PKK XI KD3.4 KEBUTUHAN SUMBER DAYA USAHA

 

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN XI

SMK MUHAMMADIYAH 2 NGAWI

KD 3.4 KEBUTUHAN SUMBER DAYA USAHA

KELAS : XI BDP

GURU :  HABIBAH, SE






3.4  Menganalisis kebutuhan

sumberdaya usaha

 

4.4  Membuat perencanaan kebutuhan sumberdaya usaha 

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian manajemen

2.  Peserta didik dapat mendeskripsikan perencanaan kebutuhan sumber daya usaha

3.  Peserta didik dapat menyusun tahapan pengelolaan Sumber daya bisnis retail

4.  Peserta didik dapat menyusun tahapan pengelolaan sumber daya bisnis online

5.  Peserta didik dapat menganalisis kebutuhan sumber daya bisnis retail

6.  Peserta didik dapat menganalisis kebutuhan sumber daya bisnis online

MATERI AJAR  : 

A.      PENGERTIAN MANAJEMEN

Pengelolaan sumber daya usaha berkaitan dengan ilmu manajemen. Manajemen merupakan suatu bentuk koordinasi seluruh sumber daya melalui berbagai proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Orang yang mengelola sumber daya disebut manajer. Seorang manajer berperan penting dalam keberhasilan suatu usaha.

 

Menurut Philip Kotlerr fungsi manajemen terdiri dari :

a.       Planning (perencanaan)

b.      Organizing (pengelolaan)

c.       Actuating ( tindakan)

d.      Controlling (pengawasan)

 

Unsur-unsur dalam manajemen usaha terdiri atas :

1.      Man (manusia)

2.      Money (uang)

3.      Machines (mesin)

4.      Methods (metode)

5.      Material (bahan)

6.      Market (pasar)

7.      Information (informasi)

PERTEMUAN 19

Anak-anak, Alhamdulillah pertemuan kali ini kita bahas materi KD 3.4 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Usaha. Sebagai calon wirausaha, kalian harus belajar dan berlatih untuk mengelola sumber daya usaha. Kegiatan mengelola biasanya dilakukan oleh seorang manajer atau pimpinan. Kalau kalian mengelola bisnis sendiri walaupun bisnisnya masih kecil berarti kalian sudah menjadi seorang pengelola atau manajer bagi usaha kalian sendiri. Dalam pengelolaan usaha ada 6 unsur.

Tugas pertemuan 19 ini, kalian menguraikan atau menjelaskan 6 unsur pengelolaan usaha tersebut. Ingat intruksinya menjelaskan bukan menyebutkan, jadi harus dijelaskan ya …. Sesuai pemahaman kalian. Jawabannya di tulis di buku dan di ketik di kolom komentar link ini. Jika ada yang kurang paham silahkan ditanyakan ke bu habibah. Okeyyyy. Bismillah selamat belajar ria, semoga ilmunya bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

 

B.      PERENCANAAN KEBUTUHAN SUMBER DAYA USAHA

Perencanaan adalah fungsi manajemen yang paling pokok dan sangat luas, yang meliputi perkiraan dan perhitungan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang sesuai urutan tertentu. Tujuan perencanaan harus tegas, jelas dan mudah dimengerti, disesuaikan dengan kondisi yang ada namun harus tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

                Perencanaan yang baik adalah harus perpedoman kepada perencanaan jangka panjang dan menyeluruh, bukan untuk kepentingan jangka pendek.

            Sumber daya usaha dibidang jasa dan dagang merupakan sumber daya yang mampu mengombinasikan antara sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal. Seorang wirausaha harus mampu menyatukan sumber daya yang ada agar dapat menciptakan produk yang sesuai dengan yang diharapkan. S

            Ada beberapa perencanaan kebutuhan sumber daya usaha, antara lain :

1.      Perencanaan Produk

Produk yang akan diproduksi harus direncanakan secara matang dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Efisiensi biaya produksi dan efektifitas produk sehingga diterima oleh konsumen harus diperhatikan oleh wirausaha.

2.      Perencanaan Pasar

Pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan usaha. Sebagus apapun produk yang kita miliki, tanpa didukung oleh pemasaran yang baik maka tidak berarti. Bagian pemasaran harus mampu menciptakan image bahwa produk kita baik dan berkualitas serta menciptakan pembeda atau differensia produk agar produk kita memiliki ciri khas pembeda dari produk yang lain dan bisa masuk kebenak konsumen.

           Didalam mencapai target pemasaran, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar pemasaran dapat berhasil dengan baik, yaitu :

a.       Menentukan  lokasi atau tempat usaha yang strategis

b.      Selalu menambah wawasan dan pengetahuan sehinga kita bisa up to date tentang informasi terbaru dari dunia bisnis.

c.       Memiliki produk yang menarik dan khasdari produk lain yang sejenis

d.      Menetapkan harga bersaing

e.       Kualitas peleayan

f.       Tidak bosan belajar dari siapa saja agar bisa maju

g.      Menjaga kejujuran, kualitas makanan

h.      Selalu menjaga hubungan baik dengan para pelanggan

i.        Selalu mencari peluang baru dan melakukan inovasi

j.        Meningkatkan ibadah, beramal dan berdoa kepada Tuhan

 

       PERTEMUAN 20

        Anak-anak, Alhamdulillah pada pertemuan ini kita bahas PART B tentang PERENCANAAN SUMBER DAYA USAHA. Sebagai calon wirausaha, kalian harus belajar dan berlatih menyusun perencanaan dalam kehidupn sehari-hari. Kalau sudah terbiasa hidup dengan perencanaan yang baik, maka akan mudah dalam menyusun perencanaan usaha.

            Sebagai calon wirausaha, kalian harus mampu membuat perencanaan sumber daya usaha. Adapun sumber daya usaha ada 4  seperti yang dijelaskan di atas. Dari 4 sumber tersebut, nanti kalian kombinasikan atau di mix dan akan menjadi sebuah usaha.

            Baiklah, setelah membaca materi ini tolong tulis di kolom komentar, menurut pendapat anda Apa sumber daya usaha itu?? 

3.      Perencanaan Keuangan

Seorang wirausaha membutuhkan perencanaan keuangan yang berbeda dengan seorang yang berpendapatan tetap. Seorang wirausaha dituntut untuk lebh bijak da disiplin mengelola keuangan. Adapun yang paling penting adalah harus memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi.

 

Seorang wirausaha, harus memiliki catatan keuangan yang digunakan untuk mengetahui dengan pasti jumlah modal, biaya operasional yang dikeluarkan, dan keuntungan yang diperoleh setiap hari. Catatan keuangan tersebut, berfungsi sebagai control untuk mengetahui kepastian keuntungan yang dapat digunakan untuk kepentingan pribadi, dan bagian mana yang harus disisihkan untuk di tabung dan digunakan untuk tambahan modal dalam rangka untuk pengembangan usaha.

4.      Perencanaan Tenaga Kerja

Tenaga kerja atau SDM adalah jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menghasilkan sejumlah produk dalam satu waktu tertentu. Ketenagakerjaan merupakan faktor utama yang menjadi tolak ukur segala kegiatan. Oleh karena itu, setiap keberhasilan atau kegagalan sebuah usaha, maka yang mennjadi sorotan utamanya adalah tenaga kerja. Mulai dari pimpinan sampai bawahan.

a.       Merencanakan Kebutuhan Tenaga Kerja

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merekrut tenaga kerja adalah kompetensinya yang meliputi keterampilan dan  pengalaman serta spesialisasinya, sikap dan pengetahuan. Dalam rangka merencanakan kebutuhan jumlah tenaga kerja, langkah yang harus dilakukan yaitu menyusun program recruitment (penarikan),penyeleksian dan penempatan tenaga kerja.

Adapun intisari dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja adalah menganalisis dan menentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan, baik dari segi kualitatif maupun kuantitatif.

Beberapa langkah perhitungan untuk recruitment kebutuhan jumlah tenaga kerja, sebagai berikut :

*        Analisis bahan kerja dan analisis angkatan kerja

*        Job analysis dan job description

*        Operasional

b.      Teknik Penempatan dan Sumber Tenaga Kerja

*     Teknik penetapan tenaga kerja

*    Sumber tenaga kerja

 

C.      PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA

1.      Pengertian Manajemen

Manajemen adalah proses kegiatan seorang pimpinan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengawasan dan pengendalian usaha untuk mencapai tujuan melalui kerjasama dengan pihak yang berkepentingan dalam memajukan perusahaan.

2.      Alat-alat Manajemen

Manajemen merupakan koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengoragisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun yang diatur oleh manajemen dikenal dengan  6 M yaitu :

a.       Man (Sumber daya manusia)

b.      Money (uang)

c.       Materials (bahan baku)

d.      Machine (mesin)

e.       Methode (metode)

f.       Market (pasar)

Selain 6 M, alat manajemen yang lain yaitu marketing mix (bauran pemasaran) yang dikenal 4P :

a.      Product

b.      Price

c.       Placement

d.      Promotions

PERTEMUAN 21

Anak-anak, pertemuan ini kita bahas tentang Perencanaan Keuangan dan Perencanaan Tenaga Kerja, dilanjutkan ke materi Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Materi ini sangat bagus untuk di pelajari oleh calon wirausaha. Jadi wirausaha tidak hanya menentukan ide bisnis, tidak hanya membuat produk, tidak hanya mencatat administrasi tetapi juga HARUS BISA MENGELOLA SUMBER DAYA USAHA. Sumber daya usaha itu apa aja ?? silahkan baca an pahami materinya. Jika ada yang kurang paham silahkan di tanyakan ke bu Habibah. Okeyyy. Sebagai bukti kalian sudah baca materi ini, tolong kettik di kolom komentar, menurut pendapat Anda Pengelolaan Sumber Daya Usaha itu apa sih ? Selamat belajar ria. Semoga ilmunya bermanfaat, aamii. Sukses selalu untuk lain …

PENJELASAN TENTANG MARKETING MIX (4 P)

a.        Product (produk)

Produk adalah semua hal yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di konsumsi agar dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.

Menentukan produk yang akan ditawarkan ke pasar umumnya menjadi langkah paling awal. Ide mengenai produk bisa di dapat dari berbagai sumber. Cara termudah adalah dengan membandingkan langsung produk sejenis yang ingin di jual, misalnya produk yang ingin di jual jenis minuman, maka kita harus membandingkan aneka jenis minuman yang ada dan melakukan riset mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk minuman tersebut.

Hasil dari riset diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih akurat bagi wirausaha mengenai prospek pasar yang akan di bidik atau dijadikan target dan produk seperti apa yang diinginkan oleh target pasar.

Adapun produk yang dipasarkan meliputi barang fisik, jasa, pengelaman, peristiwa, orang, tempat property, organisasi, dan gagasan. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa produk tidak hanya berupa barang tetapi juga jasa.

b.        Price (harga)

Harga adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan yang diinginkan. Penetapan harga pada suatu barang sangat diperlukan dalam strategi pemasaran, karena perusahaan yang mampu menetapkan harga yang tepat akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara menentukan harga pada umumnya berdasarkan perhitungan biaya di tambah persentase margin, dimana persentase margin tersebut merupakan keuntungan yang ditentukan oleh perusahaan.

Adapun strategi penetapan harga yang sering dilakukan oleh perusahaan sebagai berikut :

1.    Strategi penetapan harga produk baru

Prinsip penetapan harga untuk produk baru adalah agar  produk baru mampu memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan pasar dengan dukungan penetapan harga yang tepat. Penetapan harga (pricing) untuk produk baru dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :

*        Skimming pricing yaitu penetapan harga dengan berusaha menjual harga yang lebih tinggi sebelum membidik konsumen yang lebih peka terhadap harga.

*        Penetration pricing yaitu penetarapan harga dengan berusaha menjual kepada pasar dengan harga murah yang bertujuan agar produk lebih mudah diterima oleh pasar.

2.    Strategi penetapan harga yang sudah mapan

Strategi ini diterapkan sebagai hasil peninjauan kembali oleh perusahaan tentang strategi penetapan harga yang sedang diberlakukan di pasar.

3.    Strategi fleksibilitas harga

Harga perlu ditetapkan fleksibel, bila pemasaran produk memerlukan penyesuaian karakteristik lokasinya. Dalam hal ini, perusahaan dihadapkan pada plihan strategi antara strategi harga tunggal dengan strategi harga fleksibel.

a.       Strategi harga tunggal

Dengan strategi satu harga, pada prinsipnya perusahaan menghendaki penurunan pada biaya penjualan atau biaya administrasi, margin keuntungan yang konsistan, citra pelanggan dan pertumbuhan pasar yang stabil.

b.      Strategi harga fleksibel

Strategi ini bertujuan memberikan fleksibilitas harga dengan jalan memungkinkan setiap penyesuaian harga, baik lebih tinggi atau lebih rendah dari harga saat ini guna meraih keuntungan jangka panjang.

4.    Strategi penetapan harga lini produk

Strategi lini produk ini mendasarkan pada keterkaitan antara dampak setiap produk terhadap lininya untuk keperluan penetapan harga. Tujuan strategi ini untuk memanfaatkan keseluruhan lini produk untuk memaksimalkan laba.

5.    Strategi leasing

Leasing merupakan suatu kontrak persetujuan antara pemilik aktiva sebagai pihak pertama, dan pihak kedua yang memanfaatkan aktiva tersebut untuk jangka waktu tertentu dengan return tertentu.

6.    Strategi bunding pricing

7.    Strategi kepemimpinan harga

8.    Strategi penetapan harga untuk membentuk pangsa pasar

 

c.         Placement (jalur distribusi)

Jalur distribusi adalah orang atau badan usaha yang beroperasi di antara produsen dan konsumen. Ada tiga aspek yang berkaitan dengan keputusan tentang distribusi, yaitu :

1.      Ssitem transportasi

2.      Sistem penyimpanan

3.      Pemilihan jalur distribusi

d.        Promotions (promosi)

Promosi adalah arus informasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan perkiraan dalam pemasaran. Promosi merupakan komponenpenting yang berguna untuk mengomunikasikan produk. Produsen dituntut tidak hanya menciptakan produk yang bermutu, menetapkan harga yang menarik, tetapi harus mengusahakan agar produk yang dihasilkan dapat dipasarkan dengan mudah dan lancar serta menyebarluaskan informasi tentang kehadiran produk, ketersediaan, ciri – ciri serta manfaat produk bagi pelanggan.

 

A.      MANAJEMEN SUMBER DAYA USAHA BISNIS ONLINE

1.      Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Industri Internet dan Bisnis Online

Menurut Oetomo (2002) internet merupakan singkatan dari international network yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil saling terhubung antara yang satu dengan lainnya.

Untuk mencapai keberhasilan bisnis, suatu usaha yang memanfaatkan internet harus menerapkan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dengan segala skill yang dimiliki.

           Tahapan yang perlu dilakukan oleh setiap organisasi dalam membentuk kepribadian karyawan yang siap berjuang dalam mencapai tujuan perusahaan, antara lain:

a.       Memberikan pelatihan

Pelatihan sangat bermanfaat untuk memberikan wacana kepada karyawan. Banyak hal yang bisa disampaikan dalam pelatihan diantaranya, cara melakukan business internet, cara memupuk rasa percaya diri, cara melawan rasa takut, cara berpikir positif dan masih banyak lagi hal yang penting yang perlu disampaikan hingga akhirnya yang perlu disampaikan hingga akhirnya mampu membentuk karyawan dengan kualitas baik.

b.      Penerapan atau implementasi

Setelah karyawan mendapatkan pelatihan sesuai kebutuhan pada masing-masing bidang, maka tahapan selanjutnya menerapkan atau mengimplementasikan hal yang telah dipelajari dalam dunia kerja. Penerapan ini termasuk bagian dari pengembangan sumber daya manusia.

c.       Evaluasi

Dalam menjalankan bisnis di bidang internet, pengetahuan tentang teknologi memang sangat diperlukan. Setelah melalui proses pelatihan, maka karyawan harus menerapkannya dalam dunia kerja. Selama proses ini, perusahaan terus melakukan evaluasi kinerja dari para karyawan. Hal ini menjadi poin penting untuk megetahui kualitas dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri. Dalam tahap ini, perusahaan bisa mengetahui seberapa efektif tahap pelatihan yang telah diberikan oleh perusahaan.

2.      Tujuan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Business Internet

Pengembangan sumber daya manusia merupakan faktor penting yang sangat diperlukan dalam pengembangan bisnis apapun. Tujuan diadakannya pengembangan sumber daya manusia, yaitu :

a.    Untuk meningkatkan kinerja karyawan

b.    Untuk mewujudkan karyawan yang berkualitas

c.    Untuk memaksimalkan pencapaian perusahaan

d.   Untuk mempertahankan eksistensi bisnis

Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, sangat membantu dalam mewijudkan bisnis menuju puncak keberhasilan. Oleh karena itu, pengembangan sumber sumber daya manusia di bidang business internet sangat penting agar setiap karyawan bisa bekerja secara maksimal dengan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan bidang masing-masing.

3.      Teknologi dalam Menjalankan Business Internet

Teknologi bulakan lagi keinginan, melainkan sebuah kebutuhan dalam dunia business. Ada 6 (enam) hal yang dapat dilakukan bagi pelaku bisnis dengan bantuan teknologi :

a.       Mempromosikan produk

b.      Memabangun dan menjaga relasi bisnis

c.       Mengontrol jalannya bisnis

d.      Mengelola keuangan perusahaan

e.       Analisis

f.       Menjaga keamanan data.

 

PERTEMUAN 23

Anak-anak, pertemuan kali ini kita bahas penjelasan kelanjutan materi sebelumnya tentang marketing mix. Marketing mix sangat penting dalam dunia bisnis karena merupakan salah satu strategi pemasaran. Tolong materinya dibaca dan dipahami karena strategi penentuan produk, menentukan harga, pleacement dan promotion perlu kita kuasai. Selanjutnya kita bahas materi Part D yaitu MANAJEMEN SUMBER DAYA USAHA BISNIS ONLINE. Bisnis online saat ini lagi booming, jadi kita ketinggalan jaman jika HANYA BERDIAM DAN DIAM TANPA MENCOBA LATIHAN BISNIS ONLINE KARENA BISNIS ONLINE SANGAT MUDAH DAN TANPA MODAL JUGA BISA. Kalian tinggal megang HP, cari informasi tentang produk, tentang  toko onlinenya yang akan menjadi mitra kerja kita, cari konsumen yang cocok dengan produk kita, tentatukan harga yang bersaing dan promosi yang menarik. Cari banyak teman sebanyak-banyaknya agar sasaran promosi dan target market kita lebih luas.Segera Bergerak dan mencoba latihan bisnis, itu merupakan modal kalian untuk menjadi wirausaha muda yang sukses. 

 E.       MANAJEMEN SUMBER DAYA BISNIS RETAIL

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu bidang manajemen yang fokus pada pegelolaan sumber daya manusia dengan seefektif mungkin dan bertujuan memperoleh suatu ketentuan tenaga kerja yang memuaskan.

Di Indonesia perkembangan bisnis retail sudah seperti di Negara-negara yang sudah maju. Khususnya, di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Palembang, Surabaya, medan dan Makassar.

Adanya kondisi tersebut, meneybabkan produsen akan lebih jeli dalam menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage) sebelum terjun ke pasar sasaran. Hal ini harus di dukung oleh sumber daya manusia yang memiliki potensi, andal, loyal serte dedikasi terhadap kelangsungan bisnis retail.

Sumber daya manusia memiliki peran penting dalam pengelolaan bisnis retail, karena membeutuhkan kesiapan pengelolaan sumber daya manusia yang mengetahi keteramilan, baik hard skill mapun soft skill dalam manajerial penjualan retail dan memiliki kepekaan dalam melihat peluang agar dapat memiliki kompetensi untuk bertahan dalam bisnis retail.

 

Terdapat berbagai posisi karier yang diperlukan dalam bisnis retail, diantaranya pengelola retail atau manajer, pramuniaga, kasir, customer service, kepala gudang, pemasok barang dagangan, security, administrasi dan lainnya.

Untuk membangun kekuatan kerja secara aktif dan mengurangi tingkat perputaran karyawan, maka pengelolan sumber daya manusia perlu memberikan motivasi dan koordinasi terhadap aktivitas karyawan dengan pendekatan secara umum sebagai berikut :

1.      Menerapkan strategi sumber daya

2.      Membuat perencanaan sumber daya, yang meliputi analisis kerja, merekrut, melatih, meyeleksi, mengawasi, mengevaluasi, dan memberikan kompensasi.

PERTEMUAN 24

Anak-anak, untuk pertemuan hari ini kita bahas tentang Manajemen Sumber Daya Bisnis Retail. Tolong materinya dibaca dan dipahami siapa tahu nanti diantara kalian ada yang berakat menjadi seorang manajer ataupun menjadi pebisnis. Anak-anak, Manajemen Sumber daya bisnis Retail ini, membahas tentang seorang manajer atau pengelola dalam mengelola bisnis retail. Tentunya yang perlu di kelola tentang banyak hal, kita mulai dari pengelolaan sumber daya manusia yaitu mengelola tentang manusia atau karyawan yang dibutuhkan dalam bisnis retail.

TUGAS 1 SETELAH PTS :

Berikan komentar di kolom kementar.

Dari paparan penjelasan di atas, dijelaskan bahwa terdapat banyak karier dalam bisnis retail. Pertanyaannya adalah :

1.      Kalian ingin terjun dalam karier yang mana ?

2.      Apa soft skill dan hard skill yang kalian miliki yang dapat mendukung karier kalian?

 

Bismillah, semangat belajar ria semoga belajar kita dicatat sebagai amal sholih dan bermanfaat untuk kita dunia dan akhirat. Aamiin. 

 

F.       MANAJEMEN SUMBER DAYA BISNIS ONLINE

Saat ini trend bisnis online sangat meluas untuk seluruh lapisan masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan. Bisnis online menawarkan berbagai kemudahan baik bagi para pelaku bisnis maupun customer. Modal yang ringan dan pengelolaan bisnis yang mudah dalam mengembangkan bisnis online, banyak start up bisnis bermunculan untuk terjun dalam bisnis ini, termasuk para pelajar tidak mau ketinggalan untuk action dalam dunia bisnis online.

Banyaknya peminat dalam menggeluti bisnis online menyebabkan persaingan semakin ketat, sehingga para pelaku bisnis online dituntut cerdas dan responsive terhadap kondisi pasar. Selain itu tingginya persaingan dapat memicu motivasi pelaku bisnis untuk terus exist dan meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi customer untuk meningkatkan loyalitas customer sehingga mampu bertahan dalam persaingan bisnis.

Untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis online, maka perlu menerapkan pengembangan sumber daya manusia untuk menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas dengan skill bisnis yang dimiliki.

Tahapan yang perlu dilakukan oleh organisasi dalam membentuk kepribadian karyawan (SDM) yang siap berjuang dalam mencapai tujuan perusahaan, antara lain :

a.      Memberikan pelatihan bisnis online

b.      Penerapan atau implementasi ilmu dalam dunia bisnis online

c.       Evaluasi tentang hal yang telah dilaksanakan

 

Tujuan pengembangan sumber daya manusia di bidang bisnis online

a.       Untuk membantu meningkatkan kinerja karyawan

b.      Untuk membantu mewijudkan karyawan yang berkualitas

c.       Untuk memaksimalkan pencapaian perusahaan

d.      Untuk membantu mempertahankan eksistensi bisnis

 

Melihat beberapa tujuan diatas, menunjukkan bahwa sumber daya manusia yang berkualitas memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis. Apalagi melihat tingginya persaingan, maka SDM dituntut untuk kompeten dalam bidangnya dan memiliki daya saing yang kuat sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan (competitive advantage) dalam dunia bisnis.

           

Tekonologi dalam menjalankan bisnis online

Mengingat manfaat yang luar biasa dari perkembangan teknologi, sehingga pada era 4.0 teknologi merupakan sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Termasuk dalam pengembangan bisnis online, teknologi berperan penting dalam memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis dan customer bisnis online.

 

Ada 6 hal yang dapat dilakukan bagi pebisnis dengan bantuan teknologi :

1.      Mempromosikan produk

2.      Membangun dan menjaga relasi bisnis

3.      Mengontrol jalannya bisnis

4.      Mengelola keuangan perusahaan

5.      Analisis

6.      Menjaga keamanan data

PERTEMUAN 25

Anak-anak, pertemuan kali ini kita bahas tentang Sumber Daya Bisnis Online. Saat ini bisnis online merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, karena sangat mudah untuk di lakukan dan modalnya sangat ringan. Modal kalian hanya berani mencoba saat ini, berani promosi yang menarik, cari banyak relasi dan teman untuk di promosikan, mampu memanfaatkan teknologi  seperti media online (WhatsAap, IG, FB dan lainnya). Kalaunpun dari kalian ada yang sudah mencoba bisnis online tapi tidak berhasil, tidak perlu berkecil hati karena kalian dapat PENGALAMAN dari hal tersebut. CARI PENGALAMAN SEBANYAK-BANYAK DALAM DUNIA BISNIS, MISALNYA MENCOBA BINSIS ONLINE BAJU GAGAL, BISNIS ONLINE KOSMETIK GAGAL, BISNIS INI GAGAL …. DI COBA DAN COBA TERUS, BELAJAR DARI PENGALAMAN ITU, KARENA SEMAKIN BANYAK PENGALAMAN BISNIS MAKA BAKAT KALIAN DAN JALAN REZEKI KALIAN AKAN TERBUKA DAN AKAN KELIHATAN. SELALU EVALUASI TENTANG APA YANG SUDAH KALIAN LAKUKAN, YANG KURANG APA? YANG PERLU DIPERBAIKI YANG MANA? YANG PERLU DIKEMBANGKAN YANG MANA? DAN JANGAN LUPA SHOLAT DAN BERDOA, IN SYA ALLAH BAKAT DAN JALAN REZEKI KALIAN AKAN DITUNJUKKAN OLEH ALLAH TAALA, AAMIIN. Tetap semangat anak-anakku, dunia tak selebar daun kelor, dunia ini sangat luas jadi jangan merasa sempit dengan kondisi sulit. Segera bergerak dan mencoba in sya Allah akan segera sampai pada tujuan yang kalian ingin kan. Bismillah, semangattt ya…. Untuk nilai keaktifan, tolong beri komentar di kolom komentar tentang SDM unggul. Menurut pendapat kalian SDM Unggul itu apa? Apakah kalian sudah termasuk SDM Unggul?  Selamat belajar ria ….

Komentar

  1. Nama:Devi saputri
    Kelas:XI BDP 2
    No.abs:06




    Brainly.co.id
    Apa pertanyaanmu?


    1
    siva6102
    26.10.2017
    Seni
    Sekolah Menengah Pertama
    +5 poin
    Terjawab
    Jelaskan dengan singkat 6 unsur yang terdapat dalam manajemen!

    1
    LIHAT JAWABAN


    Masuk untuk menambahkan komentar
    Jawaban
    3,6/5
    30
    muetyapermatadara1
    Gemar Membantu
    8 jawaban
    822 orang terbantu
    1. Man (Sumber daya Manusia)

    Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.

    2. Money (uang)

    Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.

    Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.

    Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga discount khusus dari vendor.

    3. Materials (bahan baku)

    Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.

    Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.


    4. Machines (Peralatan Mesin)

    Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.

    Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.

    5. Methods (metode)

    Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.

    Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.

    6. Market (pasar)

    Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.

    Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.


    BalasHapus
  2. Nama: Anggun Larasati
    Kelas :XI BDP2
    No.absen:03


    1. Man (Sumber daya Manusia)
    Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.


    2. Money (uang)
    Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.

    Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.

    Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga discount khusus dari vendor.


    3. Materials (bahan baku)
    Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.

    Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

    4. Machines (Peralatan Mesin)
    Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.

    Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.




    5. Methods (metode)
    Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.

    Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.


    6. Market (pasar)
    Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.

    Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.

    Enam unsur manajemen diatas saling berkaitan erat satu sama lainnya, dan masing-masing elemen sangat penting dalam rangka penerapan fungsi manajemen untuk mencapai hasil yang masimal dan efisiensi dalam aktifitas perusahaan.

    BalasHapus
  3. Nama: Eva triastuti
    Kelas: XI BDP2
    No.absen: 10


    1. Man (Sumber Daya Manusia)

    Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen.

    2. Money (Uang)

    Untuk menjalankan aktivitasnya, manajemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat,  pembelian bahan baku/material, pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya. Pengelolaan uang yang baik akan berpengaruh terhadap sukses tidaknya sebuah manajemen yang dilakukan. Oleh karena itu, pengelolaan uang harus dilakukan secara rasional agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai.

    3. Machines (Mesin)

    Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan. Dengan perkembangan teknologi, penggunaan mesin semakin canggih dan modern, sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam proses produksi dan pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif dengan hasil lebih banyak.

    4. Methods (Metode)

    Dalam manajemen diperlukan adanya beberapa metode untuk menentukan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilakukan. Serangkaian prosedur dan instruksi ditetapkan dengan mempertimbangkan pada tujuan yang hendak dicapai, fasilitas yang tersedia, waktu, uang, dan kegiatan bisnis. Metode-metode tersebut ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku (SOP), yang berperan untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor-faktor  produksi, sehingga semua pekerjaan bisa berjalan secara Efektif dan Efisien.

    5. Material (bahan baku)

    Untuk memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku. Ketersediaan bahan baku sangat vital dalam proses produksi, baik berupa bahan setengah jadi (raw material) maupun bahan jadi.

    6. Market (Pasar)

    Untuk bisa memasarkan hasil produksinya dengan baik, perusahaan wajib memahami pemasaran dengan baik.  Pemasaran produk sangat penting untuk kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diproduksi tidak laku atau tidak minati oleh konsumen. Artinya pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi perusahaan.

    BalasHapus
  4. 1. Man (manusia)
    Manusia adalah unsur terpenting dalan ber bisnis karena manusia lah yang nenjalankan bisnis
    2. Money (uang)
    Uang adalah alat untuk pembayaran yang sah tetapi sekarang sudah dikalah kan olen uang elektronik (E-money)
    3. Machines (mesin) mesin adalah alat perlekapan/pembuatan dalam memperoduksi suatu produk

    4. Methods (metode) metode dalan memasarkan suatu produk atau produksi

    5. Material (bahan) bahan untuk produksi produk

    6. Market (pasar) pasar adalah tempat kita menjual produk.

    BalasHapus
  5. Nama:Ridatul latifah
    Kelas:XI BDP2
    NO. :20

    1.Man(manusia)
    Manusia merupakan penggerak utama untuk menjalankan fungsi² manajemen.
    2.Money(uang)
    Uang adalah alat tukar dan alat pengatur nilai
    3.Machine(mesin)
    Mesin adalah alat untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja
    4.Methods(metode)
    Metode adalah suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan
    5.Material(bahan)
    Bahan terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi
    6.Market(pasar)
    Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendiskusikan barang, Jasa kepada pasar sasarannya

    BalasHapus
  6. Nama : Nur kholis
    Kelas : XI BDP 2
    No.abs: 17

    1. Man (Sumber daya Manusia)
    Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut.
    2. Money (uang)
    Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.

    Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.

    3. Materials (bahan baku)
    Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.


    4. Machines (Peralatan Mesin)
    Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.

    Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.


    5. Methods (metode)
    Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.

    Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.


    6. Market (pasar)
    Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.

    Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.

    BalasHapus

  7. Nama: jeins miftahul jannah
    Kls: 11 bdp1
    Absen: 14

    1. Man (Sumber Daya Manusia)

    Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen.

    2. Money (Uang)

    Untuk menjalankan aktivitasnya, manajemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat,  pembelian bahan baku/material, pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya. Pengelolaan uang yang baik akan berpengaruh terhadap sukses tidaknya sebuah manajemen yang dilakukan. Oleh karena itu, pengelolaan uang harus dilakukan secara rasional agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai.

    3. Machines (Mesin)

    Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan. Dengan perkembangan teknologi, penggunaan mesin semakin canggih dan modern, sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam proses produksi dan pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif dengan hasil lebih banyak.

    4. Methods (Metode)

    Dalam manajemen diperlukan adanya beberapa metode untuk menentukan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilakukan. Serangkaian prosedur dan instruksi ditetapkan dengan mempertimbangkan pada tujuan yang hendak dicapai, fasilitas yang tersedia, waktu, uang, dan kegiatan bisnis. Metode-metode tersebut ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku (SOP), yang berperan untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor-faktor  produksi, sehingga semua pekerjaan bisa berjalan secara Efektif dan Efisien.

    5. Material (bahan baku)

    Untuk memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku. Ketersediaan bahan baku sangat vital dalam proses produksi, baik berupa bahan setengah jadi (raw material) maupun bahan jadi.

    6. Market (Pasar)

    Untuk bisa memasarkan hasil produksinya dengan baik, perusahaan wajib memahami pemasaran dengan baik.  Pemasaran produk sangat penting untuk kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diproduksi tidak laku atau tidak minati oleh konsumen. Artinya pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi perusahaan.

    BalasHapus
  8. Nama. : Adelia Putri Anggrayani
    No. : 01
    Kelas.: XI BDP 2

    1.Man(manusia)
    Manusia merupakan penggerak utama untuk menjalankan fungsi² manajemen.

    2.Money(uang)
    Uang adalah alat tukar dan alat pengatur nilai.

    3.Machine(mesin)
    Mesin adalah alat untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja.

    4.Methods(metode)
    Metode adalah suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan .

    5.Material(bahan)
    Bahan terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi.

    6.Market(pasar)
    Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendiskusikan barang, Jasa kepada pasar sasarannya.



    BalasHapus
  9. Nama :Nur Hanifah
    No.abs :18
    Kelas :XI BDP 1

    Tugas Pertemuan 19 :
    1.Man(Sumber Daya Manusia)
    Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen. Pada unsur sumber daya manusia ini harus diperhatikan beberapa hal,yaitu :
    -Jumlahnya, harus sesuai dengan kebutuhan dan formasi Persyaratan seperti, keahlian,kemampuan, ketrampilan,pendidikan, dan pengalaman.
    2.Money(uang).
    Untuk menjalankan aktivitasnya,manejemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat, pembelian bahan baku/ material,pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya.
    3.Machines(Mesin).
    Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan.
    4.Methods(Metode).
    Metode-metode tersebut ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku (SOP),yang berperan untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor- faktor produksi,sehingga semua pekerjaan bisa berjalan secara Efektif dan Efesien.
    5.Material(bahan).
    Untuk memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku. Ketersediaan bahan baku sangat vital dalam proses produksi, baik berupa bahan setengah jadi(raw material) maupun bahan jadi.
    6.Market(Pasar).
    Pemasaran produk sangat penting untuk kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diprodusi tidak laku atau tidak diminati oleh konsumen. Artinya, pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi perusahaan.

    BalasHapus
  10. Nama :Nur Hanifah
    No.abs :18
    Kelas :XI BDP 1

    Tugas Pertemuan 19 :
    1.Man(Sumber Daya Manusia)
    Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen. Pada unsur sumber daya manusia ini harus diperhatikan beberapa hal,yaitu :
    -Jumlahnya, harus sesuai dengan kebutuhan dan formasi Persyaratan seperti, keahlian,kemampuan, ketrampilan,pendidikan, dan pengalaman.
    2.Money(uang).
    Untuk menjalankan aktivitasnya,manejemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat, pembelian bahan baku/ material,pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya.
    3.Machines(Mesin).
    Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan.
    4.Methods(Metode).
    Metode-metode tersebut ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku (SOP),yang berperan untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor- faktor produksi,sehingga semua pekerjaan bisa berjalan secara Efektif dan Efesien.
    5.Material(bahan).
    Untuk memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku. Ketersediaan bahan baku sangat vital dalam proses produksi, baik berupa bahan setengah jadi(raw material) maupun bahan jadi.
    6.Market(Pasar).
    Pemasaran produk sangat penting untuk kelangsungan proses produksi dari perusahaan itu sendiri. Proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diprodusi tidak laku atau tidak diminati oleh konsumen. Artinya, pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi perusahaan.

    BalasHapus
  11. Nama:Lilik susanti
    Kelas:XI bdp 2
    No. Abs:13
    1.Man(manusia)
    Manusia merupakan penggerak utama untuk menjalankan fungsi² manajemen.

    2.Money(uang)
    Uang adalah alat tukar dan alat pengatur nilai.

    3.Machine(mesin)
    Mesin adalah alat untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja.

    4.Methods(metode)
    Metode adalah suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan .

    5.Material(bahan)
    Bahan terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi.

    6.Market(pasar)
    Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendiskusikan barang, Jasa kepada pasar sasarannya.

    BalasHapus
  12. Nama:Nila safitri
    Kelas:XI BDP 2
    NO.absen:16

    1.Man(sumber daya Alam)
    Unsure manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia manusia yang membuat perencanaan Dan mereka Pula yang melakukan proses untuk melakukan tujuan tersebut.tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak Ada proses kerja sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.
    2.money (uang)
    Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidaka akan bisa terlepas dari biaya yang di ukur dengan satuan sejumplah uang
    Dengan ketersediaan uang atau Dana yang menandai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumplah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu mendapatkan laba yang maksimal
    Pembelian bahan material atau bahan Baku nilainya akan jatuh lebih murah jika di lakukan dengan pembayaran tunai begitu Pula dengan jumplah atau quantity semakin banyak quantity yang di pesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga di scount khusus dari vendor .
    3.materials(bahan Baku)
    Ketersediaan bahan Baku atau material sangat vital dalam proses produksi.tanpa bahan Baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu yang di jual di butuhkan tenaga kerja ahli untuk mengolah bahan Baku menjadi barang jadi atau setengah jadi sumber daya manusia Dan bahan Baku yang sangat berkaitan erat sama lain Dan tidak bisa di pisahkan
    4.machines(perlalatan mesin)
    Untuk mengolah bahan Baku menjadi barang jadi di butuhkan seperangkat mesin Dan perlalatan kerja .dengan adanya mesin maka waktu yang di butuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat Dan efisien
    Di damping efisien ,tingkat kesalahan manusia atau human error dapat di minimalisir ,namun di butuhkan sumber daya yang handal Dan bahan Baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal
    5.methods(metode)
    Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumplah unsur-unsur diatas di butuhkan suatu metode atau standart oportional prosedur yang Baku
    Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri Dan masing-masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan
    6.market(pasar)
    Konsumen atau pasar merupakan elemens yang sangat penting Tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dari segala aktifitas perusahaan akan vakum
    agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki startegi pemasaran yang handal Dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga kualitas maupun kuantitas

    enam unsur manajemen diatas saling berkaitan erat satu sama lainnya Dan masing -masing elemen sangat terpenting dalam rangka penerapan fungsi manajemen untuk mencapai hasil yang maksimal Dan efisensi dalam aktifitas perusahaan

    BalasHapus
  13. Nama :iroh harsiti
    Kelas :BDP 1
    Noabs:13
    1.man (sumber daya manusia)
    Sumber Manusia sangat penting untuk adaya proses manajemen mulai dari perencanan sampai produlai
    2.uang (money)
    Uang sangat penting agar tujuan yang diinginkan tercapai untuk menjalan usaha sebagai modal
    3.material ( bahan baku )
    Ini sangat dibutuhkan untuk kegiatan usaha bahan baku akan diolah dan menghasilkan produk baru
    4.mesin (machines)
    Untuk mempermudah produksi agar pembuatan produk lebih cepat selesai
    5.methodes (metode)
    Tata cara atau langkah langkah yang dilakukan dalam aktufitas
    6.market (pasar)
    Pasar harus yang strategis karena pasar akan menghasilakan faktor keberhasilan dari pengusaha

    Enam unsur manajemen diatas sangat berkaitan satu sama lain dan kalau kita menerapkan menajemen yang tepat kita mungkin akan berhasil

    BalasHapus
  14. Nama: Eva triastuti
    Klas: XI BDP2
    No.absen: 10

    Pertemuan ke-20

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  15. Nama: RETNO EKA SETIYA NINGRUM
    Kelas XI BDP 2
    Nomer 019

    Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan

    BalasHapus
  16. Nama:Devi saputri
    Kelas:XI BDP 2
    No.abs:06

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  17. Nama:Nila safitri
    Kelas:XI BDP 2
    NO.absen:16

    Sumber daya adalah segala sumber yang di miliki setiap perusahaan untuk menjalankan aktifitasnya

    BalasHapus
  18. Nama:Ummul Als Jamal
    Kelas:XBDP l
    No.abs:025

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  19. Nama. : Adelia Putri Anggrayani
    No. : 01
    Kelas. : XI BDP 2

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Dan dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa.

    BalasHapus
  20. Nama:Ridatul latifah
    Kelas:XI BDP2
    NO. :20

    Sumber daya usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya,dan sumber daya usaha dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya(6M)

    BalasHapus
  21. Nama:Lilik susanti
    Kelas:XI BDP 2
    No. Abs:13

    Pertemuan ke-20

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  22. Nama :Nur Hanifah
    Kelas :XI BDP 1
    No.abs :18

    Pertemuan 20
    Sumber Daya Usaha adalah Sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan peluang usaha.
    Empat kelompok sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha yaitu :
    1).Sumber daya material.
    2).Sumber daya finansial.
    3).Sumber daya manusia.
    4).Sumber daya informasi.

    BalasHapus
  23. Nama : Nur Kholis
    Kelas : XI BDP 2
    no.abs : 17

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.Tanpa adanya sumber daya usaha perusahaan tidak akan berjalan krena..tidak dapat menghasilkan produk barang maupun jasa. Jdi sumber daya usaha sngat pnting dan wajib dimiliki perusahaan

    BalasHapus

  24. Nama: Jeins miftahul jannah
    Kls: 11 bpd 1
    Absen: 14
    Pertemuan 20


    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Pembahasan: Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa

    BalasHapus
  25. Nama: Anggun Larasati
    Kelas:XI BDP2
    No.absen:03

    Pertemuan ke-20
    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  26. Nama: linda astuti
    Kelas: XI BDP 1
    No absen:16


    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Pembahasan: Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa.

    BalasHapus
  27. Nama: Sifa khorina Fadillah
    Kls:XBDP1
    Absen:24

    Segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  28. Nama:Devi saputri
    Kelas:XI BDP 2
    No.abs:06


    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  29. Nama:Retno Eka setiya ningrum
    Kelas:XI BDP 2
    nomer:019 segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.

    BalasHapus
  30. Nama:Retno Eka setiya ningrum
    Kelas:XI BDP 2
    nomer:019 segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.

    BalasHapus
  31. Nama: Anggun Larasati
    Kelas :XI BDP2
    No.absen:03

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    Sumber Daya Usaha terdiri dari 6 M, yaitu: Man (Manusia), Money (Uang), Material (Fisik), Machine (Teknologi), Method (Metode) dan Market (Pasar)

    BalasHapus
  32. Nama:Nila safitri
    Kelas:XI BDP 2
    NO.absen:16

    Sumber daya usaha adalah sumber yang di miliki setiap perusahaan untuk menjalankan aktifitasnya

    BalasHapus
  33. Nama : EKI DIMILA S
    No:09
    Kelas:XI BDP 2
    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  34. Nama: Pitriani
    Kls:XI BDP I
    No abs:19


    1. Man (Sumber daya Manusia)
    Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.


    2. Money (uang)
    Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.

    Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.

    Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga discount khusus dari vendor.


    3. Materials (bahan baku)
    Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.

    Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

    4. Machines (Peralatan Mesin)
    Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.

    Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.




    5. Methods (metode)
    Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.

    Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.


    6. Market (pasar)
    Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.

    Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.

    Enam unsur manajemen diatas saling berkaitan erat satu sama lainnya, dan masing-masing elemen sangat penting dalam rangka penerapan fungsi manajemen untuk mencapai hasil yang masimal dan efisiensi dalam aktifitas perusahaan.

    BalasHapus
  35. Nama :Nur Hanifah
    Kelas :XI BDP 1
    No.abs :18

    Pertemuan 21
    Pengelolaan Sumber Daya Usaha
    Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
    1.Man (Manusia).
    2.Money (Uang).
    3.Material (Fisik).
    4.Machine (Tekonologi).
    5.Method (Metode).
    6.Market (Pasar).

    BalasHapus
  36. Nama:Ridatul latifah
    Kelas :XI BDP2
    NO. absen:20

    Sumber daya usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya, dalam menjalankan kegiatannya setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapat menghasilkan barang dan jasa

    BalasHapus
  37. Nama : linda astuti
    Kelas :XI BDP 1
    No. Absen:16

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.

    BalasHapus
  38. Nama: Eva triastuti
    Klas: XI BDP2
    No.absen: 10

    Pertemuan ke-21

    Pengelolaan Sumber Daya Usaha
    Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
    1.Man (Manusia).
    2.Money (Uang).
    3.Material (Fisik).
    4.Machine (Tekonologi).
    5.Method (Metode).
    6.Market (Pasar).

    BalasHapus
  39. Nama : Agus s
    Kelas :XI BDP 1
    No. Absen : 01

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.

    BalasHapus
  40. Nama:Lilik susanti
    Kelas:XI BDP 2
    No. Abs:13

    Pertemuan ke-21

    Pengelolaan Sumber Daya Usaha
    Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
    1.Man (Manusia).
    2.Money (Uang).
    3.Material (Fisik).
    4.Machine (Tekonologi).
    5.Method (Metode).
    6.Market (Pasar).

    BalasHapus
  41. Nama:DIO FAHRUDIN
    Kls:XI Bdp 2
    No :08

    Pertemuan ke-21

    Pengelolaan Sumber Daya Usaha
    Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
    1.Man (Manusia).
    2.Money (Uang).
    3.Material (Fisik).
    4.Machine (Tekonologi).
    5.Method (Metode).
    6.Market (Pasar).

    BalasHapus
  42. Nama:DIO FAHRUDIN
    Kelas:XI BDP 2
    No.abs:08

    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

    BalasHapus
  43. Nama: Nur Kholis
    Kelas : XI bdp2
    No.abs: 17
    Pertemuan ke-21

    Pengelolaan Sumber Daya Usaha
    Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
    1.Man (Manusia).
    2.Money (Uang).
    3.Material (Fisik).
    4.Machine (Tekonologi).
    5.Method (Metode).
    6.Market (Pasar).

    BalasHapus
  44. Nama : Amin Abdullah A. A
    kls : Xl Bdp 1
    No.abs:02
    Pertemuan ke-21
    Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. ... Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya usaha.

    BalasHapus


  45. Nama: jeins miftahul jannah
    Kls: 11 bdp 1
    Absen:14
    PertemuN ke 21
    Pengelolaan Sumber Daya Usaha
    Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M) yaitu sebagai berikut :
    1.Man (Manusia).
    2.Money (Uang).
    3.Material (Fisik).
    4.Machine (Tekonologi).
    5.Method (Metode).
    6.Market (Pasar).

    BalasHapus
  46. Nama. : Adelia Putri Anggrayani
    No. :. 01
    Kelas : XI BDP 2

    Karier yang saya pilih adalah Hard skill , karena kamampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan saya kelak.

    BalasHapus
  47. Nama: RETNO EKA SETIYA NINGRUM
    kelas XI BDP 2
    Nomer 019
    1.ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses
    2.1. Soft skill berpikir analisis
    2. Menyelesaikan masalah dengan tepat
    3. Komunikasi
    4. Kemampuan bernegosiasi
    5. Manajemen waktu
    Head sekil
    1. Skill komputer
    2. Skill cashflow
    3. Skill berhitung
    4. Skill bahasa

    BalasHapus
  48. Nama:Nila safitri
    Kelas:XI BDP 2
    NO.absen:16

    Karier yang Saya pilih adalah hard skill,Karena kemampuan Saya di bidang tersebut

    BalasHapus
  49. Nama:Ridatul latifah
    Kelas:XI BDP2
    NO. :20

    Karier yang saya pilih adalah hard skill karena kemampuan saya di situ

    BalasHapus
  50. Nama: Eva triastuti
    Klas: XI BDP2
    No.absen: 10


    Karier yang saya pilih adalah Hard skill , karena kamampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan saya kelak.

    BalasHapus
  51. Nama:Pitriani
    Kls:XI BDP I
    NO ABS:19


    Karier yang saya pilih adalah hard skiil..karena kemampuan saya berada di situ

    BalasHapus
  52. Nama :Nur Hanifah
    Kelas :XI BDP 1
    No.abs :18

    Pertemuan 24
    Karier yang saya pilih adalah Soft skill...karena kemampuan interpesonal dan lebih mengarah pada karakteristik serta bagaimana kamu bersikap,berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain.
    -Contoh Soft skill :
    1.Komunikasi.
    2.Mampu bekerja sama.
    3.Beradaptasi.

    BalasHapus
  53. Nama:Sifa khorina Fadillah
    Absen:24
    Karier yang saya pilih adalah Hard skill , karena kamampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi karena berpengaruh pada kemampuan interpersonal

    BalasHapus

  54. nama:Iroh Harsiti
    no:13
    hard skill, karena kemampuan yang dibutuhkan seseorang spesifik agar bisa sukses

    BalasHapus
  55. Nama:Lilik susanti
    Kelas:XI bdp 2
    No. Abs:13
    Karier yang saya pilih adalah Hard skill , karena kamampuan spesifik dan jadi salah satu deskripsi pekerjaan saya kelak.

    BalasHapus
  56. Nama:Nila safitri
    Kelas:XI BDP 2
    NO.absen:16

    SDM unggul adalah menyiapkan pekerja yang terampil Dan berkarya untuk Masa depan Kita semua

    BalasHapus
  57. Nama: Eva triastuti
    Klas: XI BDP2
    No.absen: 10

    Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan.

    BalasHapus
  58. Nama :eki dimila
    No:09
    Kelas:xi bdp 2
    SDM unggul' berarti menyiapkan pekerja yang terampil di masa depan. Menurut penulis, penafsiran tersebut kurang tepat, karena SDM tidak hanya meliputi keterampilan bekerja, namun lebih dari itu.

    BalasHapus
  59. Nama:Ridatul latifah
    Kelas :XI BDP2
    No. :20

    SDM unggul adalah menyiapkan pekerjaan untuk masa depan

    BalasHapus
  60. Nama :Nur Hanifah
    Kelas :XI BDP 1
    No.abs :18

    PERTEMUAN 25
    SDM Unggul adalah Sumber daya manusia yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur,amanah,dan berorientasi pada pekerjaan,,,menyiapkan pekerjaan untuk masa depan..

    BalasHapus
  61. Nama:Lilik susanti
    Kelas:XI bdp 2
    No. Abs:13

    Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan.

    BalasHapus
  62. Nama : Adelia putri A
    No. : 01
    Kelas : XI BDP 2

    Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan.

    BalasHapus
  63. Nama:Ummul Als jamal
    Kelas:Xl BDP l
    No.abs:025

    Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan

    BalasHapus
  64. Nama:Devi saputri
    Kelas:XI BDP 2
    No.abs:06

    Pertemuan ke-24

    Kemampuan saya

    Karier saya dibidang soft kill karena kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk saya sukses dalam sebuah pekerjaan.

    BalasHapus
  65. Nama:Devi saputri
    Kelas: XI BDP 2
    No.abs:06

    Pertemuan ke-25

    Sumber daya manusia unggul adalah unggul dalam artikel ini adalah manusia/individu yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur, amanah, dan berorientasi pada pekerjaan.

    BalasHapus
  66. NAMA=PITRIANI
    KELAS=XI BDP I
    NO ABS=19

    pertemuan ke =25
    SDM Unggul adalah Sumber daya manusia yang peropesional dalam arti bertanggung jawab, jujur,amanah,dan berorientasi pada pekerjaan,,,menyiapkan pekerjaan untuk masa depan..

    BalasHapus
  67. Nama :agus
    Kelas : 11 bdp 1


    1. Man (Sumber daya Manusia)
    Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. Manusia yang membuat perencanaan dan mereka pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada prinsip dasarnya mereka adalah makhluk pekerja.


    2. Money (uang)
    Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang.

    Dengan ketersediaan uang atau dana yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perseroan yaitu memperoleh laba yang maksimal.

    Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah jika dilakukan dengan pembayaran tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan jumlah harga discount khusus dari vendor.


    3. Materials (bahan baku)
    Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa bahan baku perusahaan manufaktur tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual.

    Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

    4. Machines (Peralatan Mesin)
    Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.

    Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir, namun dibutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.




    5. Methods (metode)
    Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.

    Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.


    6. Market (pasar)
    Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.

    Agar dapat menguasai segmentasi pasar pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dapat bersaing dengan kompetitor market sejenis baik dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas.

    Enam unsur manajemen diatas saling berkaitan erat satu sama lainnya, dan masing-masing elemen sangat penting dalam rangka penerapan fungsi manajemen untuk mencapai hasil yang masimal dan efisiensi dalam aktifitas perusahaan.

    BalasHapus
  68. Nama:Sifa khorina Fadillah
    Kls : XBDP1
    Absen :24

    1. Man (Sumber Daya Manusia)

    Sumber daya manusia adalah faktor yang paling vital dan menentukan dalam manajemen.

    2. Money (Uang)

    Untuk menjalankan aktivitasnya, manajemen membutuhkan biaya, baik untuk pembelian dan perawatan alat-alat, pembelian bahan baku/material, pembayaran gaji tenaga kerja dan lain sebagainya. Pengelolaan uang yang baik akan berpengaruh terhadap sukses tidaknya sebuah manajemen yang dilakukan. Oleh karena itu, pengelolaan uang harus dilakukan secara rasional agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai.

    3. Machines (Mesin)

    Mesin digunakan dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Mesin dan peralatan kerja lainnya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih cepat dan efisien, serta berperan dalam meningkatkan hasil dan keuntungan.
    4. Machines (Peralatan Mesin)
    Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien.
    5. Methods (metode)
    Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur diatas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku.

    Setiap divisi di dalam perusahaan memiliki fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi tersebut saling berkaitan erat dalam menjalankan aktifitas perusahaan.


    6. Market (pasar)
    Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENATAAN PRODUK XII KD3.15 STOCK FLOOR atau PERSEDIAAN BARANG

PENATAAN PRODUK XII KD 3.16 KEAMANAN TOKO

PENATAAN PRODUK XII KD.17 EVALUASI TAMPILAN PENATAAN PRODUK