PENATAAN PRODUK XII KD.18 PROMOSI PENATAAN PRODUK DAN LOYALITAS PELANGGAN
PENATAAN
PRODUK XII
KD
3.17 PROMOSI PENATAAN PRODUK DAN LOYALITAS PELANGGAN
3.18 Menerapkan promosi penataan produk dan
loyalitas pelanggan |
4.18 Melakukan promosi penataan produk dan
loyalitas pelanggan |
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat melakukan promosi penataan
produk
2.
Peserta didik dapat meningkatkan loyalitas
pelanggan
MATERI AJAR
A.
PROMOSI
Promosi adalah suatu aktivitas penawaran atau
menginformasikan produk yang biasanya dilakukan untuk menarik minat para
konsumen agar membeli dan menggunakan produk tersebut. Promosi merupakan hal
yang sangat penting karena dapat meningkatkan volume penjualan sehingga dapat
meningkatkan laba suatu perusahaan.
Bauran promosi (mix promotion) merupakan gabungan dari beberapa jenis promosi pada
suatu produk yang sama agar kegiatan promosi dapat memberikan hasil yang
maksimal. Philip Kotler (1997, p.153) menyatakan bahwa proses keputusan
pembelian dipengaruhi oleh rangsangan pemasaran dan rangsangan lain. Bagian
dari rangsangan pemasaran yang merupakan variabel yang dapat dikontrol oleh
perusahaan yaitu bauran promosi.
Bauran promosi meliputi variabel :
1.
periklanan (advertising)
2.
Penjualan pribadi (personal
selling)
3.
Hubungan masyarakat (public
relation)
4.
Pulisitas (publicity)
5.
Promosi penjualan (sales promotion)
6.
Pemasaran langsung ( direct
marketing).
Perencanaan promosi perlu dilakukan secara
matang sebelum melakukan promosi. Berikut adalah perencanaan promosi :
a.
Promosi melalui iklan, seperti majalah, radio, Koran, katalog, poster,
dan lain-lain.
b.
Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
c.
Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif
d.
Promosi penjualan melalui pameran, membagikan sampel, dan lain – lain.
e. Public relation (PR) yang mengupayakan
produk diterima masyarakat.
f. Public selling atau penjualan personal yang dilakukan dengan cara tatap muka langsung.
PERTEMUAN 31
Anak – anak Alhamdulillah
materi hari ini tentang PROMOSI PENATAAN PRODUK. Materi ini sangat penting dan sangat bagus untuk kita pelajari dan
kita kuasai, karena PROMOSI merupakan bagian penting dari kegiatan marketing
yang meruoakan ujung tombak keberhasilan usaha. Mau usaha apa saja kalau
marketingnya lemah tidak akan bisa berjalan. Untuk pertemuan hari ini kita
bahas materi saja, nanti setelah ujian semester kita fokus ke praktik untuk
melatih keterampilan kalian sebagai bekal hidup kalian terjun ke dunia kerja
ataupun dunia bisnis. Tolong manfaatkan waktu sebaik mungkin, setiap hari
dimanfaatkan untuk memperbaiki kekurangan diri, apa yang kalian belum bisa
segera berusaha untuk bisa, apa yang kalian cita-citakan berusahalah sekuat
tenaga untuk mencapai cita-cita kalian. Baiklah tolong pelajari materi di
atasa, kemudian untuk mengetahui kemampuan kalian, tolong isi di kolom
komentar, apakah kalian bisa melakukan promosi? Jika ya berikan alasannya, dan
jika tidak berikan alasanannya. Selamat belajar ria, tetap semangat ya ….
B. TUJUAN
PROMOSI
Tujuan
promosi sebagai berikut :
1.
Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2.
Mendapatkan kenaikan penjualan dan prodit
3.
Mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4.
Menjaga kestabilan penjualan terjadi lesu pasar
5.
Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6.
Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
C. FUNGSI
PROMOSI
Menurut
Supardi Lee, fungsi dari promosi sebagai berikut :
1.
Fungsi pengenalan
Salah
satu tujuan promosi adala agar produk yang akan dijual diketahui oleh
masyarakat. Biasanya produk yang dipromosikan berisi innformasi dasar, seperti
informasi merek, harga produk, keunggulan produk dengan produk lain.
2. Fungsi penawaran
Seorang konsumen bukan hanya diajak untuk mengetahui
informasi dari barang atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga menawarkan pada
konsumen untuk mengambil suatu keputusa ketertarikan membeli atau tidak. Misalnya
untuk 100 pembeli pertama akan memperoleh potongan harga atau diskon sebesar
25% dan gratis souvenir dompet atau aksesoari.
3. Fungsi penjagaan
konsumen
Fungsi ini menekankan pada kuantitas transaksi dan bukan
kuantitas jumlah konsumen. Yang lebih penting dilakukan yaitu menyediakan
pelayanan agar konsumen tetap setia pada produk. Misalnya promosi diberlakukan khusus
bagi yang sudah menjadi member.
4. Fungsi perbaikan
Fungsi perbaikan promosi yaitu untuk melakukan perbaikan kesalahan yang pernah dilakukan baik oleh pemilik produk atau perusahaan. Hal ini dilakukan sebagai adanya ungkapan permintaan maaf dari perusahaan kepada konsumen. Misalnya ketika ada produk yang tertulis di kemasan berhadiah mainan, ternyata pihak perusahaan tidak menyertakan mainan dalam produk tersebut. Sebagai permintaan maaf maka perusahaan memberikan mainan terbut dan ditambah dengan souvenir untuk pembeli.
PERTEMUAN
32
Anak-anak, materi kali ini tentang tujuan promosi dan fungsi prmosi tolong dibaca, dipahami dan di praktekkan ya… karena promosi sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Keterampilan dalam mempromosikan produk sangat bagus untuk dilatih dan dikembangkan karena dapat membantu mempermudah membuka pintu rezeki, in sya Allah. Aamiin. Selanjutnya tolong jawab pertanyaan ini di kolom komentar, “Apakah Anda suka terhadap keterampilan promosi produk ??”, Berikan alasannnya! Silahkan jawabannya di tulis di kolom komentar . Terimakasih.
D. TEKNIK PROMOSI
Menurut Shimp dalam bukunya Periklanan
Promosi (2003) menyatakan bahwa teknik promosi dapat dilakukan dengan berbagai
macam cara, anatara lain :
1) Personal selling
2) Periklanan
3) Publikasi
4) Promosi penjualan
1. Personal Selling
Personal Selling (penjualan langsung)
merupakan teknik promosi yang sering digunakan oleh perusahaan tiap
perkembangan zaman. Personal selling menurut Griffin (2003) adalah seorang penjual
bertatap muka dengan para calon pelanggan untuk mengetahui kebutuhannya dan menawarkan
produk milik penjual kepada mereka. Bentuk penjualan ini menyediakan hubungan
pribadi anatara penjual dan pembeli serta kredibilitas sebuah perusahaan karena
memungkinkan pembeli dapat berinteraksi dan bertanya kepada penjual.
Keuntungan dari penjualan langsung,
antara lain :
a.
Memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara pembeli dan penjual
b.
Penjual dapat menyesuaikan penyajiannya dengan kebutuhan konsumen
c.
Penjual mengenal dan dikenal oleh pelangannya, penjual dapat
bernegosiasi secara langsung dalam hal harga, pengiriman dan diskon
d.
Penjual mengetahui tingkat kepuasan pelanggan
e.
Penjual mengetahui dan diketahui oleh pelannggan
PERTEMUAN
33
Anak-anak pertemuan kali ini kia bahas tentang promosi “PERSONAL SELLING (Penjualan langsung). Tolong dibaca materi di atas, setelah itu kalian latihan komunikasi menawarkan produk secara langsung terhadap konsumen. Tol2) Periklanan
Iklan merupakan
komunikasi tidak langsung yang dibayar dan digunakan oleh sponsor tertentu
untuk menyampaikan kepada orang-orang mengenai sebuah produk. Menurut Griffin
(2003) macam-macam iklan yang digunakan dalam promosi antara lain :
a. Iklan persuasif
Ciri-ciri iklan persuasive adalah
:
1) Bertujuan untuk
menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli
dan menggunakan barang dan jasa.
2)
Mengajak khalayak untuk memilih merek tertentu
3)
Menganjurkan untuk membeli
4)
Mengubah persepsi konsumen
5)
Membujuk untuk membeli sekarang
b. Iklan perbandingan
Iklan perbandingan menggunakan selective demand
dengan cara menawarkan barang dari merek tertentu, bukan barang secara umum.
Iklan perbandingan akan menciptakan kesetiaan konsumen terhadap suatu merek
tertentu, yang dianggapnya mempunyai kelebihan dari pada merek lain dan mampu
untuk memuaskan kebutuhannya.
c. Iklan
pengingat
Iklan pengingat berdasarkan
tujuan terdiri atas :
1) Comercial
advertising, iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu
produk atau jasa.
2)
Corporate advertising, iklan
yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan dan citra positif produk-produk
atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.
3) Public
service advertising (iklan layanan masyrakat) merupakan bagian dari
kampanye social marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk
kepentingan atau peyanan.
Perikalan dapat disajikan dalam
berbagai bentuk dan media, sebagai berikut :
a.
Media cetak, terdiri dari surat kabar, majalah, brosur leaflet, direct mail.
b.
Media elektronik, terdiri dari radio dan televisi.
c.
Media outdoor, terdiri dari billboard,
signboard, umbul-umbul, sticker.
3. Publikasi
Publikasi
merupakan suatu bentuk penyajian untuk merangsang permintaan dari suatu produk
secara nonpersonal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk
(barang/jasa) perusahaan yang bersangkutan. Publikasi dapat dilakukan dengan
wawancara dan hasilnya dibuat dalam media cetak. Pada publikasi informasi yang
tercantum bukan berupa iklan melainkan berupa berita yang mengandung
unsur-unsur yang menarik sehingga media massa tertarik untuk ikut menyiarkan
meskipun tidak menerima upah. Alat komunikasi umum yang digunakan pada saat
melakukan publikasi adalah pers, pidato atau seminar, laporan tahunan, dan
donasi hubungan masyarakat. Ciri pulikasi ditambah dengan tiga kualitas khusus,
yaitu :
a. Nilai kepercayaan
b. Dorongan iklan
c. Dramatisasi
4. Sales Promotion atau Promosi Penjualan
Promosi
penjualan merupakan suatu usaha meyakinkan dan menawarkan insentif atau nilai lebih
untuk suatu produk pada sales force, distributor
atau konsumen langsung yang bertujuan menciptakan penjualan yang segera.
Promosi penjualan yang disertai insentif-insentif dan hadiah-hadiah dapat
membuat pelanggan tertartik dan langsung membeli suatu produk yang ditawarkan.
Promosi penjualan dapat diarahkan pada pengecer, pelanggan dan tenaga
penjualan. Pengecer akan bekerja lebih keras jika diberi penawaran diskon
harga, jatah iklan dan display, serta produk-produk gratis. Bisa jadi pelanggan
akan membeli produk jika disediakan kupon-kupon potongan harga, paket harga,
hadiah-hadiah dan jiman. Tenaga penjual akan beroperasi dengan lebih giat
sebagi respon atas diselenggarakannya kontes-kontes berhadiah untuk kinerja
terbaik.
Tujuan Promosi Penjualan,
sebagai berikut :
a. Peningkatan uji coba dan pengulangan
pembelian.
b. Peningkatan
frekuensi dan kuantitas.
c. Menghitung
penawaran-penawaran dari pesaing
d. Membangun
customer database dan peningkatan inatan konsumen.
e. Cross-selling dan perluasan dari
penggunaan suatu merek.
f. Memperkuat brand image dan brand relationship.
Jenis Promosi Penjualan :
a. Pull Strategy
Promosi
ini menggunakan insentif untuk memotivasi pelanggan sehingga melakukan
pembelian. Apabila pelanggan mulai tertarik
dan mencari produk, maka peretail akan meningkatkan stok barang yang dicari
tersebut.
b. Push
Strategy
Strategi
yang menggunakan insentif untuk memotivasi para agen atau retailer agar
meningkatkan pemesanan dan meningkatkan penjualannya di masing-masing outlet
dengan memberikan reward.
Reward yang diberikan dapat berupa :
1) Off
invoice
Strategi
dengan memberikan potongan bagi dealer atau retailer yang menjual produk tertentu
di outletnya.
2)
Performance allowance
Strategi
yang memberikan reward berbentuk bonus bagi dealer atau retailer yang menjual
produk oada batas tertentu.
3) Display
allowance
Strategi
memberikan bonus atau pengurangan harga jual pada dealer atau retailer yang
bersedia meletakkan produk tertentu di depan sehingga jelas terlihat oleh
pelanggan.
4) Buyback
Allowance
Strategi untuk membeli kembali produk lama
yang tidak laku atau out of date.
5) Cooperative
advertising allowance.
Strategi
memberikan allowance pada dealer atau retailer yang bersedia
mengiklankan produk tertentu di outlet mereka.
Hal-hal
yang dapat dilakukan dalam promosi penjualan, antara lain :
a.
Kupon
Kupon
merupakan suatu surat kecil yang dapat ditukarkan dengan barang atau untuk
mendapat pengurangan harga seperti yang tercetak untuk pembelian produk
teretentu. Kupon dapat dikirim, disertakan pada produk, atau diselipkan dalam
iklan di majalah dan Koran. Kupon agar efektif sebaiknya memberikan penghematan
15% sampai 20%.
b.
Potongan harga
Potongan
harga langsung ditempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar dari
10%-25%.
c.
Premium and advertising
spesialities.
Barang
yang ditawarkan dengan biaya yang relative rendah atau gratis sebagai insentif
untuk membeli produk tertentu. Premi dengan paket menyertai produk di dalam
atau pada kemasan.
d. Kontes
dan Undian
Kontes
dan undian umumnya terdapat hadiah. Hadiah dapat berupa tawaran kesempatan
untuk memenangkan uang tunai, perjalanan, atau barang-barang karena membeli
sesuatu.
e.Pemberian contoh produk
Penawaran
gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Sampel itu dapat dikirim dari rumah ke
rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau
dipajang dalam suatu penawaran iklan. Pemberian sampel adalah cara yang paling
efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru.
Pertemuan
3
Anak-anak pertemuan kali ini kita bahas tentang materi Periklanan, publikasi, dan Sales Promotion tolong . Tolong materinya di pelajari diatas, jika ada yang kurang paham silahkan hubungi bu Habibah. Setelah itu, tulis dikolom komentar perbedaan personal selling dan sales promotion. Tetap semangat, tetap jaga kesehatan. okeyyy
E. LOYALITAS
PELANGGAN
1.
Definisi Loyalitas Pelanggan
a. Menurut Kotler
(2005) loyalitas konsumen adalah suatu pembelian ulang yang dilakukan oleh seorang
pelanggan karena komitmen pada suatu merek atau perusahaan.
b. Menurut Gremler dan
Brown (dalam Ali Hasan, 2008: 83) menjelaskan bahwa loyalitas pelanggan adalah
pelanggan yang tidak hanya membeli ulang suatu produk dan jasa, tetapi juga
mempunyai komitmen dan sikap yang positif terhadap perusahaan dan jasa,
misalnya dengan merekomendasikan orang lain untuk membeli.
Dari uraian diatas, dapat
diambil kesimpulan defenisi Loyalitas pelanggan diartikan sebagai dorongan
pelanggan untuk melakuka pembelian secara berulang-ulang dan untuk membagun
kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk/jasa.
2. Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
Ada
dua faktor yang mempengaruhi konsumen untuk loyal, yaitu :
a.
Harga
b.
Kebiasaan
Pertemuan 4
Anak-anak,
pertemuan hari ini kita membahas tentang Loyalitas Pelanggan. Sudah tahu kan
loyal itu apa?? Untuk lebih jelasnya tolong materi di atas ya…
Jika
kalian menjadi seorang pengusaha, loyalitas pelanggan itu sangat penting ya???
Alasannya
kenapa ? Tolong di jawab di buku tulis, kemudian di foto dan dikirim ke Ibu.
Selain
itu, Tolong jelaskan mengapa faktor harga dan kebiasaan dapat mempengaruhi
loyalitas pelanggan.
Baiklah
anak-anak, selamat belajar ria, tetap semangat dan tetap menjaga kesehatan. Okeyy.
3. Karakteristik Loyalitas Pelanggan
Menurut Griffin (1995) Ciri-ciri
loyalitas pelanggan antara lain :
a. Melakukan pembelian secara berulang
b. Membeli prroduk dan jasa dari badan usaha
yang sama
c. Memberitahu ke orang lain tentang kepuasan
yang kita dapat
4. Tahap
Mengukur Loyalitas Pelanggan
Menurut Oliver (1997) Ada
4 tahap dalam mengukur loyalitas pelanggan, yaitu :
a. Loyalitas kognitif
berhubungan dengan informasi barang berkaitan dengan harga dan manfaat. Loyalitas
pada tahap ini tergolong rendah, karena jika ada toko lain yang menawarkan
harga lebih baik maka pelanggan akan pindah.
b. Loyalitas afektif berhubungan dengan
kenyamanan pelayanan, kebersihan toko, suasana, harga yang kompetitif dan
kemudahan belanja.
c. Loyalitas konatif berhubungan dengan
komitmen dalam pembelian suatu produk yang spesifik
d. Loyalitas tindakan berhubunga dengan
kebiasaan atau pembelian produk secara spesifik.
Deskripsi
tentang Loyalitas:
Anak-anak, untuk
mengetahui pelanggan kita loyal atau tidak, bisa diketahui dengan melakukan
pengamatan langsung. Kalian sudah sering praktik jualan bukan? Tentunya kalian
bisa mengetahui apakah pelanggan kita puas atau tidak? Biasanya kalo puas akan
melakukan pembelian kembali dan akan menjadi pelanggan setia. Atau mungkin dari
pengalaman kalian menjadi seorang konsumen. Jika kalian membeli bakso dan
kalian merasa puas, maka setiap beli bakso akan kembali ke warung tersebut dan
akan menceritakan ke orang lain akan kepuasan yang kalian rasakan. Nah, itu
sedikit deskripsi tentang loyalitas. Jika kalian nanti terjun kedunia usaha
atau dunia industri, ilmu tentang loyalitas bisa kalian terapkan agar tujuan usaha
kita bisa tercapai.
Penguatan Kompetensi :
Anak-anak secara teori materi Penataan
Produk kls XII telah ibu jelaskan mulai dari KD 3.10 Menerapkan SOP penataan produk produk drink,
food, fresh dan kosmetik di supermarket sampai KD 18. Promosi dan Loyalitas
Pelanggan. Sekarang ibu minta ke kalian untuk merefleksikan kemampuan apa yang
kalian miliki terkait dengan penataan produk secara luas dan kemampuan tersebut
bisa menjadi bekal kalian untuk terjun ke dunia kerja atau dunia bisnis.
Jelaskan !!!
Nama:Mahfutri Apriliya
BalasHapusNo:09
Kelas:Xll BDP 1
- personal selling adalah promosi penjualan yang dilakukan dengan dua arah dan dinilai lebih efektif dalam memasarkan produk, karena tujuan akhir dalam suatu promosi adalah melakukan penjualan.Sedangkan
- Sales promotion adalah salah satu yang termasuk dalam tipe marketing yang biasanya dapat digunakan untuk memperkenalkan atau menampilkan produk baru dari perusahaan sehingga dapat menghabiskan produk lama, dan tentu saja menaikkan angka penjualan dari setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
nama:faizal ahmad ridwan
BalasHapusno :09
kelas :Xll BDP 2
Sales Promotion atau Promosi Penjualan
Promosi penjualan merupakan suatu usaha meyakinkan dan menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk pada sales force, distributor atau konsumen langsung yang bertujuan menciptakan penjualan yang segera. Promosi penjualan yang disertai insentif-insentif dan hadiah-hadiah dapat membuat pelanggan tertartik dan langsung membeli suatu produk yang ditawarkan. Promosi penjualan dapat diarahkan pada pengecer, pelanggan dan tenaga penjualan. Pengecer akan bekerja lebih keras jika diberi penawaran diskon harga, jatah iklan dan display, serta produk-produk gratis. Bisa jadi pelanggan akan membeli produk jika disediakan kupon-kupon potongan harga, paket harga, hadiah-hadiah dan jiman. Tenaga penjual akan beroperasi dengan lebih giat sebagi respon atas diselenggarakannya kontes-kontes berhadiah untuk kinerja terbaik.
Nama : Rizka Ramadhani
BalasHapusKelas : XII BDP 1
No : 13
• Perbedaan Personal selling dan Sales promotion :
- Personal selling : Teknik promosi secara langsung yaitu terjadinya komunikasi tatap muka antara penjual dan pelanggan sehingga dapat mengetahui kebutuhan konsumen dan menawarkan produk secara langsung.
- Sales promotion : Teknik promosi dengan menggunakan perantara benda-benda/hiasan-hiasan yang dapat menarik minat konsumen seperti kupon-kupon, potongan harga,paket harga, hadiah-hadiah dan jaminan.
Nama: purwanti
BalasHapusNo: 12
Kelas: XII BDP 1
Perbedaan personal selling dan sales promotion.
1. Personal selling merupakan salah satu teknik promosi antara penjual dengan pelanggan yang saling bertatap muka dan penjual tersebut bisa menawarkan barangnya kepada konsumen secara langsung.
2. Sales promotion merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk baru kepada konsumen agar perusahaan bisa menarik minat para konsumen dengan adanya teknik tersebut.
Nama : arivin anwar
BalasHapusKelas : XII BDP 2
ingin menjawab pertanyaan apakah menyukai keterampilan promosi produk..??
Saya menyukai keterampilan promosi karena dapat mengolah komunikasi kita kepada calon konsumen serta dapat melihat secara langsung respon konsumen kita seperti apa.
Nama : arivin anwar
BalasHapusKelas : XII BDP 2
PERBEDAAN ANTARA PERSONAL SELLING & SALES PROMOTION
personal selling adalah promosi penjualan yang dilakukan dengan dua arah dan dinilai lebih efektif dalam memasarkan produk, karena tujuan akhir dalam suatu promosi adalah melakukan penjualan.
Sales promotion adalah salah satu tipe marketing yang biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk baru, menghabiskan produk lama, dan tentu saja menaikkan angka penjualan