang yang rusak atau busuk maka akan diretur(dikembalikan), memeriksa kualitas barang yang dikirim, setelah itu menata barang dagangan dengan baik dan benar, merawat barang dagangan atau display produk agar tetap rapi dan bersih.

    2. Jika saya menjadi manajer toko saya akan memberitahukan karyawan-karyawan yang bekerja ditoko untuk membersihkannya karena dengan bersihnya suatu toko maka konsumen akan merasa nyaman saat berbelanja sehingga pengalaman berbelanja semakin meningkat

    BalasHapus
  12. Nama : Purwanti
    Kelas : XII BDP 1
    Sebagai pramuniaga sebaiknya jika suatu barang datang dari supplier terlebihnya melakukan pengecekan barang apakah barang yang datang tersebut sesuai dengan yang dipesan .
    Setelah pengecekan barang sesuai dengan pesan selanjutnya dilakukan pendisplyan dengan rapi dan menarik agar para konsumen tertarik dengan barang tersebut sehingga timbulnya impluse buyying.

    dalam menangani permasalahan toko yang kotor sebaiknya pihak manajer melakukan pengaturan kepada pramuniaga toko untuk menjaga kebersihan toko agar konsumen merasa nyaman saat berbelanja di dalam toko .

    BalasHapus
  13. Nama:Anugerah rissa s
    Kelas:XII BDP 1
    1. Jika saya menjadi pramuniaga langkah pertama yang saya lakukan adalah mengecek barang yang dipesan oleh toko sesuai atau tidaknya barang yang dipesan, jika menemukan barang yang rusak atau busuk maka akan direturn
    (dikembalikan), memeriksa kualitas barang yang dikirim, setelah itu menata barang dagangan dengan baik dan benar,merawat display produk agar tetap rapi dan bersih.

    2. Jika saya menjadi manajer toko saya akan meminta karyawan-karyawan yang bekerja ditoko untuk membersihkannya karena dengan bersihnya suatu toko maka konsumen akan merasa nyaman saat berbelanja sehingga pengalaman berbelanja semakin meningkat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENATAAN PRODUK XII KD3.15 STOCK FLOOR atau PERSEDIAAN BARANG

PENATAAN PRODUK XII KD 3.16 KEAMANAN TOKO

PENATAAN PRODUK XII KD.17 EVALUASI TAMPILAN PENATAAN PRODUK