PKK XI KD3.4 KEBUTUHAN SUMBER DAYA USAHA
PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN XI
SMK MUHAMMADIYAH 2 NGAWI
KD 3.4 KEBUTUHAN SUMBER DAYA USAHA
KELAS : XI BDP
GURU : HABIBAH, SE
3.4 Menganalisis kebutuhan sumberdaya
usaha |
4.4 Membuat perencanaan kebutuhan sumberdaya usaha |
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian manajemen
2. Peserta
didik dapat mendeskripsikan perencanaan kebutuhan sumber daya usaha
3. Peserta
didik dapat menyusun tahapan pengelolaan Sumber daya bisnis retail
4. Peserta
didik dapat menyusun tahapan pengelolaan sumber daya bisnis online
5. Peserta didik dapat menganalisis kebutuhan
sumber daya bisnis retail
6. Peserta
didik dapat menganalisis kebutuhan sumber daya bisnis online
MATERI
AJAR :
A.
PENGERTIAN MANAJEMEN
Pengelolaan
sumber daya usaha berkaitan dengan ilmu manajemen. Manajemen merupakan suatu
bentuk koordinasi seluruh sumber daya melalui berbagai proses perencanaan,
pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Orang yang mengelola sumber daya disebut
manajer. Seorang manajer berperan penting dalam keberhasilan suatu usaha.
Menurut
Philip Kotlerr fungsi manajemen terdiri dari :
a.
Planning
(perencanaan)
b.
Organizing
(pengelolaan)
c.
Actuating
( tindakan)
d.
Controlling
(pengawasan)
Unsur-unsur
dalam manajemen usaha terdiri atas :
1.
Man (manusia)
2.
Money (uang)
3.
Machines (mesin)
4.
Methods (metode)
5.
Material (bahan)
6.
Market (pasar)
7.
Information (informasi)
PERTEMUAN
19
Anak-anak, Alhamdulillah
pertemuan kali ini kita bahas materi KD 3.4 Tentang Pengelolaan Sumber Daya
Usaha. Sebagai calon wirausaha, kalian harus belajar dan berlatih untuk mengelola
sumber daya usaha. Kegiatan mengelola biasanya dilakukan oleh seorang manajer
atau pimpinan. Kalau kalian mengelola bisnis sendiri walaupun bisnisnya masih
kecil berarti kalian sudah menjadi seorang pengelola atau manajer bagi usaha
kalian sendiri. Dalam pengelolaan usaha ada 6 unsur.
Tugas
pertemuan 19 ini, kalian menguraikan atau
menjelaskan 6 unsur pengelolaan usaha tersebut. Ingat intruksinya menjelaskan bukan
menyebutkan, jadi harus dijelaskan ya …. Sesuai pemahaman kalian. Jawabannya di
tulis di buku dan di ketik di kolom komentar link ini. Jika ada yang kurang
paham silahkan ditanyakan ke bu habibah. Okeyyyy. Bismillah selamat belajar
ria, semoga ilmunya bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.
B.
PERENCANAAN
KEBUTUHAN SUMBER DAYA USAHA
Perencanaan adalah fungsi manajemen yang
paling pokok dan sangat luas, yang meliputi perkiraan dan perhitungan mengenai
kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang sesuai urutan
tertentu. Tujuan perencanaan harus tegas, jelas dan mudah dimengerti,
disesuaikan dengan kondisi yang ada namun harus tetap fokus pada tujuan yang
ingin dicapai.
Perencanaan yang baik adalah harus perpedoman kepada
perencanaan jangka panjang dan menyeluruh, bukan untuk kepentingan jangka
pendek.
Sumber daya usaha dibidang jasa dan
dagang merupakan sumber daya yang mampu mengombinasikan antara sumber daya
alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal. Seorang wirausaha harus mampu
menyatukan sumber daya yang ada agar dapat menciptakan produk yang sesuai
dengan yang diharapkan. S
Ada beberapa perencanaan kebutuhan
sumber daya usaha, antara lain :
1.
Perencanaan
Produk
Produk
yang akan diproduksi harus direncanakan secara matang dan sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan konsumen. Efisiensi biaya produksi dan efektifitas
produk sehingga diterima oleh konsumen harus diperhatikan oleh wirausaha.
2.
Perencanaan
Pasar
Pemasaran
merupakan ujung tombak keberhasilan usaha. Sebagus apapun produk yang kita
miliki, tanpa didukung oleh pemasaran yang baik maka tidak berarti. Bagian
pemasaran harus mampu menciptakan image
bahwa produk kita baik dan berkualitas serta menciptakan pembeda atau
differensia produk agar produk kita memiliki ciri khas pembeda dari produk yang
lain dan bisa masuk kebenak konsumen.
Didalam mencapai target pemasaran,
ada beberapa hal yang harus dilakukan agar pemasaran dapat berhasil dengan
baik, yaitu :
a.
Menentukan
lokasi atau tempat usaha yang strategis
b.
Selalu
menambah wawasan dan pengetahuan sehinga kita bisa up to date tentang informasi terbaru dari dunia bisnis.
c.
Memiliki
produk yang menarik dan khasdari produk lain yang sejenis
d.
Menetapkan
harga bersaing
e.
Kualitas
peleayan
f.
Tidak
bosan belajar dari siapa saja agar bisa maju
g.
Menjaga
kejujuran, kualitas makanan
h.
Selalu
menjaga hubungan baik dengan para pelanggan
i.
Selalu
mencari peluang baru dan melakukan inovasi
j. Meningkatkan ibadah, beramal dan berdoa kepada Tuhan
PERTEMUAN
20
Anak-anak,
Alhamdulillah pada pertemuan ini kita bahas PART B tentang PERENCANAAN SUMBER
DAYA USAHA. Sebagai calon wirausaha, kalian harus belajar dan berlatih menyusun
perencanaan dalam kehidupn sehari-hari. Kalau sudah terbiasa hidup dengan
perencanaan yang baik, maka akan mudah dalam menyusun perencanaan usaha.
Sebagai calon wirausaha, kalian harus mampu membuat perencanaan
sumber daya usaha. Adapun sumber daya usaha ada 4 seperti yang dijelaskan di atas. Dari 4 sumber
tersebut, nanti kalian kombinasikan atau di mix dan akan menjadi sebuah usaha.
Baiklah, setelah membaca materi ini tolong tulis di kolom
komentar, menurut pendapat anda Apa sumber daya usaha itu??
3.
Perencanaan
Keuangan
Seorang
wirausaha membutuhkan perencanaan keuangan yang berbeda dengan seorang yang
berpendapatan tetap. Seorang wirausaha dituntut untuk lebh bijak da disiplin
mengelola keuangan. Adapun yang paling penting adalah harus memisahkan keuangan
usaha dengan keuangan pribadi.
Seorang
wirausaha, harus memiliki catatan keuangan yang digunakan untuk mengetahui
dengan pasti jumlah modal, biaya operasional yang dikeluarkan, dan keuntungan
yang diperoleh setiap hari. Catatan keuangan tersebut, berfungsi sebagai control
untuk mengetahui kepastian keuntungan yang dapat digunakan untuk kepentingan
pribadi, dan bagian mana yang harus disisihkan untuk di tabung dan digunakan
untuk tambahan modal dalam rangka untuk pengembangan usaha.
4.
Perencanaan
Tenaga Kerja
Tenaga
kerja atau SDM adalah jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menghasilkan sejumlah
produk dalam satu waktu tertentu. Ketenagakerjaan merupakan faktor utama yang
menjadi tolak ukur segala kegiatan. Oleh karena itu, setiap keberhasilan atau
kegagalan sebuah usaha, maka yang mennjadi sorotan utamanya adalah tenaga
kerja. Mulai dari pimpinan sampai bawahan.
a.
Merencanakan
Kebutuhan Tenaga Kerja
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam merekrut tenaga kerja adalah kompetensinya yang
meliputi keterampilan dan pengalaman
serta spesialisasinya, sikap dan pengetahuan. Dalam rangka merencanakan kebutuhan
jumlah tenaga kerja, langkah yang harus dilakukan yaitu menyusun program recruitment (penarikan),penyeleksian dan
penempatan tenaga kerja.
Adapun
intisari dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja adalah menganalisis dan
menentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan, baik dari segi
kualitatif maupun kuantitatif.
Beberapa
langkah perhitungan untuk recruitment
kebutuhan jumlah tenaga kerja, sebagai berikut :
Analisis
bahan kerja dan analisis angkatan kerja
Job analysis dan
job description
Operasional
b.
Teknik
Penempatan dan Sumber Tenaga Kerja
Teknik penetapan tenaga kerja
Sumber tenaga
kerja
C.
PENGELOLAAN
SUMBER DAYA MANUSIA
1.
Pengertian
Manajemen
Manajemen
adalah proses kegiatan seorang pimpinan yang meliputi perencanaan,
pengorganisasian, pengelolaan, pengawasan dan pengendalian usaha untuk mencapai
tujuan melalui kerjasama dengan pihak yang berkepentingan dalam memajukan
perusahaan.
2.
Alat-alat
Manajemen
Manajemen
merupakan koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan,
pengoragisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun yang diatur oleh manajemen dikenal
dengan 6 M yaitu :
a.
Man (Sumber daya
manusia)
b.
Money (uang)
c.
Materials (bahan baku)
d.
Machine (mesin)
e.
Methode (metode)
f.
Market (pasar)
Selain
6 M, alat manajemen yang lain yaitu marketing
mix (bauran pemasaran) yang dikenal 4P :
a.
Product
b.
Price
c.
Placement
d.
Promotions
PERTEMUAN
21
Anak-anak,
pertemuan
ini kita bahas tentang Perencanaan
Keuangan dan Perencanaan Tenaga Kerja, dilanjutkan ke materi Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Materi
ini sangat bagus untuk di pelajari oleh calon wirausaha. Jadi wirausaha tidak
hanya menentukan ide bisnis, tidak hanya membuat produk, tidak hanya mencatat
administrasi tetapi juga HARUS BISA
MENGELOLA SUMBER DAYA USAHA. Sumber daya usaha itu apa aja ?? silahkan baca an
pahami materinya. Jika ada yang kurang paham silahkan di tanyakan ke bu
Habibah. Okeyyy. Sebagai bukti kalian sudah baca materi ini, tolong kettik di
kolom komentar, menurut pendapat Anda Pengelolaan Sumber Daya Usaha itu apa sih
? Selamat belajar ria. Semoga ilmunya bermanfaat, aamii. Sukses selalu untuk
lain …
PENJELASAN
TENTANG MARKETING MIX (4 P)
a.
Product (produk)
Produk adalah semua hal yang ditawarkan
ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di
konsumsi agar dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.
Menentukan
produk yang akan ditawarkan ke pasar umumnya menjadi langkah paling awal. Ide
mengenai produk bisa di dapat dari berbagai sumber. Cara termudah adalah dengan
membandingkan langsung produk sejenis yang ingin di jual, misalnya produk yang
ingin di jual jenis minuman, maka kita harus membandingkan aneka jenis minuman
yang ada dan melakukan riset mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk
minuman tersebut.
Hasil dari riset diharapkan dapat
memberikan informasi yang lebih akurat bagi wirausaha mengenai prospek pasar
yang akan di bidik atau dijadikan target dan produk seperti apa yang diinginkan
oleh target pasar.
Adapun produk yang dipasarkan meliputi
barang fisik, jasa, pengelaman, peristiwa, orang, tempat property, organisasi,
dan gagasan. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa produk
tidak hanya berupa barang tetapi juga jasa.
b.
Price (harga)
Harga adalah sejumlah uang yang harus
dikeluarkan untuk mendapatkan yang diinginkan. Penetapan harga pada suatu
barang sangat diperlukan dalam strategi pemasaran, karena perusahaan yang mampu
menetapkan harga yang tepat akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Cara menentukan harga pada umumnya
berdasarkan perhitungan biaya di tambah persentase margin, dimana persentase
margin tersebut merupakan keuntungan yang ditentukan oleh perusahaan.
Adapun strategi penetapan harga yang
sering dilakukan oleh perusahaan sebagai berikut :
1.
Strategi
penetapan harga produk baru
Prinsip
penetapan harga untuk produk baru adalah agar
produk baru mampu memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan pasar
dengan dukungan penetapan harga yang tepat. Penetapan harga (pricing) untuk
produk baru dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
Skimming
pricing yaitu penetapan harga dengan berusaha menjual harga yang lebih tinggi
sebelum membidik konsumen yang lebih peka terhadap harga.
Penetration
pricing yaitu penetarapan harga dengan berusaha menjual kepada pasar dengan
harga murah yang bertujuan agar produk lebih mudah diterima oleh pasar.
2.
Strategi
penetapan harga yang sudah mapan
Strategi
ini diterapkan sebagai hasil peninjauan kembali oleh perusahaan tentang
strategi penetapan harga yang sedang diberlakukan di pasar.
3.
Strategi
fleksibilitas harga
Harga
perlu ditetapkan fleksibel, bila pemasaran produk memerlukan penyesuaian
karakteristik lokasinya. Dalam hal ini, perusahaan dihadapkan pada plihan
strategi antara strategi harga tunggal dengan strategi harga fleksibel.
a.
Strategi
harga tunggal
Dengan
strategi satu harga, pada prinsipnya perusahaan menghendaki penurunan pada
biaya penjualan atau biaya administrasi, margin keuntungan yang konsistan,
citra pelanggan dan pertumbuhan pasar yang stabil.
b.
Strategi
harga fleksibel
Strategi
ini bertujuan memberikan fleksibilitas harga dengan jalan memungkinkan setiap
penyesuaian harga, baik lebih tinggi atau lebih rendah dari harga saat ini guna
meraih keuntungan jangka panjang.
4.
Strategi
penetapan harga lini produk
Strategi
lini produk ini mendasarkan pada keterkaitan antara dampak setiap produk
terhadap lininya untuk keperluan penetapan harga. Tujuan strategi ini untuk
memanfaatkan keseluruhan lini produk untuk memaksimalkan laba.
5.
Strategi
leasing
Leasing merupakan suatu
kontrak persetujuan antara pemilik aktiva sebagai pihak pertama, dan pihak
kedua yang memanfaatkan aktiva tersebut untuk jangka waktu tertentu dengan return tertentu.
6.
Strategi
bunding pricing
7.
Strategi
kepemimpinan harga
8.
Strategi
penetapan harga untuk membentuk pangsa pasar
c.
Placement (jalur
distribusi)
Jalur
distribusi adalah orang atau badan usaha yang beroperasi di antara produsen dan
konsumen. Ada tiga aspek yang berkaitan dengan keputusan tentang distribusi,
yaitu :
1.
Ssitem
transportasi
2.
Sistem
penyimpanan
3.
Pemilihan
jalur distribusi
d.
Promotions (promosi)
Promosi
adalah arus informasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau
organisasi kepada tindakan yang menciptakan perkiraan dalam pemasaran. Promosi
merupakan komponenpenting yang berguna untuk mengomunikasikan produk. Produsen
dituntut tidak hanya menciptakan produk yang bermutu, menetapkan harga yang
menarik, tetapi harus mengusahakan agar produk yang dihasilkan dapat dipasarkan
dengan mudah dan lancar serta menyebarluaskan informasi tentang kehadiran
produk, ketersediaan, ciri – ciri serta manfaat produk bagi pelanggan.
A.
MANAJEMEN SUMBER
DAYA USAHA BISNIS ONLINE
1.
Pengembangan
Sumber Daya Manusia untuk Industri Internet dan Bisnis Online
Menurut Oetomo (2002) internet merupakan
singkatan dari international network
yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana
jaringan tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil saling terhubung antara
yang satu dengan lainnya.
Untuk
mencapai keberhasilan bisnis, suatu usaha yang memanfaatkan internet harus
menerapkan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dengan segala skill yang dimiliki.
Tahapan yang perlu dilakukan oleh
setiap organisasi dalam membentuk kepribadian karyawan yang siap berjuang dalam
mencapai tujuan perusahaan, antara lain:
a.
Memberikan
pelatihan
Pelatihan
sangat bermanfaat untuk memberikan wacana kepada karyawan. Banyak hal yang bisa
disampaikan dalam pelatihan diantaranya, cara melakukan business internet, cara memupuk rasa percaya diri, cara melawan
rasa takut, cara berpikir positif dan masih banyak lagi hal yang penting yang
perlu disampaikan hingga akhirnya yang perlu disampaikan hingga akhirnya mampu
membentuk karyawan dengan kualitas baik.
b.
Penerapan
atau implementasi
Setelah
karyawan mendapatkan pelatihan sesuai kebutuhan pada masing-masing bidang, maka
tahapan selanjutnya menerapkan atau mengimplementasikan hal yang telah
dipelajari dalam dunia kerja. Penerapan ini termasuk bagian dari pengembangan
sumber daya manusia.
c.
Evaluasi
Dalam
menjalankan bisnis di bidang internet, pengetahuan tentang teknologi memang
sangat diperlukan. Setelah melalui proses pelatihan, maka karyawan harus
menerapkannya dalam dunia kerja. Selama proses ini, perusahaan terus melakukan
evaluasi kinerja dari para karyawan. Hal ini menjadi poin penting untuk
megetahui kualitas dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan itu
sendiri. Dalam tahap ini, perusahaan bisa mengetahui seberapa efektif tahap
pelatihan yang telah diberikan oleh perusahaan.
2.
Tujuan
Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Business
Internet
Pengembangan sumber daya manusia
merupakan faktor penting yang sangat diperlukan dalam pengembangan bisnis
apapun. Tujuan diadakannya pengembangan sumber daya manusia, yaitu :
a.
Untuk
meningkatkan kinerja karyawan
b.
Untuk
mewujudkan karyawan yang berkualitas
c.
Untuk
memaksimalkan pencapaian perusahaan
d.
Untuk
mempertahankan eksistensi bisnis
Dengan
sumber daya manusia yang berkualitas, sangat membantu dalam mewijudkan bisnis
menuju puncak keberhasilan. Oleh karena itu, pengembangan sumber sumber daya
manusia di bidang business internet
sangat penting agar setiap karyawan bisa bekerja secara maksimal dengan
pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan bidang masing-masing.
3.
Teknologi dalam
Menjalankan Business Internet
Teknologi
bulakan lagi keinginan, melainkan sebuah kebutuhan dalam dunia business. Ada 6 (enam) hal yang dapat
dilakukan bagi pelaku bisnis dengan bantuan teknologi :
a.
Mempromosikan
produk
b.
Memabangun
dan menjaga relasi bisnis
c.
Mengontrol
jalannya bisnis
d.
Mengelola
keuangan perusahaan
e.
Analisis
f.
Menjaga
keamanan data.
PERTEMUAN 23
Anak-anak, pertemuan kali ini kita bahas penjelasan kelanjutan materi sebelumnya tentang marketing mix. Marketing mix sangat penting dalam dunia bisnis karena merupakan salah satu strategi pemasaran. Tolong materinya dibaca dan dipahami karena strategi penentuan produk, menentukan harga, pleacement dan promotion perlu kita kuasai. Selanjutnya kita bahas materi Part D yaitu MANAJEMEN SUMBER DAYA USAHA BISNIS ONLINE. Bisnis online saat ini lagi booming, jadi kita ketinggalan jaman jika HANYA BERDIAM DAN DIAM TANPA MENCOBA LATIHAN BISNIS ONLINE KARENA BISNIS ONLINE SANGAT MUDAH DAN TANPA MODAL JUGA BISA. Kalian tinggal megang HP, cari informasi tentang produk, tentang toko onlinenya yang akan menjadi mitra kerja kita, cari konsumen yang cocok dengan produk kita, tentatukan harga yang bersaing dan promosi yang menarik. Cari banyak teman sebanyak-banyaknya agar sasaran promosi dan target market kita lebih luas.Segera Bergerak dan mencoba latihan bisnis, itu merupakan modal kalian untuk menjadi wirausaha muda yang sukses.
E. MANAJEMEN SUMBER DAYA BISNIS RETAIL
Manajemen sumber daya manusia adalah
suatu bidang manajemen yang fokus pada pegelolaan sumber daya manusia dengan
seefektif mungkin dan bertujuan memperoleh suatu ketentuan tenaga kerja yang
memuaskan.
Di Indonesia perkembangan bisnis retail
sudah seperti di Negara-negara yang sudah maju. Khususnya, di kota-kota besar
seperti Bandung, Jakarta, Palembang, Surabaya, medan dan Makassar.
Adanya kondisi tersebut, meneybabkan
produsen akan lebih jeli dalam menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage) sebelum terjun ke
pasar sasaran. Hal ini harus di dukung oleh sumber daya manusia yang memiliki
potensi, andal, loyal serte dedikasi terhadap kelangsungan bisnis retail.
Sumber daya manusia memiliki peran
penting dalam pengelolaan bisnis retail, karena membeutuhkan kesiapan
pengelolaan sumber daya manusia yang mengetahi keteramilan, baik hard skill mapun soft skill dalam manajerial penjualan retail dan memiliki kepekaan
dalam melihat peluang agar dapat memiliki kompetensi untuk bertahan dalam
bisnis retail.
Terdapat berbagai posisi karier yang
diperlukan dalam bisnis retail, diantaranya pengelola retail atau manajer,
pramuniaga, kasir, customer service, kepala
gudang, pemasok barang dagangan, security, administrasi dan lainnya.
Untuk membangun kekuatan kerja secara
aktif dan mengurangi tingkat perputaran karyawan, maka pengelolan sumber daya
manusia perlu memberikan motivasi dan koordinasi terhadap aktivitas karyawan
dengan pendekatan secara umum sebagai berikut :
1.
Menerapkan
strategi sumber daya
2.
Membuat
perencanaan sumber daya, yang meliputi analisis kerja, merekrut, melatih,
meyeleksi, mengawasi, mengevaluasi, dan memberikan kompensasi.
PERTEMUAN
24
Anak-anak, untuk
pertemuan hari ini kita bahas tentang Manajemen
Sumber Daya Bisnis Retail. Tolong materinya dibaca dan dipahami siapa tahu
nanti diantara kalian ada yang berakat menjadi seorang manajer ataupun menjadi
pebisnis. Anak-anak, Manajemen Sumber daya bisnis Retail ini, membahas tentang
seorang manajer atau pengelola dalam mengelola bisnis retail. Tentunya yang
perlu di kelola tentang banyak hal, kita mulai dari pengelolaan sumber daya
manusia yaitu mengelola tentang manusia atau karyawan yang dibutuhkan dalam
bisnis retail.
TUGAS
1 SETELAH PTS :
Berikan
komentar di kolom kementar.
Dari
paparan penjelasan di atas, dijelaskan bahwa terdapat banyak karier dalam
bisnis retail. Pertanyaannya adalah :
1. Kalian ingin terjun dalam karier yang mana ?
2. Apa soft skill
dan hard skill yang kalian miliki
yang dapat mendukung karier kalian?
Bismillah,
semangat belajar ria semoga belajar kita dicatat sebagai amal sholih dan
bermanfaat untuk kita dunia dan akhirat. Aamiin.
F.
MANAJEMEN SUMBER
DAYA BISNIS ONLINE
Saat
ini trend bisnis online sangat meluas
untuk seluruh lapisan masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan. Bisnis online menawarkan berbagai kemudahan
baik bagi para pelaku bisnis maupun customer.
Modal yang ringan dan pengelolaan bisnis yang mudah dalam mengembangkan bisnis
online, banyak start up bisnis bermunculan untuk terjun dalam bisnis ini,
termasuk para pelajar tidak mau ketinggalan untuk action dalam dunia bisnis online.
Banyaknya
peminat dalam menggeluti bisnis online menyebabkan persaingan semakin ketat,
sehingga para pelaku bisnis online dituntut cerdas dan responsive terhadap
kondisi pasar. Selain itu tingginya persaingan dapat memicu motivasi pelaku
bisnis untuk terus exist dan meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi customer untuk meningkatkan loyalitas customer sehingga mampu bertahan dalam
persaingan bisnis.
Untuk
mencapai keberhasilan dalam bisnis online,
maka perlu menerapkan pengembangan sumber daya manusia untuk menciptakan SDM
yang unggul dan berkualitas dengan skill
bisnis yang dimiliki.
Tahapan
yang perlu dilakukan oleh organisasi dalam membentuk kepribadian karyawan (SDM)
yang siap berjuang dalam mencapai tujuan perusahaan, antara lain :
a.
Memberikan pelatihan bisnis online
b.
Penerapan atau implementasi ilmu dalam dunia bisnis online
c.
Evaluasi
tentang hal yang telah dilaksanakan
Tujuan
pengembangan sumber daya manusia di bidang bisnis online
a.
Untuk
membantu meningkatkan kinerja karyawan
b.
Untuk
membantu mewijudkan karyawan yang berkualitas
c.
Untuk
memaksimalkan pencapaian perusahaan
d.
Untuk
membantu mempertahankan eksistensi bisnis
Melihat beberapa tujuan diatas,
menunjukkan bahwa sumber daya manusia yang berkualitas memiliki peran yang sangat
penting dalam mengembangkan bisnis. Apalagi melihat tingginya persaingan, maka
SDM dituntut untuk kompeten dalam bidangnya dan memiliki daya saing yang kuat
sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan (competitive advantage) dalam dunia bisnis.
Tekonologi dalam menjalankan bisnis
online
Mengingat
manfaat yang luar biasa dari perkembangan teknologi, sehingga pada era 4.0 teknologi
merupakan sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Termasuk dalam pengembangan bisnis
online, teknologi berperan penting dalam memberikan kemudahan bagi para pelaku
bisnis dan customer bisnis online.
Ada
6 hal yang dapat dilakukan bagi pebisnis dengan bantuan teknologi :
1.
Mempromosikan
produk
2.
Membangun
dan menjaga relasi bisnis
3.
Mengontrol
jalannya bisnis
4.
Mengelola
keuangan perusahaan
5.
Analisis
6.
Menjaga
keamanan data
PERTEMUAN
25
Anak-anak, pertemuan
kali ini kita bahas tentang Sumber Daya Bisnis Online. Saat ini bisnis online merupakan bisnis yang sangat
menjanjikan, karena sangat mudah untuk di lakukan dan modalnya sangat ringan.
Modal kalian hanya berani mencoba saat ini, berani promosi yang menarik, cari
banyak relasi dan teman untuk di promosikan, mampu memanfaatkan teknologi seperti media online (WhatsAap, IG, FB dan
lainnya). Kalaunpun dari kalian ada yang sudah mencoba bisnis online tapi tidak
berhasil, tidak perlu berkecil hati karena kalian dapat PENGALAMAN dari hal
tersebut. CARI PENGALAMAN SEBANYAK-BANYAK DALAM DUNIA BISNIS, MISALNYA MENCOBA
BINSIS ONLINE BAJU GAGAL, BISNIS ONLINE KOSMETIK GAGAL, BISNIS INI GAGAL …. DI
COBA DAN COBA TERUS, BELAJAR DARI PENGALAMAN ITU, KARENA SEMAKIN BANYAK
PENGALAMAN BISNIS MAKA BAKAT KALIAN DAN JALAN REZEKI KALIAN AKAN TERBUKA DAN
AKAN KELIHATAN. SELALU EVALUASI TENTANG APA YANG SUDAH KALIAN LAKUKAN, YANG
KURANG APA? YANG PERLU DIPERBAIKI YANG MANA? YANG PERLU DIKEMBANGKAN YANG MANA?
DAN JANGAN LUPA SHOLAT DAN BERDOA, IN SYA ALLAH BAKAT DAN JALAN REZEKI KALIAN
AKAN DITUNJUKKAN OLEH ALLAH TAALA, AAMIIN. Tetap semangat anak-anakku, dunia
tak selebar daun kelor, dunia ini sangat luas jadi jangan merasa sempit dengan
kondisi sulit. Segera bergerak dan mencoba in sya Allah akan segera sampai pada
tujuan yang kalian ingin kan. Bismillah, semangattt ya…. Untuk nilai keaktifan,
tolong beri komentar di kolom komentar tentang SDM unggul. Menurut pendapat
kalian SDM Unggul itu apa? Apakah kalian sudah termasuk SDM Unggul? Selamat belajar ria ….
Nama:Devi saputri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
No.abs:06
Brainly.co.id
Apa pertanyaanmu?
1
siva6102
26.10.2017
Seni
Sekolah Menengah Pertama
+5 poin
Terjawab
Jelaskan dengan singkat 6 unsur yang terdapat dalam manajemen!
1
LIHAT JAWABAN
Masuk untuk menambahkan komentar
Jawaban
3,6/5
30
muetyapermatadara1
Gemar Membantu
8 jawaban
822 orang terbantu
1. Man (Sumber daya Manusia)
Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.
2. Money (uang)
Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.
Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.
Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga discount khusus dari vendor.
3. Materials (bahan baku)
Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.
Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.
4. Machines (Peralatan Mesin)
Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.
Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.
5. Methods (metode)
Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.
Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.
6. Market (pasar)
Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.
Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.
Nama: Anggun Larasati
BalasHapusKelas :XI BDP2
No.absen:03
1. Man (Sumber daya Manusia)
Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.
2. Money (uang)
Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.
Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.
Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga discount khusus dari vendor.
3. Materials (bahan baku)
Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.
Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.
4. Machines (Peralatan Mesin)
Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.
Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.
5. Methods (metode)
Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.
Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.
6. Market (pasar)
Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.
Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.
Enam unsur manajemen diatas saling berkaitan erat satu sama lainnya, dan masing-masing elemen sangat penting dalam rangka penerapan fungsi manajemen untuk mencapai hasil yang masimal dan efisiensi dalam aktifitas perusahaan.
Nama: Eva triastuti
BalasHapusKelas: XI BDP2
No.absen: 10
1. Man (Sumber Daya Manusia)
Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen.
2. Money (Uang)
Untuk menjalankan aktivitasnya, manajemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat, pembelian bahan baku/material, pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya. Pengelolaan uang yang baik akan berpengaruh terhadap sukses tidaknya sebuah manajemen yang dilakukan. Oleh karena itu, pengelolaan uang harus dilakukan secara rasional agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai.
3. Machines (Mesin)
Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan. Dengan perkembangan teknologi, penggunaan mesin semakin canggih dan modern, sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam proses produksi dan pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif dengan hasil lebih banyak.
4. Methods (Metode)
Dalam manajemen diperlukan adanya beberapa metode untuk menentukan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilakukan. Serangkaian prosedur dan instruksi ditetapkan dengan mempertimbangkan pada tujuan yang hendak dicapai, fasilitas yang tersedia, waktu, uang, dan kegiatan bisnis. Metode-metode tersebut ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku (SOP), yang berperan untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor-faktor produksi, sehingga semua pekerjaan bisa berjalan secara Efektif dan Efisien.
5. Material (bahan baku)
Untuk memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku. Ketersediaan bahan baku sangat vital dalam proses produksi, baik berupa bahan setengah jadi (raw material) maupun bahan jadi.
6. Market (Pasar)
Untuk bisa memasarkan hasil produksinya dengan baik, perusahaan wajib memahami pemasaran dengan baik. Pemasaran produk sangat penting untuk kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diproduksi tidak laku atau tidak minati oleh konsumen. Artinya pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi perusahaan.
1. Man (manusia)
BalasHapusManusia adalah unsur terpenting dalan ber bisnis karena manusia lah yang nenjalankan bisnis
2. Money (uang)
Uang adalah alat untuk pembayaran yang sah tetapi sekarang sudah dikalah kan olen uang elektronik (E-money)
3. Machines (mesin) mesin adalah alat perlekapan/pembuatan dalam memperoduksi suatu produk
4. Methods (metode) metode dalan memasarkan suatu produk atau produksi
5. Material (bahan) bahan untuk produksi produk
6. Market (pasar) pasar adalah tempat kita menjual produk.
Nama:Ridatul latifah
BalasHapusKelas:XI BDP2
NO. :20
1.Man(manusia)
Manusia merupakan penggerak utama untuk menjalankan fungsi² manajemen.
2.Money(uang)
Uang adalah alat tukar dan alat pengatur nilai
3.Machine(mesin)
Mesin adalah alat untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja
4.Methods(metode)
Metode adalah suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan
5.Material(bahan)
Bahan terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi
6.Market(pasar)
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendiskusikan barang, Jasa kepada pasar sasarannya
Nama : Nur kholis
BalasHapusKelas : XI BDP 2
No.abs: 17
1. Man (Sumber daya Manusia)
Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut.
2. Money (uang)
Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.
Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.
3. Materials (bahan baku)
Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.
4. Machines (Peralatan Mesin)
Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.
Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.
5. Methods (metode)
Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.
Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.
6. Market (pasar)
Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.
Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.
BalasHapusNama: jeins miftahul jannah
Kls: 11 bdp1
Absen: 14
1. Man (Sumber Daya Manusia)
Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen.
2. Money (Uang)
Untuk menjalankan aktivitasnya, manajemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat, pembelian bahan baku/material, pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya. Pengelolaan uang yang baik akan berpengaruh terhadap sukses tidaknya sebuah manajemen yang dilakukan. Oleh karena itu, pengelolaan uang harus dilakukan secara rasional agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai.
3. Machines (Mesin)
Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan. Dengan perkembangan teknologi, penggunaan mesin semakin canggih dan modern, sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam proses produksi dan pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif dengan hasil lebih banyak.
4. Methods (Metode)
Dalam manajemen diperlukan adanya beberapa metode untuk menentukan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilakukan. Serangkaian prosedur dan instruksi ditetapkan dengan mempertimbangkan pada tujuan yang hendak dicapai, fasilitas yang tersedia, waktu, uang, dan kegiatan bisnis. Metode-metode tersebut ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku (SOP), yang berperan untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor-faktor produksi, sehingga semua pekerjaan bisa berjalan secara Efektif dan Efisien.
5. Material (bahan baku)
Untuk memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku. Ketersediaan bahan baku sangat vital dalam proses produksi, baik berupa bahan setengah jadi (raw material) maupun bahan jadi.
6. Market (Pasar)
Untuk bisa memasarkan hasil produksinya dengan baik, perusahaan wajib memahami pemasaran dengan baik. Pemasaran produk sangat penting untuk kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diproduksi tidak laku atau tidak minati oleh konsumen. Artinya pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi perusahaan.
Nama. : Adelia Putri Anggrayani
BalasHapusNo. : 01
Kelas.: XI BDP 2
1.Man(manusia)
Manusia merupakan penggerak utama untuk menjalankan fungsi² manajemen.
2.Money(uang)
Uang adalah alat tukar dan alat pengatur nilai.
3.Machine(mesin)
Mesin adalah alat untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja.
4.Methods(metode)
Metode adalah suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan .
5.Material(bahan)
Bahan terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi.
6.Market(pasar)
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendiskusikan barang, Jasa kepada pasar sasarannya.
Nama :Nur Hanifah
BalasHapusNo.abs :18
Kelas :XI BDP 1
Tugas Pertemuan 19 :
1.Man(Sumber Daya Manusia)
Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen. Pada unsur sumber daya manusia ini harus diperhatikan beberapa hal,yaitu :
-Jumlahnya, harus sesuai dengan kebutuhan dan formasi Persyaratan seperti, keahlian,kemampuan, ketrampilan,pendidikan, dan pengalaman.
2.Money(uang).
Untuk menjalankan aktivitasnya,manejemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat, pembelian bahan baku/ material,pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya.
3.Machines(Mesin).
Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan.
4.Methods(Metode).
Metode-metode tersebut ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku (SOP),yang berperan untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor- faktor produksi,sehingga semua pekerjaan bisa berjalan secara Efektif dan Efesien.
5.Material(bahan).
Untuk memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku. Ketersediaan bahan baku sangat vital dalam proses produksi, baik berupa bahan setengah jadi(raw material) maupun bahan jadi.
6.Market(Pasar).
Pemasaran produk sangat penting untuk kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diprodusi tidak laku atau tidak diminati oleh konsumen. Artinya, pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi perusahaan.
Nama :Nur Hanifah
BalasHapusNo.abs :18
Kelas :XI BDP 1
Tugas Pertemuan 19 :
1.Man(Sumber Daya Manusia)
Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen. Pada unsur sumber daya manusia ini harus diperhatikan beberapa hal,yaitu :
-Jumlahnya, harus sesuai dengan kebutuhan dan formasi Persyaratan seperti, keahlian,kemampuan, ketrampilan,pendidikan, dan pengalaman.
2.Money(uang).
Untuk menjalankan aktivitasnya,manejemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat, pembelian bahan baku/ material,pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya.
3.Machines(Mesin).
Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan.
4.Methods(Metode).
Metode-metode tersebut ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku (SOP),yang berperan untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor- faktor produksi,sehingga semua pekerjaan bisa berjalan secara Efektif dan Efesien.
5.Material(bahan).
Untuk memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku. Ketersediaan bahan baku sangat vital dalam proses produksi, baik berupa bahan setengah jadi(raw material) maupun bahan jadi.
6.Market(Pasar).
Pemasaran produk sangat penting untuk kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diprodusi tidak laku atau tidak diminati oleh konsumen. Artinya, pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi perusahaan.
Nama:Lilik susanti
BalasHapusKelas:XI bdp 2
No. Abs:13
1.Man(manusia)
Manusia merupakan penggerak utama untuk menjalankan fungsi² manajemen.
2.Money(uang)
Uang adalah alat tukar dan alat pengatur nilai.
3.Machine(mesin)
Mesin adalah alat untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja.
4.Methods(metode)
Metode adalah suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan .
5.Material(bahan)
Bahan terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi.
6.Market(pasar)
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendiskusikan barang, Jasa kepada pasar sasarannya.
Nama:Nila safitri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
NO.absen:16
1.Man(sumber daya Alam)
Unsure manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia manusia yang membuat perencanaan Dan mereka Pula yang melakukan proses untuk melakukan tujuan tersebut.tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak Ada proses kerja sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.
2.money (uang)
Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidaka akan bisa terlepas dari biaya yang di ukur dengan satuan sejumplah uang
Dengan ketersediaan uang atau Dana yang menandai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumplah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu mendapatkan laba yang maksimal
Pembelian bahan material atau bahan Baku nilainya akan jatuh lebih murah jika di lakukan dengan pembayaran tunai begitu Pula dengan jumplah atau quantity semakin banyak quantity yang di pesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga di scount khusus dari vendor .
3.materials(bahan Baku)
Ketersediaan bahan Baku atau material sangat vital dalam proses produksi.tanpa bahan Baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu yang di jual di butuhkan tenaga kerja ahli untuk mengolah bahan Baku menjadi barang jadi atau setengah jadi sumber daya manusia Dan bahan Baku yang sangat berkaitan erat sama lain Dan tidak bisa di pisahkan
4.machines(perlalatan mesin)
Untuk mengolah bahan Baku menjadi barang jadi di butuhkan seperangkat mesin Dan perlalatan kerja .dengan adanya mesin maka waktu yang di butuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat Dan efisien
Di damping efisien ,tingkat kesalahan manusia atau human error dapat di minimalisir ,namun di butuhkan sumber daya yang handal Dan bahan Baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal
5.methods(metode)
Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumplah unsur-unsur diatas di butuhkan suatu metode atau standart oportional prosedur yang Baku
Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri Dan masing-masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan
6.market(pasar)
Konsumen atau pasar merupakan elemens yang sangat penting Tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dari segala aktifitas perusahaan akan vakum
agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki startegi pemasaran yang handal Dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga kualitas maupun kuantitas
enam unsur manajemen diatas saling berkaitan erat satu sama lainnya Dan masing -masing elemen sangat terpenting dalam rangka penerapan fungsi manajemen untuk mencapai hasil yang maksimal Dan efisensi dalam aktifitas perusahaan
Nama :iroh harsiti
BalasHapusKelas :BDP 1
Noabs:13
1.man (sumber daya manusia)
Sumber Manusia sangat penting untuk adaya proses manajemen mulai dari perencanan sampai produlai
2.uang (money)
Uang sangat penting agar tujuan yang diinginkan tercapai untuk menjalan usaha sebagai modal
3.material ( bahan baku )
Ini sangat dibutuhkan untuk kegiatan usaha bahan baku akan diolah dan menghasilkan produk baru
4.mesin (machines)
Untuk mempermudah produksi agar pembuatan produk lebih cepat selesai
5.methodes (metode)
Tata cara atau langkah langkah yang dilakukan dalam aktufitas
6.market (pasar)
Pasar harus yang strategis karena pasar akan menghasilakan faktor keberhasilan dari pengusaha
Enam unsur manajemen diatas sangat berkaitan satu sama lain dan kalau kita menerapkan menajemen yang tepat kita mungkin akan berhasil
Nama: Eva triastuti
BalasHapusKlas: XI BDP2
No.absen: 10
Pertemuan ke-20
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama: RETNO EKA SETIYA NINGRUM
BalasHapusKelas XI BDP 2
Nomer 019
Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan
Nama:Devi saputri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
No.abs:06
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama:Nila safitri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
NO.absen:16
Sumber daya adalah segala sumber yang di miliki setiap perusahaan untuk menjalankan aktifitasnya
Nama:Ummul Als Jamal
BalasHapusKelas:XBDP l
No.abs:025
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama. : Adelia Putri Anggrayani
BalasHapusNo. : 01
Kelas. : XI BDP 2
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Dan dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa.
Nama:Ridatul latifah
BalasHapusKelas:XI BDP2
NO. :20
Sumber daya usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya,dan sumber daya usaha dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya(6M)
Nama:Lilik susanti
BalasHapusKelas:XI BDP 2
No. Abs:13
Pertemuan ke-20
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama :Nur Hanifah
BalasHapusKelas :XI BDP 1
No.abs :18
Pertemuan 20
Sumber Daya Usaha adalah Sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan peluang usaha.
Empat kelompok sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha yaitu :
1).Sumber daya material.
2).Sumber daya finansial.
3).Sumber daya manusia.
4).Sumber daya informasi.
Nama : Nur Kholis
BalasHapusKelas : XI BDP 2
no.abs : 17
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.Tanpa adanya sumber daya usaha perusahaan tidak akan berjalan krena..tidak dapat menghasilkan produk barang maupun jasa. Jdi sumber daya usaha sngat pnting dan wajib dimiliki perusahaan
Nama: Jeins miftahul jannah
Kls: 11 bpd 1
Absen: 14
Pertemuan 20
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Pembahasan: Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa
Nama: Anggun Larasati
BalasHapusKelas:XI BDP2
No.absen:03
Pertemuan ke-20
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama: linda astuti
BalasHapusKelas: XI BDP 1
No absen:16
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Pembahasan: Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa.
Nama: Sifa khorina Fadillah
BalasHapusKls:XBDP1
Absen:24
Segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama:Devi saputri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
No.abs:06
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama:Retno Eka setiya ningrum
BalasHapusKelas:XI BDP 2
nomer:019 segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.
Nama:Retno Eka setiya ningrum
BalasHapusKelas:XI BDP 2
nomer:019 segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.
Nama: Anggun Larasati
BalasHapusKelas :XI BDP2
No.absen:03
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Sumber Daya Usaha terdiri dari 6 M, yaitu: Man (Manusia), Money (Uang), Material (Fisik), Machine (Teknologi), Method (Metode) dan Market (Pasar)
Nama:Nila safitri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
NO.absen:16
Sumber daya usaha adalah sumber yang di miliki setiap perusahaan untuk menjalankan aktifitasnya
Nama : EKI DIMILA S
BalasHapusNo:09
Kelas:XI BDP 2
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama: Pitriani
BalasHapusKls:XI BDP I
No abs:19
1. Man (Sumber daya Manusia)
Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.
2. Money (uang)
Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.
Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.
Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga discount khusus dari vendor.
3. Materials (bahan baku)
Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.
Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.
4. Machines (Peralatan Mesin)
Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.
Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.
5. Methods (metode)
Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.
Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.
6. Market (pasar)
Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.
Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.
Enam unsur manajemen diatas saling berkaitan erat satu sama lainnya, dan masing-masing elemen sangat penting dalam rangka penerapan fungsi manajemen untuk mencapai hasil yang masimal dan efisiensi dalam aktifitas perusahaan.
Nama :Nur Hanifah
BalasHapusKelas :XI BDP 1
No.abs :18
Pertemuan 21
Pengelolaan Sumber Daya Usaha
Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
1.Man (Manusia).
2.Money (Uang).
3.Material (Fisik).
4.Machine (Tekonologi).
5.Method (Metode).
6.Market (Pasar).
Nama:Ridatul latifah
BalasHapusKelas :XI BDP2
NO. absen:20
Sumber daya usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya, dalam menjalankan kegiatannya setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapat menghasilkan barang dan jasa
Nama : linda astuti
BalasHapusKelas :XI BDP 1
No. Absen:16
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.
Nama: Eva triastuti
BalasHapusKlas: XI BDP2
No.absen: 10
Pertemuan ke-21
Pengelolaan Sumber Daya Usaha
Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
1.Man (Manusia).
2.Money (Uang).
3.Material (Fisik).
4.Machine (Tekonologi).
5.Method (Metode).
6.Market (Pasar).
Nama : Agus s
BalasHapusKelas :XI BDP 1
No. Absen : 01
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.
Nama:Lilik susanti
BalasHapusKelas:XI BDP 2
No. Abs:13
Pertemuan ke-21
Pengelolaan Sumber Daya Usaha
Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
1.Man (Manusia).
2.Money (Uang).
3.Material (Fisik).
4.Machine (Tekonologi).
5.Method (Metode).
6.Market (Pasar).
Nama:DIO FAHRUDIN
BalasHapusKls:XI Bdp 2
No :08
Pertemuan ke-21
Pengelolaan Sumber Daya Usaha
Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
1.Man (Manusia).
2.Money (Uang).
3.Material (Fisik).
4.Machine (Tekonologi).
5.Method (Metode).
6.Market (Pasar).
Nama:DIO FAHRUDIN
BalasHapusKelas:XI BDP 2
No.abs:08
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
Nama: Nur Kholis
BalasHapusKelas : XI bdp2
No.abs: 17
Pertemuan ke-21
Pengelolaan Sumber Daya Usaha
Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
1.Man (Manusia).
2.Money (Uang).
3.Material (Fisik).
4.Machine (Tekonologi).
5.Method (Metode).
6.Market (Pasar).
Nama : Amin Abdullah A. A
BalasHapuskls : Xl Bdp 1
No.abs:02
Pertemuan ke-21
Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.
BalasHapusNama: jeins miftahul jannah
Kls: 11 bdp 1
Absen:14
PertemuN ke 21
Pengelolaan Sumber Daya Usaha
Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
1.Man (Manusia).
2.Money (Uang).
3.Material (Fisik).
4.Machine (Tekonologi).
5.Method (Metode).
6.Market (Pasar).
Nama. : Adelia Putri Anggrayani
BalasHapusNo. :. 01
Kelas : XI BDP 2
Karier yang saya pilih adalah Hard skill , karena kamampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan saya kelak.
Nama: RETNO EKA SETIYA NINGRUM
BalasHapuskelas XI BDP 2
Nomer 019
1.ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses
2.1. Soft skill berpikir analisis
2. Menyelesaikan masalah dengan tepat
3. Komunikasi
4. Kemampuan bernegosiasi
5. Manajemen waktu
Head sekil
1. Skill komputer
2. Skill cashflow
3. Skill berhitung
4. Skill bahasa
Nama:Nila safitri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
NO.absen:16
Karier yang Saya pilih adalah hard skill,Karena kemampuan Saya di bidang tersebut
Nama:Ridatul latifah
BalasHapusKelas:XI BDP2
NO. :20
Karier yang saya pilih adalah hard skill karena kemampuan saya di situ
Nama: Eva triastuti
BalasHapusKlas: XI BDP2
No.absen: 10
Karier yang saya pilih adalah Hard skill , karena kamampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan saya kelak.
Nama:Pitriani
BalasHapusKls:XI BDP I
NO ABS:19
Karier yang saya pilih adalah hard skiil..karena kemampuan saya berada di situ
Nama :Nur Hanifah
BalasHapusKelas :XI BDP 1
No.abs :18
Pertemuan 24
Karier yang saya pilih adalah Soft skill...karena kemampuan interpesonal dan lebih mengarah pada karakteristik serta bagaimana kamu bersikap,berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain.
-Contoh Soft skill :
1.Komunikasi.
2.Mampu bekerja sama.
3.Beradaptasi.
Nama:Sifa khorina Fadillah
BalasHapusAbsen:24
Karier yang saya pilih adalah Hard skill , karena kamampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi karena berpengaruh pada kemampuan interpersonal
BalasHapusnama:Iroh Harsiti
no:13
hard skill, karena kemampuan yang dibutuhkan seseorang spesifik agar bisa sukses
Nama:Lilik susanti
BalasHapusKelas:XI bdp 2
No. Abs:13
Karier yang saya pilih adalah Hard skill , karena kamampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan saya kelak.
Nama:Nila safitri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
NO.absen:16
SDM unggul adalah menyiapkan pekerja yang terampil Dan berkarya untuk Masa depan Kita semua
Nama: Eva triastuti
BalasHapusKlas: XI BDP2
No.absen: 10
Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan.
Nama :eki dimila
BalasHapusNo:09
Kelas:xi bdp 2
SDM unggul' berarti menyiapkan pekerja yang terampil di masa depan. Menurut penulis, penafsiran tersebut kurang tepat, karena SDM tidak hanya meliputi keterampilan bekerja, namun lebih dari itu.
Nama:Ridatul latifah
BalasHapusKelas :XI BDP2
No. :20
SDM unggul adalah menyiapkan pekerjaan untuk masa depan
Nama :Nur Hanifah
BalasHapusKelas :XI BDP 1
No.abs :18
PERTEMUAN 25
SDM Unggul adalah Sumber daya manusia yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur,amanah,dan berorientasi pada pekerjaan,,,menyiapkan pekerjaan untuk masa depan..
Nama:Lilik susanti
BalasHapusKelas:XI bdp 2
No. Abs:13
Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan.
Nama : Adelia putri A
BalasHapusNo. : 01
Kelas : XI BDP 2
Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan.
Nama:Ummul Als jamal
BalasHapusKelas:Xl BDP l
No.abs:025
Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan
Nama:Devi saputri
BalasHapusKelas:XI BDP 2
No.abs:06
Pertemuan ke-24
Kemampuan saya
Karier saya dibidang soft kill karena kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk saya sukses dalam sebuah pekerjaan.
Nama:Devi saputri
BalasHapusKelas: XI BDP 2
No.abs:06
Pertemuan ke-25
Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan.
NAMA=PITRIANI
BalasHapusKELAS=XI BDP I
NO ABS=19
pertemuan ke =25
SDM Unggul adalah Sumber daya manusia yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur,amanah,dan berorientasi pada pekerjaan,,,menyiapkan pekerjaan untuk masa depan..
Nama :agus
BalasHapusKelas : 11 bdp 1
1. Man (Sumber daya Manusia)
Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.
2. Money (uang)
Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.
Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.
Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga discount khusus dari vendor.
3. Materials (bahan baku)
Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.
Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.
4. Machines (Peralatan Mesin)
Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.
Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.
5. Methods (metode)
Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.
Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.
6. Market (pasar)
Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.
Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.
Enam unsur manajemen diatas saling berkaitan erat satu sama lainnya, dan masing-masing elemen sangat penting dalam rangka penerapan fungsi manajemen untuk mencapai hasil yang masimal dan efisiensi dalam aktifitas perusahaan.
Nama:Sifa khorina Fadillah
BalasHapusKls : XBDP1
Absen :24
1. Man (Sumber Daya Manusia)
Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen.
2. Money (Uang)
Untuk menjalankan aktivitasnya, manajemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat, pembelian bahan baku/material, pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya. Pengelolaan uang yang baik akan berpengaruh terhadap sukses tidaknya sebuah manajemen yang dilakukan. Oleh karena itu, pengelolaan uang harus dilakukan secara rasional agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai.
3. Machines (Mesin)
Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan.
4. Machines (Peralatan Mesin)
Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.
5. Methods (metode)
Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.
Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.
6. Market (pasar)
Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.